Home / Ekonomi / Penyebab Globalisasi dan Dampaknya

Penyebab Globalisasi dan Dampaknya

Definisi Globalisasi

Ada beberapa definisi globalisasi menurut para ahli. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Anthony Giddens

Globalisasi adalah suatu hubungan sosial yang mendunia yang kemudian terhubung satu sama lain sehingga antara kejadian dari tempat yang berbeda bisa berdampak juga bagi tempat yang lain.

 

Selo Soemardjan

Globalisasi adalah terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar penduduk di seluru dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah yang sama.

 

The American Heritage Dictionary

Globalisasi adalah tindakan dari suatu proses atau pengambilan kebijakan yang menjadikan sesuatu mendunia, baik dalam lingkupnya ataupun aplikasinya.

 

Dari ketiga definisi globalisasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa globalisasi artinya suatu proses yang mendunia. Proses ini membuat manusia saling terbuka dan bergantung satu sama lainnya tanpa batas waktu dan jarak.

Era globalisasi ditandai dengan perkembangan teknologi, alat transportasi dan ilmu pengetahuan. Perkembangan tersebut membuat seseorang di suatu lokasi bisa mengetahui segala jenis info yang tersebar di dunia luar dengan cepat dan mudah.

 

Sejarah Globalisasi

Ada banyak pendapat mengenai kapan globalisasi pertama kali dimulai. Salah satunya menyebut bahwa globalisasi sudah dimulai sejak tahun 1500-an yang berlangsung di beberapa negara. Namun, para ahli peristiwa memiliki pendapat bahwa globalisasi mulai berkembang pada sekitar abad 20-an. Berbagai negara termasuk Indonesia menjadi membuka lebar jalur perdagangan internasional.

 

Penyebab Globalisasi

Sebetulnya, apa yang jadi penyebab globalisasi? Ada beberapa sebab yang mendorong terjadinya globalisasi.

1. Berkembangnya Teknologi dan Informasi

Teknologi dan info semakin berkembang. Pergerakan perdagangan dan keuangan jadi semakin mudah untuk dilakukan. Inilah yang membuat globalisasi.

 

2. Adanya Kemudahan Mobilitas

Berkembangnya teknologi kebanyakan merubah mobilitas. Kini pergi ke negara lain lebih mudah dibandingkan dahulu. Jangankan ke luar negeri, dalam konteks dalam kota saja, mobilitas penduduk semakin mudah. Contohnya dengan adanya ojek online, jasa pengiriman, dan sebagainya.

 

3. Ekonomi Terbuka

Perdagangan global yang menjadi mudah memicu globalisasi. Transaksi keuangan juga semakin kompleks.

 

4. Mudahnya Kerjasama Antar Negara

Berbagai negara membuat kerja sama. Sektor ekonomi semakin meningkat dan ringan mendapat produk dari mancanegara. Inilah salah satu sebab yang membuat globalisasi.

 

5. Pengaruh Budaya

Suatu negara mudah menerima unsur budaya dari negara lain sebab perkembangan teknologi dan mudahnya mobilitas. Akibatnya, kegiatan ekonomi dan keuangan bisa terjadi sesuai dengan tujuan yang ditentukan. Inilah yang bisa membuat globalisasi.

 

Dampak Globalisasi

Dampak globalisasi menguntungkan, tetapi disisi lain merugikan. Semuanya bergantung bagaimana kita menyikapinya. Berikut ini di antaranya:

1. Dampak Positif Globalisasi

  • Kemudahan memperoleh info dan ilmu pengetahuan
  • Kehidupan sosial ekonomi yang meningkat
  • Kemajuan dalam bidang teknologi, komunikasi, transportasi dan info yang memudahkan manusia.

 

2. Dampak Negatif Globalisasi

  • Budaya barat ringan masuk dan merubah nilai-nilai budaya lokal
  • Lunturnya nilai-nilai kebudayaan seperti gotong royong, dan sebagainya
  • Rusaknya lingkungan dan meningkatnya polusi udara
  • Maraknya penyelundupan barang-barang ilegal maupun terlarang

 

3. Dampak Globalisasi di Bidang Politik

Globalisasi membuat pemikiran politik bermacam negara jadi lebih terbuka. Terutama dalam memperoleh proses ketatanegaraan yang lebih baik dari sebelumnya. Selain itu, globalisasi pun menyadarkan masyarakat mengenai betapa pentingnya politik. Hal ini membuat kesempatan berpolitik semakin terbuka lebar. Buktinya, banyak partai politik dan instansi sosial yang bermunculan. Sayangnya, globalisasi dalam bidang politik memiliki efek negatif. Dunia politik jadi penuh ketidakjujuran sebab rasa haus akan kekuasaan dan money politic.

 

4. Dampak Globalisasi di Bidang Ekonomi

Dengan adanya globalisasi, barang dari luar negeri bisa dengan mudah masuk ke dalam negeri. Sektor ekonomi dalam negeri pun bisa dengan mudah menjangkau pasar luar negeri. Dengan begitu, pemenuhan keperluan penduduk menjadi mudah terpenuhi.

About Pher jaya