Home / berita / Perkembangan Ilmu Pengetahuan Modern

Perkembangan Ilmu Pengetahuan Modern

Perkembangan Ilmu Pengetahuan Modern : Ilmu pengetahuan modern berkembang berkat kontribusi penting imperium-imperium Eropa. Fondasi ilmu pengetahuan telah diletak- kan oleh para pemikir dan filsuf kuno dari Yunani, China, India, dan Islam namun ilmu pengetahuan mulai menunjukkan karakter uniknya pada awal era modern seiring dengan ekspansi wilayah yang dilaku- kan imperium Spanyol, Portugal, Inggris, Perancis, Rusia, dan Belanda, Pada periode awal era modern, para ilmuwan Muslim dan juga pemikir dari China, India, Amerika, dan Polynesia memberikan kontribusi pada Revolusi Ilmu Pengetahuan. Pemikiran ahli ekonomi Muslim, misalnya, dipelajari oleh Adam Smith dan Karl Marx. Teknik pengobatan orang Amerika asli (Native American) tercatat dalam buku teks kedokteran di Inggris. Namun dalam periode antara tahun 1500 hingga 1950 tidak satu pun ilmuwan di luar Barat yang mampu menghasilkan pemikiran yang mampu mendekati pemikiran fisika Newtonian atau biologi Darwinian.

Apa yang membuat terjadinya sejarah antara ilmu pengetahuan modern dan imperialisme Eropa? Teknologi merupakan faktor penting pada abad ke-19 dan abad ke-20, tetapi pada akhir abad ke-15 yang merupakan awal era modern belum dipandang penting Faktor penting terjadinya ikatan itu adalah karena para ilmuwan dan para pemimpin angkatan laut memiliki pemikiran yang sama. Mere- ka menyadari ketidaktahuan mereka dan mereka sama-sama memiliki rasa ingin tahu besar. Mereka mengatakan, “Saya tidak tahu ada apa jauh nun di sana? Mereka merasa terdorong untuk pergi menjelajah dan membuat penemuan baru. Mereka mengharapkan mendapatkan pengetahuan baru yang akan membuat mereka menjadi penguasa dunia.

Imperialisme Eropa sama sekali berbeda dengan proyek imperialisme yang pernah dikenal dalam sejarah. Imperium sebelumnya cenderung beranggapan bahwa mereka telah mengenal dunia. Penaklukkan hanya digunakan untuk menyebarkan pandangan mereka terhadap dunia. Misalnya, penaklukkan Mesir, Spanyol atau India oleh imperium Arab tidak bertujuan untuk menemukan sesuatu yang mereka tidak tahu. Imperium Romawi, Mongol dan Aztek menaklukkan wilayah- wilayah baru untuk mencari kekuasaan dan kekayaan-bukan pengetahuan. Sebaliknya, imperialis Eropa menjelajahi pantai-pantai baru di belahan dunia lain dengan harapan mereka mendapatkan pengetahuan baru dan juga teritori baru.

Sebuah pengetahuan tidak bisa didapat tanpa dengan adanya perjuangan dan arah tujuan yang jelas, bangsa eropa dahulu memulainya dengan baik. Sehingga pada sekarang dampak baiknya bisa dirasakan hampir untuk semua kalangan. Perkembangan pengetahuan sastra yang didalamnya memuat bahasa juga ikut berkembang selaras dengan ekspansi yang dilakukannya. Contohnya saja munculnya penejemah bahasa yang muncul karena adanya perbedaan bahasa yang kemudian menjadi salah satu hambatan dalam berkomunikasi. Dan lambat menaun hingga sekarang bahkan Penerjemah sudah menjadi sebuah profesi yang tidak bisa dianggap remeh. Dewasa ini peran Jasa Penerjemah Tersumpah sangat dibutuhkan.

 

About Pher jaya

Check Also

Baca Komik Gintama Bahasa Indonesia Gratis

Gintama adalah salah satu manga dan anime populer yang berasal dari Jepang. Diciptakan oleh Hideaki …