Home / Makanan / Cara Menggoreng Kacang Mete Agar Tidak Pahit dan Enak

Cara Menggoreng Kacang Mete Agar Tidak Pahit dan Enak

Cara menggoreng kacang mete agar tidak pahit – Kacang mete adalah salah satu kacang yang menjadi favorit banyak orang. Nggak heran, rasanya yang gurih dan renyah memang akan membuat suasana berkumpul bersama keluarga lebih berwarna dengan didampingi camilan seperti kacang mete.

Kacang mete ini bisa diolah dengan dipanggang atau digoreng. Keduanya sama-sama enak, tergantung pada selera masing-masing. Jika kamu tidak memiliki oven, kamu bisa mengolah kacang mete dengan teknik goreng. Meski tidak pakai oven, tidak akan mengurangi cita rasa kacang mete.

Kendati begitu, saat menggoreng kacang mete kamu tetap perlu berhati-hati. Jika menggoreng tanpa teknik yang benar, kacang mete akan mudah gosong, rasanya pahit, serta jauh dari tekstur renyah.

Cara Menggoreng Kacang Mete Agar Tidak Pahit

1. Rendam dengan air hangat dan garam

Kacang yang masih mentah lebih baik direndam bersama garam dengan takaran satu sendok makan terlebih dahulu. Kemudian diamkan selama 5 menit. Merendam kacang mete dengan air dan garam bertujuan agar getah pada kacang mete hilang. Getah tersebut dapat membuat rasa kacang pahit lho.

2. Bumbui kacang mete

Selesai merendam kacang mete, jangan lupa untuk dibumbui ya. Bumbunya sederhana, cukup tambahkan bawang putih, garam, dan lada yang sudah dihaluskan. Meskipun bumbunya sederhana, rasa kacang mete tetap gurih.

3. Goreng dengan minyak yang panas

Selanjutnya setelah dibumbui, goreng kacang mete dalam minyak yang sudah panas. Goreng selama kurang lebih 5 menit menggunakan api kecil agar tidak mudah gosong.

4. Tiriskan dan dinginkan kacang mete

Setelah kacang mete matang, angkat dan tiriskan pada tempat yang sudah dilapisi tisu makan dan dapat menyerap minyak. Dinginkan sebentar pada tempat tersebut pada suhu ruangan.

5. Simpan di wadah tertutup

Jika kacang mete sudah benar-benar dingin, masukkan ke wadah yang tertutup. Pastikan wadah tertutup rapat agar kacang mete tidak mudah melempem.

Menggoreng kacang mete atau mede memang memerlukan kehati-hatian dalam menggorengnya. Karena biasanya kalau tidak tahu cara menggorengnya akan gosong dan rasanya pahit. Sebenarnya sangat mudah caranya dan bahan bumbunya juga sangat sederhana.

Cara Menggoreng Kacang Mete

Cara Menggoreng Kacang Mete

Bahan dan Bumbu

  • 1 kg kacang mete mentah yang sudah dikupas, bisa menggunakan alat pengupas mete agar hasil lebih maksimal dan mudah, alat pengupas mete bisa di dapatkan di rumahmesin.com dengan harga yang terjangkau.
  • 3 siung bawang putih, yang telah dihaluskan/parut
  • 1 sdt gula pasir
  • 3 sdt garam
  • 50 ml air
  • Minyak goreng

Cara Menggoreng Kacang Mete

  1. Siapkan wadah/tempat yang berisi air hangat. Banyaknya air sampai dapat merendam seluruh kacang mete.
  2. Masukkan garam sebanyak tiga sendok makan ke dalam wadah. Aduklah sampai garam larut.
  3. Masukkan kacang mete. Pastikan semua terendam. Diamkan selama 3-5 menit.
  4. Kemudian, aduk pelan dengan tangan. Lama kelamaan air akan berubah menjadi keruh dan kehitaman. Itu artinya, getah yang menempel pada kacang mete mulai terlepas.
  5. Buang air bekas rendamannya. Kemudian ulangi proses perendaman satu kali lagi. Lalu bilas dengan air bersih.
  6. Agar rasa kacang mete gurih, dapat menggoreng dengan menggunakan bumbu. Bumbunya terdiri atas bawang putih dan garam yang dilumat sampai halus.
  7. Sisihkan terlebih dahulu bumbu yang telah disiapkan. Goreng kacang di atas minyak panas dengan api sedang selama 1-2 menit. Minyak goreng harus cukup banyak sehingga semua kacang mete terendam.
  8. Kemudian masukkan bumbu, lalu aduk perlahan. Sebentar saja, dan tidak perlu terlalu sering karena nanti bisa membuat kacang mete menjadi terbelah.
  9. Angkat kacang mete setelah berubah warna (terlihat kecoklatan).
  10. Tiriskan, lalu letakkan di atas kertas bersih atau tisu agar minyak terserap.
  11. Diamkan beberapa saat sampai tidak panas lagi (dingin). Singkirkan bumbu-bumbu yang mengering.
  12. Agar kacang mete terus terjaga kerenyahannya, simpanlah di wadah yang kedap udara.

Demikian itulah ulasan mengenai cara menggoreng kacang mete agar tidak pahit yang bisa kamu coba dan tiru di rumah, semoga artikel ini berguna dan bermanfaat untuk kamu ya!!

About Pher jaya

Check Also

cara membuat keripik singkong rasa gadung

Cara Membuat Keripik Singkong Rasa Gadung yang Cocok untuk Camilan

Cara membuat keripik singkong rasa gadung – Proses pembuatan kripik singkong yang biasa, pengolahannya lebih …