Home / Tips / Kiat Belajar Bahasa Inggris di Kampung Inggris

Kiat Belajar Bahasa Inggris di Kampung Inggris

Belajar bahasa Inggris di Kampung Inggris. Nama Kampung Inggris sebenarnya sudah begitu populer mulai dari ujung Provinsi Aceh sampai Papua. Kampung Bahasa Inggris adalah pusat pembelajaran bahasa Inggris paling besar di tanah air. Ada sebanyak ribuan pelajar yang datang dan kursus bahasa Inggris di Pare ini. Siswa yang ada di Kampung Inggris tak hanya masyarakat dari Jawa Timur saja, tetapi banyak pula dari mereka yang berasal di luar Pulau Jawa. Proses belajar di kampung Inggris yang begitu khas, menjadi daya tarik tersendiri sehingga tak sedikit pelajar memilih tempat ini untuk menguasai kemampuan berbahasa Inggris.

Nah, sebenarnya di Pare ada banyak lembaga kursus bahasa loh, ada Inggris, kursus arab pare, Prancis, Mandarin, Jerman dan masih banyak lagi. Tapi ya memang, bahasa Inggris yang mendominasi.

Tips Sukses Belajar Bahasa Inggris

Kiat Belajar Bahasa Inggris di Kampung Inggris
Belajar bahasa Inggris untuk pemula memang terkesan sangat membosankan. Bahkan tak jarang kita menyaksikan orang Indonesia yang lancar berbahasa Inggris, sementara kita hanya bisa takjub melihatnya. Menguasai bahasa Inggris sendiri memang memerlukan usaha yang tinggi, tapi bukan hal mustahil untuk kita kuasai. Supaya sukses belajar bahasa Inggris, tak ada salahnya untuk mengikuti beberapa kiat belajar bahasa Inggris di Kampung Inggris berikut ini :

 

1. Belajar Speaking

Ketika Anda mengambil program speaking, sebaiknya harus percaya diri. Sebab dengan tingkat kepercayaan iri tinggi tanpa takut khawatir berbicara bahasa Inggris, Anda bisa lebih termotivasi mempelajari bahasa Inggris dengan lebih semangat. Selain itu mencoba berbicara bahasa Inggris setiap harinya meskipun masih ada kata-kata yang rancu, lambat laun Anda akan lancar berbahasa Inggris dengan benar dengan cara selalu sharing bersama teman-teman saat berada di camp English Area. Selain itu, untuk mempersiapkan belajar bahasa Inggris program speaking harus menghafal kosakata. Anda harus mentargetkan penguasaan kosa kata setiap harinya, misalnya saja per hari Anda harus menghafal minimal 50 common vocabularies. Selain itu, common vocabularies tersebut yang Anda hafal hahrus dapat dipraktekkan lewat percakapan bahasa Inggris sehari-hari. Dengan mempelajari Common Vocabularies terlebih dulu, nantinya memudahkan Anda mempraktekkannya dalam percakapan sehari-hari selama berada di camp hingga 24 jam menggunakan bahasa Inggris.

Anda juga harus memastikan berapa jam Anda berbicara bahasa Inggris dalam sehari. Dengan begitu Anda akan memperoleh kemajuan dalam program speaking yang Anda pelajari. Contohnya saja, berapa menit Anda berbicara di kelas, berapa lama Anda berbicara dengan teman sekelas dan berapa lama waktu Anda bercerita sendiri memakai bahasa Inggris ketika di camp. Dengan semakin banyaknya waktu Anda untuk berbicara bahasa Inggris, tentunya peningkatan speaking bahasa Inggris pun semakin cepat. Belajar Speaking di Pare sangat diminati para pelajar di sleuruh Indonesia. Hal tersebut dikarenakan besarnya komunitas yang berbahasa Inggris di Pare. Dengan begitu kapan dan dimana pun Anda saat di kampung Inggris, hampir semua orang mamakai bahasa Inggris saat berkomunikasi sehari-hari.

 

2. Belajar Pronunciation

Belajar bahasa Inggris yang kedua ini yaitu pronunciation. Pertama yang perlu dipelajari dalam program ini yaitu mempelajari phonetic symbol sebab lewat phonetic symbol ini Anda akan mengetahui suara asli tiap kosakata berbahasa Inggris. Kemudian mempelajari dan mempraktekkan penyambungan suara serta perubahan suara dari penutur asli. Dengan begitu Anda dapat menganalisa suara penutur aslinya. Bila selama ini Anda mendengar percakapan dari penutur asli yang terasa sulit, dengan pembelajaran materi perubahan dan penyambungan suara maka semuanya akan lebih mudah. Sesudah Anda menguasainya, berikutnya merubah accent Anda agar bisa seperti accent penutur asli.

 

3. Menghafal Vocabulary

Untuk menghafal vocabulary ini sebaiknya dilakukan pada pagi hari sesudah habis subuh. Waktu ini merupakan waktu paling tepat, sebab otak masih dalam keadaan yang fresh, dengan begitu akan mempermudah Anda menerima serta menghafal kosakata dalam bahasa Inggris. Kemudian Anda harus mengulang terus menerus hafalan vocabulary, sebab dengan cara mengulang-ulang pembelajaran vocabulary akan lebih mudah mempraktekkannya dalam berkomunikasi sehari-hari.

 

4. Belajar Grammar

Dalam belajar bahasa Inggris, hal yang tak kalah pentingnya adalah grammar. Belajar grammar dengan memakai keterangan dan teori bahasa Inggris, pastinya akan terasa sulit. Untuk itu, mempelajari grammar dengan penyampaian dan teori menggunakan bahasa Indonesia menjadi lebih gampang serta membuat Anda lebih mudah paham. Mempelajari grammar lewat materi berurutan dengan pola istilah tertentu yang gampang diterima masyarakat Indonesia bisa menjadi pilihan. Pendalaman grammar ini hanya bisa dilakukan maksimal jika Anda fokus mempelajarinya, misalnya saja dalam 1 hari Anda mempelajari 3 kali materi grammar beserta 2 kali materi speaking, sebab grammar sendiri memerlukan konsentrasi dan banyak waktu dalam belajar.

Itulah beberapa tips belajar bahasa Inggris paling tepat di Kampung Inggris, sehingga Anda bisa menguasai bahasa Inggris dengan cepat!

About Pher jaya

Check Also

jajanan kekinian untuk usaha

Jajanan Unik Kekinian Untuk Usaha Agar Laris Manis

Membuka perjuangan pada industri kuliner ialah salah satu ilham bisnis yang paling menguntungkan. Industri makanan …