Home / tanaman / Cara Menanam Jagung agar Berbuah Besar dan Cepat Panen

Cara Menanam Jagung agar Berbuah Besar dan Cepat Panen

Cara Menanam Jagung  – Apakah kamu memiliki lahan kosong yang tak terpakai? Bila iya, mungkin kamu bisa memanfaatkan lahan tersebut untuk berkebun, misalnya budidaya jagung.
Melakukan budidaya jagung memang membutuhkan ketelatenan, namun aktivitas ini juga bisa menjadi quality time kamu di sela pekerjaan lainnya. Budidaya jagung akan menjadi aktivitas yang menyenangkan.
Namun, perlu diketahui,  jagung adalah tanaman musim panas yang sebaiknya ditanam setelah suhu tanah mencapai 16 derajat celsius. Sebab, jagung yang ditanam pada tanah yang dingin dan basah bisa tidak berkecambah.
Suhu udara terbaik untuk menanam jagung adalah antara 16 sampai 35 derajat celcius. Selain itu, jagung juga hanya membutuhkan waktu antara 60 sampai 100 hari untuk bisa dipanen. Hal itu bergantung pada varietas serta jumlah panas selama musim tanam.
Saat ini jagung manis (Zea Mays Saccharata) yang dibudidayakan dengan cara organik makin diminati. Selain rasa yang enak dan kaya nutrisi, bahan pangan organik dinilai lebih bersih, sehat, serta steril.
Namun, harga jagung manis organik umumnya lebih mahal daripada jagung manis biasa. Karena itu, tidak ada salahnya jika Anda mulai mempelajari cara menanam jagung manis organik agar tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menikmatinya.

Cara Menanam Jagung

Cara Menanam Jagung

Apabila Anda yang ingin membudidayakan jagung manis di pekarangan rumah, sebaiknya pelajari terlebih dahulu cara menanam jagung manis organik.

1. Tahap Persiapan

Budidaya jagung manis organik relatif mudah sebab ia mampu beradaptasi dengan cepat. Penanaman dapat Anda lakukan di dataran rendah maupun tinggi seperti, kawasan pegunungan dengan ketinggian 1.800 mdpl hingga dataran tinggi yang mempunyai ketinggian 3.000 mdpl.
Anda harus memastikan lahan mengandung unsur hara seperti nitrogen, kalium, serta fosfat yang tinggi. Secara teori pun disebutkan bahwa tanah untuk budidaya jagung manis organik sebaiknya memiliki pH 5-8.

2. Pemilihan Benih

Pemilihan benih harus dilakukan dengan cermat sebab akan berpengaruh terhadap hasil panen. Pastikan benih sehat dan berkualitas. Bila Anda masih pemula atau belum mempunyai pengalaman dalam bertaman jagung manis organik, sebaiknya membeli bibit jagung pada petani profesional.
Teknik penanaman sebaik apapun tidak akan menghasilkan buah yang besar dan melimpah apabila benihnya cacat, rusak, dan tidak berkualitas.

3. Pengolahan Lahan

Pengolahan lahan dimulai dari pembersihan gulma. Selanjutnya, cangkul tanah dan biarkan selama 5-7 hari supaya tanah jadi gembur. Tanah juga harus memiliki kadar asam yang rendah. Jadi, bila mendapati tingkat keasaman tanah terlampau tinggi, Anda bisa menambahkan kapur dolomit guna menetralkan pH-nya.
Tambahkan pula pupuk kandang atau pupuk bokashi sehingga tanah akan mempunyai kandungan nitrogen, kalium, dan fosfat yang cukup. Buat juga drainase atau bedengan supaya air tidak tergenang dan mempengaruhi pertumbuhan tanaman.
Panjangnya berkisar antara 20-30 cm dengan lebar kurang lebih satu meter. Beri jarak antar tanaman sekitar 50-70 cm. Untuk lahan seluas satu hektar, Anda berpotensi mendapat hasil setidaknya 34.000-36.000 tanaman.

4. Penanaman

Budidaya jagung manis sebaiknya dilakukan awal musim penghujan sehingga tanaman akan mendapatkan air yang cukup. Bila Anda menanam benih pada musim kemarau, pastikan pengairan berjalan baik dan optimal.
Caranya tinggal masukkan 1-2 benih jagung manis ke dalam lubang yang sebelumnya telah dibuat. Kemudian tutup menggunakan pupuk kompos atau bokashi dan beri air secukupnya. Jangan terlalu banyak sebab akan mengganggu pertumbuhan benih.

5. Pemeliharaan

Tahap pemeliharaan tanaman jagung manis dimulai dari penyulaman yaitu melakukan pengecekan benih jagung yang sudah ditanam selama kurang lebih satu minggu. Pastikan benih tersebut tumbuh dengan baik. Bila terdapat benih yang tidak tumbuh maka segeralah menggantinya dengan benih baru.
Selanjutnya, lakukan pembersihan gulma menggunakan tangan dan bahan alami tanpa pestisida. Sambil membersihkan kebun, Anda pun bisa sekalian melakukan pembubuhan atau menambahkan tanah pada batang serta akar jagung agar lebih kuat dan kokoh sehingga tanaman tidak gampang roboh.
Pembubuhan dapat dilakukan ketika tanaman sudah mencapai usia satu bulan. Penyiraman dapat Anda lakukan beberapa hari sekali atau tergantung musim. Kurangi menyiram tanaman di musim hujan dan tambah frekuensi penyiraman tatkala kemarau. Pastikan lahan tidak kekeringan.
Pemupukan dilakukan setelah usia jagung menginjak dua bulan. Tujuannya supaya tanaman tidak kekurangan unsur hara dan tumbuh dengan optimal.

6. Pengendalian Hama dan Penyakit

Berbeda dengan tanaman jagung biasa yang menggunakan pestisida untuk membasmi hama serta penyakit, pengendalian hama dan penyakit jagung manis organik dilakukan secara alami.
Sebut saja hama kutu daun yang menyebabkan warna daun jadi menghitam dapat diatasi dengan musuh alaminya yaitu Miscraspis sp, Coccinella sp, dan Lysiphlebus mirzai. Belalang yang dapat dicegah dengan musuh alaminya atau hama tikus yang bisa dibasmi dengan perburuan.

7. Pemanenan

Masa panen jagung manis organik dapat Anda lakukan saat tanaman berusia 65-75 hari. Cara panen adalah dengan memutar tongkol jagung sampai terpisah dari tangkai. Untuk sisa panen misalnya batang jagung, bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak atau pengganti kayu bakar.
Anda juga bisa menggunakan mesin pemipil jagung saat panen agar lebih mudah, anda bisa mendapatkan mesin pemipil jagung dengan harga terjangkau hanya di rumah mesin.
Cara menanam jagung manis organik sangat mudah. Anda hanya harus memastikan tidak ada bahan kimia yang digunakan selama penanaman.
Pertumbuhan jagung akan optimal dan menghasilkan buah besar apabila unsur hara dalam tanah tercukupi dan pemeliharaan dilakukan dengan baik.
Demikian itulah penjelasan mengenai cara menanam jagung manis yang bisa kamu tiru dengan mudah, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu ya!!

About Pher jaya

Check Also

manfaat bawang putih tunggal

Manfaat Bawang Putih Tunggal yang Perlu di Ketahui untuk Kesehatan

Manfaat bawang putih tunggal – Keberadaan bawang putih tentu tak bisa dilepaskan dalam dunia dapur …