Home / Mesin / Cara Membuat Cappucino dengan Mesin Kopi yang Mudah

Cara Membuat Cappucino dengan Mesin Kopi yang Mudah

Cara membuat cappucino dengan mesin kopi – Apa sih cappucino itu ? anda akan menemukan jawabannya disini. tidak ribet dan sangat mudah dipraktekkan dirumah, bersama teman, atau pun bersama keluarga dirumah.

Sederhananya, cappuccino adalah minuman berbasis espresso dan susu panas. Satu shot espresso, dipadu dengan susu panas yang umumnya melalui proses yang dipanggil steamed.

Pada awalnya, tidak terlalu susah untuk membuat segelas kopi cappucino. Bahkan Anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah sesuai dengan resep yang dimiliki.

Nah, untuk melengkapi koleksi resep coppucino kepunyaan Anda. harus mencobanya karena caranya begitu mudah. Café latte dan cappuccino terdiri dari espresso, steamed susu dan foam susu.

Biasanya dengan menggunakan mesin espresso, café latte dibuat dengan espresso dari mesin espresso dan susu beserta foam yang dihasilkan oleh steamer yang ada di mesin espresso tersebut. setelah ini cara yang sangat mudah untuk membuat kopi cappucino.

Cara Membuat Kopi Cappucino dengan Mesin Kopi

Resep Cappuccino Latte

Bahan-bahan :

  • 3/4 cup kopi Perancis
  • 2 cup susu tawar
  • 2 sdm coklat
  • bubuk coklat secukupnya

Langkah-langkah :

  1. Siapkan blender. Seduh kopi di dalam blender dengan air panas secukupnya. jika ingin rasa kopi lebih nendang bisa menggunakan biji kopi asli dari pengolahan mesin kopi. Kemudian nyalakan blender dan proses hingga kopi berbusa. Anda juga bisa mengunjungi rumahmesin.com untuk mendapatkan mesin kopi dengan harga terjangkau.
  2. Panaskan susu dan coklat di dalam wajan sampai mendidih. Jangan lupa untuk terus mengaduknya supaya susu tidak pecah dan coklat tidak menggumpal.
  3. Tuangkan susu coklat tadi ke mangkuk. Setelah suhunya agak hangat, Anda bisa mengaduknya menggunakan mikser sampai tercipta busa yang cukup banyak.
  4. Tuangkan kopi ke dalam cangkir saji. Berikutnya tuangkan juga susu coklat di atasnya. Taburkan bubuk coklat untuk mempercantik tampilan minuman ini.

Resep Cappucino Instan

Bahan-bahan :

  • 1 sdm kopi bubuk instan
  • 3/4 cup susu
  • 6 buah es
  • 1 sdm gula
  • 1 sdt coklat bubuk
  • 1/2 sdt ekstrak vanili
  • 1 sdm sirup coklat
  • 1 sdm whipped cream

Langkah-langkah :

  1. Masukkan susu, gula, kopi, es, coklat bubuk, dan ekstrak vanili ke dalam blender. Lalu proses hingga bahan-bahan tersebut tercampur rata dan lembut.
  2. Masukkan sirup coklat ke dalam cangkir. Tuangkan juga hasil blenderan tadi ke cangkir. Tambahkan whipped cream di atasnya.
  3. jika ingin dingin,bisa ditambahkan dengan es serut hasil proses mesin serut es.

Cara Membuat Kopi Cappucino Sederhana

cara membuat cappucino dengan mesin kopi

Cappuccino sendiri minuman yang berasal dari italia yang dibuat dari espresso dan susu. Cappuccino biasanya juga didefinisikan sebagai 1/3 susu yang dipanaskan dan 1/3 susu dikocok hingga berbusa atau bisa juga disebut denga Foam.

Definisi yang lain memyebutkan 1/3 espresso dan 2/3 mikrofoam. Cappuccino berbeda dengan latte macchitato, yang kebanyakan terdiri dari susu dan sedikit busa. Disini jga akan dipaparkan bagaimana cara membuat cappuccino yang manual dan juga khas rumahan.

Bahan – bahan :

  • 1 sendok teh kopi instan
  • ½ sendok teh coklat bubuk
  • 1 sendok the gula palem atau bisa juga gula merah
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 250 ml air
  • 50 ml whipping cream

Langkah – langkah :

  1. Campurkan antara kopi, coklat bubuk, dan gula pasir ke dalam cangkir
  2. Panaskan air hangat sampai mendidih
  3. Jika air telah mendidih maka campurkan kopi, oklat ubuk, dan juga gula pasir ke dalam satu cangkir
  4. Setelah itu aduk-aduk hingga rata dan pastikan tercampur semuanya
  5. Tambahkan juga whipping cream bisa ditambahkan diatasnya

Begitulah cara yang sangat sederhana bisa membuat secangkir kopi yang sangat nikmat, bisa juga dikasih tambahan sesuka hati.

Jenis – Jenis Kopi Cappucino

ternyata kopi cappucino juga memiliki jenis-jenisnya. apakah itu ? temukan juga jawabannya disini juga yha? dibawah ini adalah jenis – jenis kopi cappucino yang harus diketahui.

1. Traditional Cappuccino

Pada umumnya cappuccino dibuat dari 1/3 espresso, 1/3 susu, dan juga 1/3 busa susu. Namun cara ini kurang disukai beberapa orang dikarenakan kadang cappuccino itu bisa pahit. Rasanya tentu aja lebih enak karena foamed milk jadi bias nyebar keseluruh bagian atau bisa disebut rata semua.

2. Cappuccino Chiaro

Kopi ini bisa disebut sebagai wet cappuccino atau white cappuccino. Kopi cappuccino chiaro dan cappuccino tradisional adalah cappuccino basah ini mengandung sedikit lebih banyak susu panas dan lebih sedikit foam diatasnya.

3. Cappuccino Scuro

Cappuccino kering ini memiliki kandungan susu karena hanya mengandung sedikit susu, tetapi foam nya yang terlalu banyak. Pada dasarnya cappuccino kering ini adalah orang-orang yang suka rasa pahit nya kopi. Tetapi mungkin masih merasa belum begitu menyukai espresso.

4. Cappuccino Freddo

Ini adalah minuman berversi dingin cappuccino dan berisi buih susu dingin dibagian atasnya. Cappuccino freddo banyak sekali tersedia diberbagai daerah italia, dan biasanya tidak disajikan dengan es batu.

Minuman ini terkenal banget di Yunani. Daerah mediteranian juga memiliki sedikit variasi yang berbeda untuk cappuccino freddo, di mana foam susu ditambahkan ke minumannya sesaat sebelum disajikan.

Demikian itulah penjelasan mengenai cara membuat cappucino dengan mesin kopi yang bisa kamu tiru, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu ya!!

About Pher jaya

Check Also

cara membuat keripik singkong rasa gadung

Cara Membuat Keripik Singkong Rasa Gadung yang Cocok untuk Camilan

Cara membuat keripik singkong rasa gadung – Proses pembuatan kripik singkong yang biasa, pengolahannya lebih …