Home / Uncategorized / Desain Eksterior Gaya Arsitektur Tropis

Desain Eksterior Gaya Arsitektur Tropis

Desain tropis ini merupakan desain rumah yang berada di dekat garis katulistiwa, dan salah satunya adalah Indonesia. Cuaca tropis memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan hujan, musim hujan terkenal dengan merusaknya material bangunan dan menyebabkan banjir. Karena itu desain tropis memiliki desain yang khas karena berfungsi untuk menangkal cuaca yang pasnas dan curah hujan yang tinggi. ciri ciri desain arsitektur desain tropis menurut sinanarsitek.com

Daftar Isi

  1. Menggunakan Atap Segitiga
  2. Teritisan Atap yang Lebar
  3. Memiliki Shading Bangunan
  4. Penataan Layout Bangunan
  5. Menerapkan Sirkulasi Silang

1. Menggunakan Atap Segitiga

Ciri – ciri yag sering digunakan oleh desain tropis ialah menggunakan desain atap rumah yang berbentuk segitiga yang lancip. Desain segitiga yang digunakan adalah berbentuk biasa segitiga limas, atap kerucut atau atap tumpang. Atap yang berbentuk segitiga secara langsung mencipptakan sebuah ruang dibawah atap tersebut yang berfungsi untuk isolasi tradisional sehingga hawa panas tidak langsung masuk ke dalam ruangan, maka dari itu desain atap ini banyak digunakan di Indonesia.

2. Teritisan Atap yang Lebar

Desain yang terlihat di desain tropis adalah desain overstek genteng yang sangat lebar. Overstek adalah atap yang melebihi ukuran dari rumah, fungsinya adalah berfungsi sebagai element peneduh dan berfungsi untuk melindungi jendela dari sinar matahari dan air hujan. Dan desain overstek ini tidak mengasal pokoknya menutupi jendela saja, namun biasanya disesuaikan dengan tinggi bangunan.

3. Pemilihan Warna Bernuansa Cerah

Komponen warna pada interior dan eksterior di desain tropis biasanya menggunakan dominasi warna yang cerah. Warna terang memang sangat tepat untuk memaksimalkan sinar matahari yang masuk dan memberikan suasana luas di ruangan. Karena warna terang akan mempermudah kaian memilih warna perabotan agar untuk membuat selaras dengan warna interior, dan kalian harus menggunakan cat yang berkualitas agar jamur tidak mudah muncul dan mudah dibersihan.

4. Penataan Layout Bangunan

Penataan layout di arsitektur desain tropis biasanya sangat memperhatikan datangnya sinar matahari, karena ini berpengaruh dalam peletakan perabotan dan bangunan tropis biasanya tidak membuat jendela mengarah ke timur maupun barat. Jika desain ini membuat jendela yang mengarah timur atau ke barat, maka hawa ruangan tersebut akan sangat panas dan silau. Lebih baik memasang jendela jangan mengarah timur dan barat agar tidak terkena matahari langsung.

5. Jumlah Jendela yang Banyak dan Berukuran Sedang

Dengan kehadiran jendela sangat penting bagi desain tropis ini, karena berfungsi untuk memaksimalkan pencahayaan matahari dan mengatur sirkulasi udara didalam rumah. maka dari itu rumah tropis modern dengan jumlah jendela yang banyak yang berukuran sedang. Apalagi jika desain rumah tersebut mempunyai sebuah halaman, ventilasi dapat dibuka agar sirkulasi udara lancar dan tidak menimbulkan pengap dan tidak lembap

kesimpulan :
Jika kalian ingin membuat rumah dengan desain tropis maka kalian gunakanlah warna yang terang dan berkualitas agar jamur tidak mudah muncul dan kalian harus memasang jendela berlawanan dari arah timur dan barat agar tidak sila terkena sinar matahari. Dan jika kalian kebingungan memilih desain maka gunakanlah jasa desain rumah agar mempermudah kalian memilih desain yang kalian impikan.

About Pher jaya

Check Also

Resep Sumpia Udang Kering Yang Enak  dan Lezat

Resep Sumpia Udang Kering Yang Enak  dan Lezat

  Apakah kalian mengetahui sumpia? Mungkin banyak diantara kita belum memahami betul apa itu sumpia …