Home / Kesehatan / Kisaran Biaya Kuret di Rumah Sakit di indonesia

Kisaran Biaya Kuret di Rumah Sakit di indonesia

Apa Itu Karet?

Proses kuret mungkin jadi hal yang menakutkan dan paling menyedihkan bagi setiap wanita. Sebab, tindakan ini terjadi saat mereka mengalami masalah pada kandungan dan mesti kehilangan buah hatinya. Setelah mengalami keguguran atau saat janin tidak lagi berkembang, dokter kandungan akan menganjurkan proses kuretase atau kuret.

Kuretase adalah prosedur medis berupa pembedahan yang memiliki tujuan untuk menghilangkan lapisan rahim (endometrium) atau mengeluarkan jaringan didalam rahim. Tindakan ini kebanyakan dokter lakukan untuk mencegah infeksi atau pendarahan yang mungkin terjadi kalau jaringan yang tersisa didalam rahim tidak segera dikeluarkan.

 

Tahapan Proses Kuret

Selain untuk mengeluarkan janin yang keguguran, sistem kuretase juga dokter laksanakan untuk memeriksa ada kelainan atau pendarahan pada vagina diluar dari siklus menstruasi. Jadi, Anda mesti memilih tempat kuretase yang memiliki dokter kompeten dan berpengalaman, sebab penanganannya mesti sebaik mungkin.

Proses kuret sendiri cuma butuh waktu kurang lebih 15 menit. Namun, sistem pemulihannya butuh waktu sekitar 5 jam atau bahkan seharian, bergantung dari keadaan tubuh dan jenis anestesi yang dokter berikan. Proses kuret juga cuma terdiri dari 2 tahapan saja, yaitu dilatasi dan kuretase. Itulah kenapa prosedurnya memmiliki makna dilatasi dan kuretase (dilation plus curettage). Berikut adalah tahapan sistem kuret:

  1. Dilatasi atau pelebaran (dilation), dengan langkah melebarkan bagian bawah uterus atau serviks untuk memasukkan alat medis.
  2. Kuret atau kuretase (curettage), dengan menghilangkan lapisan uterus dan mengangkat bagian tersebut dengan alat medis yang berupa panjang menyerupai sendok.
    Pada beberapa kondisi, dokter juga bisa menggunakan kanula untuk menghisap bagian yang tersisa dari uterus, yang nantinya bisa diperiksakan ke laboratorium.

Setelah melakukan kuret, pasien kebanyakan akan merasakan efek seperti kram hebat hingga pendarahan ringan. Namun, beberapa pasien juga akan merasakan efek demam, nyeri, sakit perut, pendarahan hebat, hingga bau tak enak pada vagina.

 

Kisaran Biaya Kuret di Klinik dan Rumah Sakit

Biaya operasi kuret di klinik, puskesmas, hingga rumah sakit bisa bervariasi. Hal ini bergantung pada obat bius yang pasien gunakan, kepentingan rawat inap, dan lokasi dari tempat kuret itu sendiri.

Kisaran biaya kuret mulai dari ratusan ribu hingga belasan juta rupiah. Namun, ada biaya tambahan yang mesti Anda siapkan seperti biaya konsultasi, obat-obatan, laboratorium, administrasi, dan sebagainya.

Dikutip dari Alodokter, berikut adalah kisaran biaya kuret dari berbagai klinik atau rumah sakit di Jakarta dan kota besar lainnya.

1. Biaya Kuret Jakarta

Berikut adalah kisaran biaya kuret di Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, dan Jakarta Pusat:

2. Biaya Kuret Bekasi

Berikut adalah kisaran biaya kuret di beberapa tempat Bekasi:

3. Biaya Kuret Bogor

Berikut adalah kisaran biaya kuret di beberapa tempat Bogor:

4. Biaya Kuret Cikarang

Berikut adalah kisaran biaya kuret di beberapa tempat Cikarang:

5. Biaya Kuret Bandung

Berikut adalah kisaran biaya kuret di beberapa tempat Kota Bandung:

6. Biaya Kuret Surabaya

Berikut adalah kisaran biaya kuret di beberapa tempat Kota Surabaya:

7. Biaya Kuret Medan

Berikut adalah kisaran biaya kuret di beberapa tempat Kota Medan:

8. Biaya Kuret Bandar Lampung

Berikut adalah kisaran biaya di beberapa tempat Kota Bandar Lampung:

9. Biaya Kuret Makassar

Berikut adalah kisaran biaya di beberapa tempat Kota Makassar:

10. Biaya Kuret Semarang

Berikut adalah kisaran biaya di beberapa tempat Kota Semarang:

Menggunakan BPJS Kesehatan

Perlu Anda ketahui bahwa BPJS Kesehatan dapat menjamin biaya penanganan prosedur ini, sehingga Anda tidak perlu cemas dengan biaya yang besar. Namun, Anda mesti memperoleh surat rujukan dari dokter tentang diagnosis yang menegaskan keadaan keguguran atau surat rujukan dari faskes satu terlebih dahulu.

Surat rujukan dari faskes satu seperti puskesmas atau klinik ini nantinya bisa Anda berikan kepada dokter spesialis kandungan di faskes dua. Sebelum itu, pastikan Anda sudah terdaftar jadi peserta BPJS dan menyiapkan dokumen pendukung, seperti:

  • KTP
  • Kartu BPJS
  • Surat rujukan dan USG dari dokter kandungan
  • Surat rujukan dari Puskesmas atau klinik terdaftar sesuai dengan kartu BPJS

About Pher jaya

Check Also

Hipertensi pulmonal adalah

Hipertensi Pulmonal, Penyakit yang Menyerang Paru-Paru

Hipertensi pulmonal adalah penyakit yang cukup berbahaya. Bahkan penyakit ini juga bisa menyerang orang-orang di …