Home / Uncategorized / Cara Menanam Rumput Gajah Dengan Tepat

Cara Menanam Rumput Gajah Dengan Tepat

Cara Menanam Rumput Odot

Cara Menanam Rumput Gajah Mini

Rumput gajah mini ini terkenal sebab ukuran yang kecil sehingga pas untuk berbagai tema taman rumah. Anda juga dapat dengan gampang mencari bibitnya di pasaran.

Tak cuma itu, rumput gajah mini juga dapat bertahan di daerah yang beriklim tropis serta perawatannya sangat gampang.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini merupakan cara menanam rumput gajah mini yang wajib anda ketahui:

  1. Beli Bibit Rumput Gajah Mini

Bibit rumput gajah mini sering dijual per meter persegi. Mereka mempunyai bentuk sudah berupa rumput serta bukan dari benih lagi. Anda pun tidak harus menyemai terlebih dahulu.

Sehingga tentunya anda jadi lebih irit waktu serta kemungkinan gagalnya sangat kecil.

Anda dapat membeli bibit rumput gajah mini di toko pertanian atau toko tanaman yang terpercaya. Pilih yang daunnya terlihat segar serta sesuaikan jumlahnya dengan luas lahan rumah yang ingin ditutupi rumput gajah.

Untuk harganya, anda butuh mengeluarkan biaya sekitar Rp15.000 sampai Rp20.000. Jadi, anda tinggal mengalikan saja berapa meter persegi taman yang ada di sekitar rumah.

  1. Mempersiapkan Lahan Tanam

Sebagai cara menanam rumput gajah mini sesudahnya, lalu anda mendapatkan bibit rumput gajah mini, anda butuhkan mempersiapkan tanah.

Anda dapat menggemburkan lahan yang akan dijadikan media tanam rumput gajah mini dengan memanfaatkan cangkul. Lakukan pencangkulan dengan kedalaman sekitar 5 sampai 10 cm saja serta ratakan kembali sesudah proses pertama ini selesai.

Jika media lahan mempunyai tanah yang sudah gembur serta cukup baik, anda dapat langsung menanamnya. Tetapi, jika media tanam gersang atau kering, anda dapat segera memberikan pupuk kandang agar lahan mendapatkan nutrisi.

Sesudah itu, diamkan selama satu minggu sebelum mulai menanam bibit.

Tetapi jika lahan yang sudah disiapkan belum ada tanahnya, maka anda dapat membeli tanah urug yang khusus dimanfaatkan untuk tanaman hias sebab biasanya sering memanfaatkan latosol atau tanah merah.

Jadi anda tidak perlu repot dengan pemberian pupuk sebelum rumput gajah mini ditanam di media tanam.

Baca juga: Usaha Penggemukan Kambing Tanpa Rumput

  1. Proses Penanaman Rumput Gajah Mini

Proses selanjutnya sesudah anda sudah mempersiapkan media tanam yaitu ke cara menanam rumput gajah atau ke proses tanam langsung.

Untuk mempermudah pekerjaan, berikut ini merupakan langkah yang harus anda lakukan pada tahapan penanaman:

  • Penanaman sebaiknya dilakukan pada saat musim hujan agar dapat memperoleh air yang cukup banyak untuk mempercepat proses pertumbuhan.
  • Jika menanam tidak pada saat musim hujan, anda dapat melakukan penyiraman pada pagi serta sore agar rumput gajah mini dapat memperoleh air yang cukup.
  • Bibit yang sudah dipersiapkan sebelumnya juga dapat anda pangkas menjadi lebih kecil lagi agar dapat memperoleh bibit lebih banyak.
  • Cara menanam rumput gajah yaitu dengan menancapkan rumput gajah mini ke lahan, apalagi bagian perakarannya. Dengan begini, akar bisa tertancap langsung dengan tanah.
  • Anda dapat melakukan penanaman dengan pola zig zag agar hasil yang diperoleh dapat bagus.
  • Untuk jarak antar rumput, anda dapat mengira-ngira sendiri sesuai pada
  • Untuk memastikan jalinan akar serta tanah, anda dapat memukul pelan rumput gajah mini agar akarnya benar benar masuk ke dalam tanah.
  • Anda juga dapat memanfaatkan balok kayu untuk meratakan lahan, caranya dengan menindihnya dengan balok kayu agar tanah menjadi rata.
  1. Cara Merawat Rumput Gajah

Sesudah anda mengikuti cara menanam rumput gajah serta mereka berhasil ditanam, tentunya anda wajib secepatnya melakukan perawatan agar rumput gajah mini dapat tumbuh baik sesuai keinginan anda.

langkah-langkah perawatan berikut untuk merawat rumput gajah mini:

  • Sesudah rumput gajah mini ditanam, anda butuh rutin melakukan penyiramanpagi serta sore untuk memastikan rumput memperoleh air yang cukup.
  • Sesudah umur 2 minggu, anda dapat memberi pupuk urea serta NPK untuk merangsang pertumbuhan rumput gajah mini.
  • Usahakan juga supaya tidak ada hewan seperti ayam yang berkeliaran di daerah media tanam sebab mereka biasanya akan merusak lahan serta rumput yang akan mengganggu proses pertumbuhan rumput gajah.
  • Jika keadaan ini tidak dapat dihindari, maka anda dapat memanfaatkan blarak ataupun daun kelapauntuk menutup serta melindungi rumput gajah mini dari gangguan hewan.
  • Pastikan rumput gajah mini dapat memperoleh cahaya matahari yang cukup. Sebab sinar matahari yang cukup akan membantu rumput tumbuh menjadi panjang.
  • Jika menemukan gulma, secepatnya cabut gulma sampai ke akar agar tidak menggangu pertumbuhan rumput.
  • Jangan menginjak rumput secara langsung sebab ini dapat menghambat pertumbuhan. Ada baiknya selama masa penanaman serta pertumbuhan rumput, pejalan kaki diberikan akses lain agar mereka tidak mengganggu pertumbuhan rumput gajah mini.
  • Rumput gajah mempunyai bentuk yang cukup unik. Waktu rumput ini sudah tumbuh sempurna, maka ia akan terlihat seperti hamparan karpet hijau yang membuat pandangan menjadi sejuk.

Jika rumput gajah akan diberikan untuk ternak lebih baik rumput dicacah terlebih dahulu dengan mesin pencacah rumput agar rumput jadi lebih kecil dan mudah untuk dicerna ternak

About Pher jaya

Check Also

cara meningkatkan traffic blogspot

Cara Meningkatkan Traffic Blogspot dengan Benar

Kalian sudah sering posting konten di blog, tapi pengunjung masih sepi juga? Nah Saya bakalan …