Home / Hewan / Jenis Rumput Pakan Ternak Sapi serta Jenis Makanan Sapi

Jenis Rumput Pakan Ternak Sapi serta Jenis Makanan Sapi

Jenis rumput pakan ternak sapi – Hijauan merupakan salah satu pakan utama untuk hewan ternak, jenis pakan ini paling banyak digunakan oleh para peternak karena mudah didapatkan dan mengandung gizi yang sangat tinggi.

Pakan hijauan sangat baik untuk membantu perkembangan bobot badan ternak. Namun, tak semua jenis hijauan mengandung nutrisi yang sangat tinggi.

Ada beberapa jenis Rumput Hijauan Pakan Ternak yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat bagus sehingga banyak dicari dan menjadi kesukaan para peternak. Beberapa jenis hijauan tersebut adalah sebagai berikut :

Jenis Rumput Pakan Ternak Sapi

1. Rumput Gajah

Jenis rumput ini mengandung 10% protein kasar dan 31% serat kasar. Rumput gajah sangat disukai para peternak karena hasil produksinya yang lebih besar jika dibandingkan dengan jenis rumput hijauan pakan ternak lain.

Rumput ini juga memiliki usia panen yang relatif cepat dan proses penanaman yang mudah, sehingga banyak peternak yang memilih untuk budidaya rumput gajah ini untuk dijadikan pakan ternak.

2. Rumput Odot

Rumput ini mengandung sekitar 12% protein kasar, sehingga sangat baik untuk memenuhi kebutuhan protein ternak. Nutrisi yang terkandung dalam rumput ini lebih tinggi dibandingkan dengan rumput gajah. Rumput odot pada musim penghujan lebih disukai hewan karena terasa lebih lunak dan memiliki palatabilitas yang baik.

3. Rumput Setaria

Rumput Setaria mengandung sekitar 27% serat kasar dan 8% protein kasar. Usia panen pertama kali jenis rumput ini sekitar 60-90 hari. Namun, sayangnya jenis rumput ini tidak tahan terhadap genangan dan akan mati apabila tempat tumbuhnya digenangi oleh air.

4. Rumput Pakchong

Jenis rumput yang berasal dari Thailand ini mengandung sekitar 16,45% protein kasar. Rumput Pakchong juga memiliki umur yang panjang, yaitu mencapai sembilan tahun dan sudah bisa dipanen pada usia 40-50 hari.

5. Rumput Kolonjono

Jenis rumput ini mengandung 35% serat kasar dan 7% protein kasar. Rumput Kolonjono dapat tumbuh dengan baik jika ditanam bersama tanaman legum, penanamannya pun sama dengan jenis Rumput Hijauan Pakan Ternak lain.

Jenis Makanan Sapi

jenis rumput pakan ternak sapi

1. Pakan Kasar

Pakan kasar adalah pakan yang berkapasitas besar dan berat dari setiap unit kapasitas nya yang rendah. Inilah Makanan yang termasuk bagian dari pakan kasar dapat berasal dari hijauan, yaitu Rumput, bisa rumput lapangan, rumput tanaman, rumput grinting, rumput kolonjono, rumput tuton, daun Leguminos.

Jenis pakan pertama adalah pakan kasar. Dinamakan demikian karena pakan ini mempunyai volume yang besar tetapi beratnya rendah. Pakan ini bisa didapatkan dari hijauan seperti rumput, daun leguminis, dan sisa hasil panen berupa jerami.

Untuk kandungan nutrisinya adalah hijauan dari rumput mempunyai kandungan serat kasar sekitar 18% namun kandungan energinya rendah.

Daun leguminis dan kacang-kacangan mengandung protein kasar sebanyak 20%. Sementara jeramk hanya sekitar 3-4% bahan kering.

Pakan kasar sangat diperlukan terutama bagi hewan memanah biak untuk merangsang rumen serta menentukan kadar lemak susu.

Anda juga bisa menggunakan mesin pencacah rumput untuk mempermudah anda, anda bisa mendapatkan mesin pencacah rumput dengan harga terjangkau hanya di rumah mesin.

2. Pakan Penguat

Pakan penguat atau sering juga dijuluki / disebut konsentrat adalah pakan ternak yang mempunyai kandungan serat kasar rendah, dibawah 18%.

Nutrisi yang paling utama dari pakan konsentrat adalah dimana berupa energi dan protein. dan juga ada dua macam perbedaan konsentrat, yaitu adalah konsentrat untuk sumber protein dan sebagai sumber energi.

Untuk perternak sapi perah, supaya dapat menjaga produksi susu sapi, maka  untuk pakan ternak yang diberikan harus sebagian besar dari pakan ternak konsentrat.

kenapa? karena untuk sapi yang hanya di berikan pakan ternak dari hijauan dapat memproduksi susu 30% lebih sedikit daripada sapi yang diberikan pakan ternak hijauan dan juga dicampur / tambahkan dengan pemberian pakan ternak konsentrat.

Dari hewan:

  • Hasil sampingan pengolahan ikan, yaitu tepung ikan
  • Untuk hasil sampingan oleh pengolahan susu seperti bubuk susu skim dan lemak susu.
  • Untuk pakan ternak konsentrat yang darimana berasal dari hewan ditandai oleh protein yang berkualitas tinggi yang jumlahnya lumayan banyak, serta dalam kandungan mineral nya yang cukup tinggi. Mengandung protein yang melebihi daripada 47%, mineral Ca lebih daripada 1%, P lebih daripada 1,5%, dan juga serat kasar yang kurang daripada 2,5%.

Dari tumbuhan:

  • Dari hasil panen pertanian seperti macam kacang hijau, kedelai, jagung, dan yang lain lainnya.
    hasil sisa daripada industri pertanian seperti macam kelapa sawit/ bungkil kepala, bungkil kedelai, bungkil wijen, biji karet, biji palm, dll.
  • Pakan ternak konsentrat mengandung sebuah protein dan energi yang tinggi. Kelompok yang mempunyai kandungan terbanyak seperti macam biji – bijian, jagung, sorghum, yang TDN dan SE yang tinggi, dan serat kasar yang cukup rendah, dan juga kandungan protein yang kasar sedang, juga kandungan mineral yang bervariasi.
  • Untuk pakan ternak konsentrat yang darimana berasal dari tumbuhan mengandung protein sebesar 47%, mineral Ca yang kurang dari 1%, P yang kurang dari 1,5 %, dan juga serat kasar yang melebihi daripada 2,5%.

3. Mineral

Hewan ternak perah sangat sekali memerlukan Zat – zat garam atau mineral. Tubuh hewan ternak memerlukan Zat anorganik yaitu seperti : Kalium, Zat besi, Fosfat, Kalsium, Natrium, Magnesium, dan yang lain lainya .

Tambahan mineral memanglah sangat diperlukan untuk tambahan pada beberapa pakan ternak. Namun tidak semua, dikarenakan sebagian besar mineral tersebut bisa didapatkan dari bahan – bahan makanan ternak yang diberikan.

Oleh karena itu sangatlah penting untuk mengetahui isi dari kandungan pakan ternak yang diberikan, apakah telah mencukupi kebutuhan mineral hewan ternak tersebut.

Demikian itulah ulasan mengenai jenis rumput pakan ternak sapi yang perlu di ketahui, semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kamu ya!!

About Pher jaya

Check Also

Cara Menanam Jagung

Cara Menanam Jagung agar Berbuah Besar dan Cepat Panen

Cara Menanam Jagung  – Apakah kamu memiliki lahan kosong yang tak terpakai? Bila iya, mungkin …