Home / Travel / Berkunjung ke Museum Bank BRI di Purwokerto

Berkunjung ke Museum Bank BRI di Purwokerto

Jika anda adalah karyanan BRI yang sedang melakukan perjalanan ke purwokerto pasti tak asing dengan museum perbankan tertua di Indonesia. Tempat ini adalah saksi bisu perkembangan dunia keuangan di tanah air, Maka tak heran banyak diantara penumpang layanan travel purwokerto berniat singgah di tempat ini untuk mencari infomasi tersebut.

Museum Bank BRI di Purwokerto

Purwokerto memiliki nilai histori tak ternilai yang menyimpan bukti sejarah beharga bangsa Indonesia. Kota ini adalah tempat bermula Bank BRI (Bank Rakyat Indonesia) pertama kali beroperasi. Sebagaimana kita ketahui Bank BRI adalah salah satu BUMN keuangan yang paling banyak memiliki nasabah.

Bank Rakyat Indonesia (BRI) berdiri atas inisiatif seorang priayi asal purwokerto bernama Raden Bei Aria Wirjaatmadja. Awalnya bank BRI diberi nama Dalam bahasa belanda De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden yang bila diterjemahkan dalam bahasa indonesia bermakna Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priayi Purwokerto.

Tanggal 16 Desember 1895 menjadi tonggak sejarah bagi bank BRI yang pada prosesnya tanggal ini menjadi hari ulang tahun Bank BRI. Dalam perjalanan panjang yang dilewati, Operasional bank ini sempat berhenti sekitar tahun tahun 1948 dan baru pada tahun 1949 kembali dibuka dengan perubahan nama menjadi  Bank Rakyat Indonesia Serikat.

Pada era kepemimpinan order lama di bawah presiden Soekarno, Bank ini kembali berubah nama menjadi Bank Rakyat Indonesia (BRI) dengan dasar usaha atau legalitas formal berupa Perseroan Terbatas. Pertumbuhan sebagai Bank yang mampu menjangkau hingga kepelosok desa membuat Bank ini Go Publik pada tahun 1992 dengan nama baru yakni PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Pengunjung yang singgah di Museum BRI Purwokerto akan bisa melihat peninggalan barang benda bersejarah dari alat perbankan yang digunakan oleh Bank BRI. Tempat ini memamerkan beragam mesin pembukuan,alat penghitung uang, lemari dan peti dari besi dan banyak lagi benda lain.

Museum ini juga menyediakan informasi tentang mata uang zaman dahulu yang pernah beredar di Indonesia. aneka jenis uang logam dan uang kertas menjadi koleksi andalan tempat ini. Selain koleksi mata uang Indonesia pengunjung bisa juga melihat bentuk uang yang digunakan di negara lain.

Bagian menarik yang bisa dilihat adalah cerita sejarah yang menggambark perkembangan Bank BRI pada masa awal operasional yang tertuang dalam diaroma dan foto tempo dulu. Pengunjung bisa juga melihat secara langsung legalitas perusahaan, surat penghargaan dalam bahasa belanda.

About Pher jaya

Check Also

Sewa Bus Subur Jaya Surabaya

Info Sewa Bus Subur Jaya Surabaya

Info Sewa Bus Subur Jaya Surabaya yang sangat sreg ama perlunya Anda dan rasakan berpergian …