Home / Budaya / Harus Tahu, Ini Dia Tari Tradisional Jambi yang Populer

Harus Tahu, Ini Dia Tari Tradisional Jambi yang Populer

Jambi adalah sebuah provinsi yang berada di bagian timur dan perbatasan langsung dengan Provinsi Riau dan Sumatera Selatan. Provinsi ini mempunyai tari tradisional yang berbagai macam suku seperti suku melayu dan kerinci.

Jadi nggak heran jika pakaian daerah tersebut memiliki keunikan sedikit yang berpengaruh dengan budaya tersebut. Hal tersebut menunjukkan bahwa negara Indonesia mempunyai kemajemukan yang cukup  tinggi.

Ragam Macam Tari Tradisional Jambi

Berikut ini beberapa tari tradisional khas Jambi yang masih populer sampai sekarang, yaitu:

1. Tari Sekapur Sirih

Tari Sekapur Sirih adalah salah satu tarian tradisional khas Jambi yang sering dimainkan untuk mengiringi musik, pengiring tarian, menyambut tamu kehormatan dan lain sebagainya.

Pada tahun 1962 tari ini diciptakan oleh Firdaus Chatab, seorang seniman yang berasal dari Jambi. Biasanya, tarian ini dibawakan oleh dua penari pria dan sembilan penari wanita.

Properti yang digunakan pada tarian ini yakni, payung dan cerano yang di dalamnya berisi daun sirih.

2. Tari Rangguk Ayak 

Tari adat tradisional khas Jambi yang masih populer hingga saat ini yaitu tari rangguk ayak. Pada awalnya, tarian ini berasal dari ide seorang ulama yang berasal dari daerah Dusun Cupak.

Di abad ke-19, diceritakan bahwa ulama tersebut seringkali menunaikan Sholat Haji. Sementara itu, ia pernah belajar kesenian dari tradisional Arab. Kalau sudah pulang, ulama tersebut memberikan hal-hal yang sangat bermanfaat untuk masyarakat muslim.

3. Tari Inai

Tarian ini sering dimainkan saat menjelang acara pernikahan dan cuma dimainkan di rumah mempelai wanita saja. Dimana, gerakannya bertujuan supaya mempelai wanita terbebas dari segala gangguan baik yang berasal dari manusia. Sumber https://tengahviral.com/.

Kesenian tersebut merupakan perpaduan antara seni tari dan musik. Pementasannya bukan cuma untuk melindungi pengantin wanita saja, namun bisa juga dimainkan untuk hiburan yang kental akan estetika adat Jambi.

Dari 3 jenis tari tradisional khas Jambi diatas menunjukkan bahwa toleransi masih dijaga dengan baik oleh masyarakat Indonesia. Keberagaman bukan untuk  dipecah belah, namun dapat memperkuat persatuan dan kesatuan sebab kesadaran bahwa nanti akan saling membutuhkan satu sama lain

About Pher jaya

Check Also

Bisnis Online Dari Kota Malang Batu

Karena memang cukup dekat dengan kota saya di Sidoarjo maka saya sering juga ke kota …