Home / Bisnis / Bisnis Kue Online Rumahan Dan Langkah Untuk Memulainya

Bisnis Kue Online Rumahan Dan Langkah Untuk Memulainya

Belakangan ini banyak orang yang mulai menggunakan digital marketing untuk mengembangkan bisnisnya. Tak hanya di bidang penjualan jasa dan produk non fisik, kini bisnis kuliner sudah mulai merambah dunia internet, Salah satunya menjual bisnis kue online rumahan.

Meski terlihat menarik, banyak orang yang bingung memulai bisnis ini. Mereka percaya bahwa jarak yang terlalu jauh membuat produk yang akan dijual berada di tangan konsumen dalam kondisi yang tidak sesuai.

Misalnya, dekorasi yang sudah rusak atau bahkan sudah ketinggalan zaman. Bagi yang ingin melebarkan bisnis kuenya ke dunia maya, berikut beberapa trik yang bisa Anda coba.

 

Berikut Beberapa Cara Untuk Memulai Bisnis Kue Online Rumahan

bisnis kue online rumahan

1. Persiapkan Modal Yang Diperlukan

Sekecil apapun usaha yang Anda rencanakan untuk dijalankan, modal merupakan faktor terpenting yang harus Anda perhatikan.

Oleh karena itu, sebelum membuat dan menjual produk kue, hal pertama yang harus disiapkan adalah menyiapkan modal yang diperlukan. Misalnya satu set alat pembuat roti, termasuk kompor dan alat pembuat roti lainnya.

2. Pilih Produk Yang Tepat

Prinsipnya, kue yang dijual di dunia nyata juga bisa dijual di dunia maya. Namun, beberapa penyesuaian harus dilakukan dalam praktiknya. Misalnya, kue basah atau mudah rusak seperti jajanan pasar harus dijual hanya untuk pengiriman lokal.

Untuk kue yang kokoh atau dekorasi yang rapuh seperti roti kemasan atau pastri, Anda dapat menawarkan pengiriman ke luar kota. Namun perlu diingat bahwa umur simpan produk yang dijual tidak boleh lebih dari 3 hari.

3. Bisnis Kue Online Rumahan Ke-3 : Kreativitas Dan Inovasi Adalah Kuncinya

Anda harus mampu menciptakan desain dan cita rasa yang unik untuk setiap produk yang Anda tawarkan. Misalnya penjualan kue berupa buah-buahan, sayuran dan lain-lain. Tidak hanya itu, penting juga untuk berkreasi dengan selera.

Dengan adanya “perbedaan” yang Anda tawarkan dibandingkan dengan produk pesaing Anda, memudahkan Anda untuk menarik pelanggan. Ingatlah untuk selalu meminta umpan balik untuk mengetahui apa yang pelanggan inginkan.

4. Pilih Kemasan Yang Baik

Kemasan sangat penting untuk meningkatkan citra merek dari produk yang Anda jual. Kemas kue yang akan dijual dengan sebaik dan sekencang mungkin. Untuk makanan yang dipanggang, Anda bisa menggunakan kemasan yang agak tebal dan kedap udara.

Jika ingin mengemas kue dalam kotak, sebaiknya dikemas dalam kotak yang tahan lama dan dilapisi dengan lapisan kedap air. Hal ini penting untuk memperpanjang masa simpan produk dan memastikan bahwa produk tersebut sampai ke tangan konsumen dalam keadaan “segar”.

Baca Juga : Bisnis Kuliner Rumahan Online Dengan Modal Kecil

5. Bisnis Kue Online Rumahan Dengan Menggunakan Jasa Pengiriman Terbaik

jasa pengiriman adalah faktor kesuksesan terpenting dalam menjalankan bisnis online. Oleh karena itu, penting untuk menemukan jasa perjalanan yang dapat memberikan layanan terbaik, cepat dan menjamin pengiriman barang dalam kondisi buruk.

Beberapa layanan pengiriman sekarang menawarkan pengambilan dan pengiriman paket pada hari yang sama. Anda dapat memanfaatkan layanan ini untuk menghemat waktu dan tenaga serta tentunya memberikan pelayanan pelanggan yang maksimal.

6. Maksimalkan Media Sosial

Anda dapat memaksimalkan kekuatan media sosial sebagai alat promosi penjualan, serta layanan berlangganan terbuka yang dikandungnya.

Misalnya, di Facebook Anda bisa membuka fan page atau akun khusus toko kue online Anda. Anda dapat melakukan hal yang sama di Instagram atau media sosial lainnya.

Jika ingin mendapatkan keuntungan lebih, Anda bisa menggunakan layanan Facebook Ads, Instagram for Business atau Google Ads. Semua platform ini cukup kuat untuk digunakan secara maksimal untuk mendukung periklanan dan pemasaran internet.

7. Pasar Yang Terpercaya

Pada dasarnya, semakin banyak jaring yang ditebar, semakin banyak pula ikan yang didapat. Oleh karena itu, selain memaksimalkan media sosial, Anda juga harus memaksimalkan pemasaran situs-situs yang belakangan ini cukup populer di Indonesia.

Jangan lupa bahwa Anda juga perlu memiliki website pribadi (domain dengan nama toko Anda atau produk unik yang Anda jual). Website ini dapat digunakan sebagai sumber informasi, menerima pesanan langsung dan memberikan kesan bahwa Anda tidak gegabah dalam memulai usaha.

8. Pembaruan Konten Dan Interaksi

Anda harus memelihara akun media sosial Anda dengan memperbarui konten secara berkala, seperti memposting gambar produk terbaru, menawarkan informasi produk tertentu, menawarkan program diskon, dll. Pada dasarnya, akun media sosial harus tetap hidup.

Jangan lupa untuk membalas setiap komentar dan cobalah sesekali memberikan kuis berhadiah dengan pertanyaan tentang kue atau produk yang Anda jual. Hal ini penting untuk menciptakan interaksi dan melihat seberapa besar kepedulian mereka terhadap produk yang Anda jual.

About Pher jaya

Check Also

Kelebihan Lantai Kayu untuk Rumah Anda: Ketahui Faktanya!

Apa yang pertama kali terlintas di pikiran Anda saat mendengar kata ‘lantai kayu‘? Mungkin banyak …