Home / Pendidikan / Faktor Yang Mempengaruhi Semangat Kerja

Faktor Yang Mempengaruhi Semangat Kerja

Sikap pekerja yang dapat meningkatkan moral dipengaruhi oleh cara mereka memahami berbagai faktor. Faktor-faktor ini menurut Stan Kossen (1986: 228) adalah: Sumber : majalahpendidikan.com

Faktor-faktor yang mempengaruhi semangat kerja

  1. Organisasi itu sendiri
    Organisasi penting memengaruhi sikap pekerja terhadap pekerjaan mereka. Misalnya, reputasi umum yang tidak menguntungkan dari suatu organisasi dapat berdampak negatif terhadap sikap atau perusahaan pekerja yang tidak dapat mengantisipasi tren pasar sedemikian rupa sehingga penurunan yang cepat mengarah pada pengurangan moral karyawan.
  2. Aktivitas mereka
    Pekerjaan adalah hasil dari lingkungan umum. Hubungan pekerja dengan keluarga dan teman dapat memengaruhi perilaku dan sikap mereka terhadap pekerjaan.
  3. Sifat pekerjaan
    Pekerjaan cenderung menjadi semakin terspesialisasi dan rutin. Banyak jenis pekerjaan menyebabkan kebosanan, pemikiran obsesif dan keterasingan.
  4. Teman sebaya
    Sebagai anggota kelompok, sikap terhadap kondisi kerja dipengaruhi oleh sikap kolektif kelompok. Suatu kondisi yang tiba-tiba dapat memengaruhi roh karena tekanan teman sebaya.
  5. Kepemimpinan
    Tindakan manajer memiliki pengaruh kuat pada moral karyawan. Manajer menentukan atmosfer dan memiliki tanggung jawab utama untuk membangun iklim yang sehat.
  6. Konsep diri
    Konsep diri pekerja cenderung mempengaruhi sikap mereka terhadap lingkungan organisasi. Orang yang tidak percaya atau menderita cacat fisik atau mental sering menyebabkan masalah moral. Karena konsep pekerjaan itu sendiri, atau cara mereka memandang diri mereka sendiri, sangat memengaruhi sikap mereka terhadap pekerjaan.

Indikasi semangat kerja yang menurun

Sebelumnya dijelaskan bahwa dengan semangat kerja dan antusiasme bisnis yang tinggi perusahaan akan mendapatkan keuntungan. Dengan kata lain, jika antusiasme dan antusiasme pekerjaan berkurang, itu akan menjadi masalah bagi perusahaan. Pada kenyataannya, masalah yang muncul juga bisa menjadi indikasi menurunnya semangat kerja.
Indikasi penurunan dalam dunia kerja penting untuk diketahui dari setiap perusahaan dengan pengetahuan ini alasannya dapat diketahui. Sebagai contoh, penurunan tingkat frekuensi adalah tanda penurunan moral.
Meskipun indikasi yang penulis ajukan di bawah ini bukan indikasi absolut dari penurunan moral, tetapi harus diketahui karena ini merupakan tren secara umum. Stan Kossen (1996: 97) mengemukakan bahwa ini termasuk:

untuk. Penurunan / produktivitas rendah
Pengurangan produktivitas ini dapat diukur atau dibandingkan dengan waktu sebelumnya. Pengurangan produktivitas ini disebabkan oleh kemalasan, penundaan kerja, dan sebagainya. Untuk mengetahui produktivitas kerja yang rendah, pekerjaan harus menetapkan standar tenaga kerja. Dengan standar kerja ini dapat dilihat bahwa produktivitasnya rendah atau tidak.

b. Tingkat kehadiran yang tinggi
Secara umum, jika semangat turun, mereka akan malas bekerja. Kompensasi yang rendah dapat menjadi pemicu kemalasan di tempat kerja. Setiap kali ada kesempatan untuk tidak bekerja, mereka menggunakannya untuk mencari penghasilan di tempat lain.

c. Omset tenaga kerja tinggi.
Peningkatan masuk dan keluar dari karyawan karena ketidaksenangan mereka di tempat kerja. Ini mengganggu kelangsungan hidup perusahaan.

d. Tingkat kerusakan tinggi.
Jika terjadi kerusakan pada bahan baku, produk jadi atau peralatan yang digunakan meningkat. Jadi ini merupakan indikasi kurangnya perhatian di tempat kerja. Ini akan menyebabkan kerugian besar bagi perusahaan.

aku s. Kecemasan di mana-mana
Kecemasan ini dapat memanifestasikan dirinya dalam bentuk kurangnya ketenangan di tempat kerja, keluhan, dan sebagainya. Ini menghasilkan hasil kerja di bawah maksimum.

f. Permintaan yang sering
Pertanyaannya adalah ekspresi dari jenis puasa, dalam bentuk material dan bukan material. Tingkat kompensasi yang rendah dan struktur perusahaan yang tidak memadai memicu berbagai permintaan.

g. menyerang
Jika ada pemogokan, itu bukan hanya indikasi penurunan moral, tetapi dapat menyebabkan kelumpuhan bagi perusahaan. Jika perusahaan menghentikan berbagai masalah dan kerugian akan berasal dari sini.

Sumber : gurusekolah

About Pher jaya

Check Also

4 Argumen Memutuskan ESQ English Course Selaku Tempat Pelatihan Bahasa Inggris

ESQ English Course adalah tempat kursus bahasa inggris yang menyiapkan layanan yang komplet buat Anda. …