Home / tanaman / Manfaat Bawang Putih Tunggal yang Perlu di Ketahui untuk Kesehatan

Manfaat Bawang Putih Tunggal yang Perlu di Ketahui untuk Kesehatan

Manfaat bawang putih tunggal – Keberadaan bawang putih tentu tak bisa dilepaskan dalam dunia dapur Indonesia. Hampir setiap masakan selalu ada campuran bawang putih sebagai pelengkap rasa.
Terutama sambal yang rasanya akan kurang lengkap bila belum ada ulekan bawang putih di dalamnya. Namun, ternyata bawang putih yang sering ditemukan di pasaran itu memiliki beragam jenis.
Setidaknya ada beberapa jenis bawang putih yang bisa dikonsumsi untuk bumbu hingga obat, seperti bawang putih lokal, bawang putih kating, bawang putih lanang, hingga bawang putih shin chung yang berasal dari Tiongkok. Salah satu jenis bawang putih yang belum banyak diketahui manfaatnya adalah bawang putih tunggal atau lanang.
Bawang putih ini hanya tumbuh dengan satu bonggol. Secara tekstur dan ukuran bentuknya bulat dengan warna yang lebih putih. Manfaat dari bawang putih tunggal pun disinyalir lebih banyak daripada bawang putih biasa. Khususnya untuk membantu mengatasi berbagai penyakit.

Manfaat Bawang Putih Tunggal

manfaat bawang putih tunggal

1. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Kandungan senyawa alliin di dalam bawang putih tunggal dapat membantu menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Bawang ini dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol sebanyak 12% jika rutin dikonsumsi selama empat minggu.

2. Mencegah Terjadinya Komplikasi Kehamilan

Bagi ibu yang sedang hamil, mengonsumsi bawang putih tunggal juga sangat direkomendasikan. Khasiat bawang putih tunggal untuk ibu yang sedang hamil adalah membantu mencegah terjadinya komplikasi kehamilan.

Ini karena kandungan yang terdapat di dalam bawang putih tunggal membantu memaksimalkan kerja enzim yang cenderung mengalami penurunan ketika ibu sedang hamil.

Selain itu, manfaat dari mengonsumsi bawang putih tunggal juga membantu menurunkan risiko terjadinya preeklampsia. Namun, untuk mengetahui jumlah dosis yang tepat, sebaiknya tanyakan langsung kepada dokter.

3. Meringankan Diabetes

Mengonsumsi bawang putih tunggal sebanyak dua hingga tiga buah secara rutin diyakini bisa membantu menurunkan sekaligus mengontrol kadar gula dalam darah. Kandungan vitamin B dan senyawa alisin dalam bawang putih tunggal akan mendorong pankreas menghasilkan insulin dalam tubuh. Ini akan membantu tubuh memerangi risiko diabetes lebih efektif.

Sebuah studi menyebutkan jika bawang putih tunggal dengan dosis tertentu memiliki efek positif terhadap penurunan kadar gula dalam darah, meningkatkan kadar insulin, penurunan resistensi insulin, dan penurunan kadar malondialdehid pada mencit. Namun demikian, tetap dibutuhkan studi penguat yang menguji efektivitasnya pada manusia.

4. Antioksidan Alami

Sebuah studi yang dipublikasikan menyebutkan bahwa bawang putih tunggal bisa dijadikan sumber antioksidan alami karena kandungan zat alisin di dalamnya. Nah, untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, kamu disarankan untuk mengonsumsinya secara utuh.

Selanjutnya, penelitian menjelaskan bahwa kandungan zat alliin dalam bawang putih tunggal adalah senyawa antioksidan, tetapi mudah berubah menjadi senyawa alisin. Hal ini disebabkan oleh aktivitas enzim aliinase yang meningkat ketika bawang putih dicincang, dihancurkan, atau diproses.

Perubahan alliin menjadi alisin akan menurunkan khasiat antioksidan bawang putih tunggal. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan proses fermentasi untuk menekan aktivitas enzim aliinase.

Hasil penelitian lain menunjukkan bahwa proses fermentasi ini meningkatkan potensi dari manfaat bawang putih tunggal sebagai antioksidan alami. Namun, uji klinis lebih lanjut pada manusia masih dibutuhkan.

5. Melindungi Fungsi Hati

Penelitian dari Jurnal BMC Complementary and Alternative Medicine menemukan bahwa ekstrak etanol dari bawang putih tunggal berpotensi menurunkan toksisitas hati dan memperbaiki cedera hati.

Riset ini menyebut bahwa manfaat bawang putih tunggal dapat meningkatkan aliran empedu ke usus halus, menekan perlemakan hati, mengurangi keparahan fibrosis (jaringan parut hati), dan memperbaiki sel hati. Efek pelindung fungsi hati dari bawang putih tunggal ini bisa mencegah cedera hati yang disebabkan oleh radikal bebas.

6. Menghambat Infeksi Bakteri

Minyak atsiri (esensial) dari bawang putih tunggal terbukti mampu menekan infeksi bakteri pada manusia. Hal ini ditunjukkan dalam hasil penelitian dalam jurnal Biosaintifika. Minyak atsiri bawang putih tunggal memiliki aktivitas antibakteri terhadap bakteri Staphylococcus aureus penyebab gangguan kulit.

Infeksi bakteri Staphylococcus aureus di kulit dapat menimbulkan impetigo, bisul, staphylococcal scalded skin syndrome, dan selulitis. Minyak atsiri ini bekerja dengan merusak struktur sel bakteri.

Sebanyak 100 mg/ml minyak atsiri bawang putih tunggal bisa menyebabkan sel bakteri menyusut dan membengkak. Hasil penelitian berikutnya dari IOP Conference Series: Materials Science and Engineering menunjukkan hasil yang serupa pada bakteri Escherichia coli penyebab gangguan sistem pencernaan.

Bawang putih tunggal sebanyak 1 mg/ml yang difermentasi selama 3–4 minggu mampu menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia coli. Berdasarkan hasil tersebut, bawang putih tunggal dapat dianggap sebagai agen antibakteri.

7. Mencegah Penuaan Dini

Khasiat bawang putih tunggal berikutnya adalah mencegah penuaan dini. Hal ini ditunjukkan melalui riset yang diterbitkan dalam Jurnal Pharmakeftiki. Riset ini mencoba melihat efek senyawa dialil trisulfida (DATS) dalam bawang putih tunggal pada protein yang mencegah terjadinya penuaan (Sirtuin 6).

Hasil riset menunjukkan pemberian ekstrak bawang putih tunggal dosis sedang dan tinggi berpengaruh nyata dalam mencegah penurunan Sirtuin 6. Namun, studi lebih lanjut diperlukan untuk memahami mekanisme, mengidentifikasi komponen aktif utama, dan mengonfirmasi efek samping dari bawang putih tunggal.

8. Menambah Stamina

Khasiat bawang putih tunggal lainnya yang banyak dipercaya oleh masyarakat adalah membantu meningkatkan stamina tubuh. Guna membuktikannya, sebuah studi pun dilakukan dan dibuktikan bahwa terdapat pengaruh dari pemberian ekstrak bawang putih tunggal sebagai zat imunostimulan.

Selanjutnya, dilakukan pengujian kapasitas dan aktivitas berat limfa dan fagositosis makrofag pada seekor mencit yang telah diinduksi dengan bakteri E. coli.

Studi yang dimuat dalam Journal of Pharmaciana tersebut membuat masyarakat semakin yakin untuk mengonsumsi bawang putih tunggal sebagai penambah stamina tubuh secara alami. Namun demikian, tetap dibutuhkan studi lain yang menguji efektivitas bawang putih tunggal langsung pada manusia.

Jika ingin lebih mudah dalam mengupas bawang bisa menggunakan mesin pengupas bawang agar lebuh mudah dan hasil yang sempurna. Rumahmesin.com menyediakan mesin pengupas bawang yang berkualitas namun dengan harga terjangkau.

Demikian itulah ulasan mengenai manfaat bawang putih tunggal yang perlu kamu ketahui, semoga artikel ini berguna dan bermanfaat untuk kamu ya!!

About Pher jaya

Check Also

Cara Menanam Jagung

Cara Menanam Jagung agar Berbuah Besar dan Cepat Panen

Cara Menanam Jagung  – Apakah kamu memiliki lahan kosong yang tak terpakai? Bila iya, mungkin …