Home / Uncategorized / Semangka Obat Darah Tinggi Dan Berbagai Penyakit lainnya

Semangka Obat Darah Tinggi Dan Berbagai Penyakit lainnya

Semangka  sebagai obat darah tinggi dan berbagai penyakit lainnya merupakan buah yang memiliki banyak sekali beragam manfaat yang baik untuk tubuh.

Manfaat buah semangka tidak hanya menyegarkan tubuh saat dikonsumsi pada cuaca sedang panas, tetapi juga dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

Banyak juga olahan buah semangka ada yang diolah dengan cara dibuat es ataupun olahan dengan cara digoreng, ketika olahan anda digoreng anda dapat menggunakan mesin vacuum friying.

Semangka adalah buah tropis yang mempunyai kadar air yang cukup tinggi.

Menurut para ahli, kandungan air pada satu buah semangka dapat mencapai 92%.

Selain memiliki kandungan air yang tinggi, semangka juga memiliki kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang sangat baik serta bermanfaat bagi kesehatan.

Semangka Obat Darah Tinggi, Dan Banyak Manfaat Lainnya.

Smangka Obat Darah Tinggi

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah semangka yang  dapat diperoleh dengan cara mengonsumsi buah semangka:

  • Mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh
  • Melancarkan proses pada pencernaan
  • Mengurangi proses dalam peradangan
  • Mengurangi nyeri sendi
  • Meningkatkan performa pada saat melakukan olahraga
  • Menjaga kesehatan jantung dan juga kesehatan pada pembuluh darah
  • Mencegah penyakit kanker

Berbagai manfaat semangka di atas bisa anda peroleh karena buah yang berwarna merah atau kuning ini diduga mengandung cukup citrulline.

Citrulline adalah asam amino (komponen sebagai pembentuk protein) yang dapat ditemukan di dalam makanan dan juga dapat diproduksi secara alami dalam tubuh manusia.

Semangka Obat  Darah Tinggi dan Berbagai Obat Penyakit Lainya.

Hipertensi merupakan suatu keadaan dimana terjadi peningkatan pada  tekanan darah sebesar >140/90mmHg dari hasil pemeriksaan para ahli dengan menggunakan alat sphygmomanometer ataupun dengan alat digital.

Penyakit ini menjadi masalah kesehatan yang  terjadi di dunia tak terkecuali negara Indonesia.

Pada masa sekarang ini, masyarakat lebih banyak memilih menggunakan obat yang alami untuk mengatasi penyakit hipertensi ini.

Salah satu tanaman yang bisa mengatasi hipertensi adalah buah semangka.

Daging buah semangka mengandung banyak air sebanya kurang lebih 93.4%, protein 0.5%, karbohidrat 5.3%, lemak 0.1%, serat 0.2%, serta berbagai macam vitamin (A, B, dan C),

Antioksidan semacam asam amino (citrulline dan arginine), asam asetat, asam malat, asam folat, likopen, karoten, bromin, kalium, silvit, lisin, fruktosa, dekstrosa, dan juga sukrosa.

Kandungan dalam buah semangka yang memiliki khasiat menurunkan tekanan darah tinggi yaitu kalium, vitamin C, karbohidrat serrta likopen.

Yang berfungsi untuk meningkatkan kerja pada jantung serta citrulline yang dapat mampu mendorong aliran darah ke seluruh bagian tubuh manusia dan vitamin B6 yang dapat merangsang hormon dalam otak yang dapat mengatasi kecemasan.

Kalium yang sangat tinggi juga mampu berperan sebagai diuretik alami yang bisa membantu kerja jantung serta menurunkan tekanan darah.

baca juga: Olahan Buah Semangka Home Made

Dari beberapa hasil penelitian didapatkan bahwa konsumsi buah semangka 2 kali sehari sebanyak 300-350 gram terlah terbukti mampu menurunkan tekanan darah pada usia  lansia.

Selain beberapa manfaat buah semangka di atas, citrulline yang terkandung di dalam buah semangka juga dipercaya bisa menurunkan tekanan darah.

Hal ini karena citrulline memiliki efek melebarkan serta merelaksasi pembuluh darah, sehingga aliran darah menjadi lebih lancar dan tekanan yang berada didalam pembuluh darah turun.

Tidak hanya itu, semangka juga mengandung likopen yang memiliki sifat antioksidan.

Antioksidan bermanfaat sebagai menangkal radikal bebas yang bisa mengakibatkan penumpukan plak di bagian pembuluh darah serta mampu membuat pembuluh darah mengeras.

Pada intinya, mengkonsumsi buah semangka dapat memberikan banyak sekali manfaat bagi tubuh.

Namun, mengingat kadar citrulline mungkin saja berbeda-beda pada setiap buah semangka, tidak bisa dipastikan seberapa banyak semangka yang harus dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah ini.

Jika Anda ingin memanfaatkan semangka sebagai makanan pendukung dalam menurunkan tekanan darah, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Agar mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisi tubuh anda saat ini.

 

About Pher jaya

Check Also

cara meningkatkan traffic blogspot

Cara Meningkatkan Traffic Blogspot dengan Benar

Kalian sudah sering posting konten di blog, tapi pengunjung masih sepi juga? Nah Saya bakalan …