Home / Cleaning Service / Kupas Tuntas Mengenai Arti, Jenis, dan Tugas Cleaning Service

Kupas Tuntas Mengenai Arti, Jenis, dan Tugas Cleaning Service

Cleaning service diartikan sebagai layanan kebersihan. Sedangkan pengertian secara umum dapat diartikan sebagai suatu pekerjaan mengenai pelayanan kebersihan yang berhubungan dengan kantor, gedung, dan tempat lainnya atas permintaan pihak lain dan berdasarkan kontrak kerja. Dimana dengan bantuan alat-alat kebersihan mesin serta bahan lain yang diperlukan sebagai alat untuk petugas kebersihan.

baca juga: home cleaning batam

Tujuan dari jasa kebersihan ini untuk mewujudkan 5K yaitu Kebersihan, Kerapihan, Keindahan, Keamanan, dan Kenyamanan tempat tertentu yang menjadi objek.

Macam Macam Cleaning Service

Macam-macamnya terbagi menjadi beberapa bagian. Berdasarkan pekerjaan yang dilakukan sebagai berikut. 

  1. Basic Cleaning (Pembersihan Dasar)

Kegiatan atau pekerjaan membersihkan area tertentu yang menjadi aktivitas sehari-hari. Contohnya adalah membersihkan toilet, membuang sampah, membersihkan lantai, dan lain sebagainya.

  1. Daily Cleaning (Penjagaan Kebersihan)

Jasa cleaning service yang dilakukan secara rutin dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Seperti membersihkan meja kursi, membersihkan lantai, dan lainnya.

  1. General Cleaning (Pembersihan Menyeluruh)

Pembersihan secara menyeluruh di semua area dan bagian bangunan. Seperti membersihkan langit-langit, jendela, kaca-kaca, ventilasi, dinding, dan sebagainya.

Sedangkan berdasarkan objek pekerjaan meliputi jasa kebersihan kantor, jasa kebersihan tempat hiburan, dan jasa kebersihan pengembangan gedung.

Cleaning service bertugas menjaga dan merawat kebersihan di tempat yang menjadi area pekerjaan dan tugasnya, meliputi pemeliharaan kantor bagian dalam dan luar, pembersihan lantai, pemeliharaan toilet, pembersihan alat-alat kantor maupun aksesoris, dan perawatan taman area kantor.

Jasa layanan kebersihan biasanya mempunyai perlengkapan lengkap seperti carry caddy (kotak peralatan pembersih), hand brush (sikat), vacuum cleaner, alat pel, pembersih kaca, sikat kamar mandi, sarung tangan, sapu, dan alat lainnya.

Unsur pendukung operasional jasa kebersihan harus berprinsip pada efisiensi dan efektifitas seperti bahan pembersih yang sesuai bertujuan agar tidak merusak permukaan benda, peralatan yang menunjang pada efisien waktu dan tenaga, tenaga ahli yang berkualitas dan bersertifikat, keramahtamahan serta kepedulian terhadap keamanan dan kerusakan benda menjadi tanggung jawab jasa layanan kebersihan.

baca juga: jasa cleaning service batam

Manfaat yang diperoleh dari penggunaan jasa cleaning service ini adalah tempat yang semakin terawat, bersih, dan rapi. Selain itu, dampak positif lainnya kualitas udara menjadi lebih baik, menambah kenyamanan dan ketenangan di lingkungan, menghemat waktu dan uang, hingga kebersihannya secara detail sampai ke bagian sudut yang sulit dijangkau.

Jasa layanan kebersihan harus mempunyai data ceklist atau program kerja harian seperti pengelapan, penyapuan, pengepelan, pengisian toilet supplies, pembuangan sampah, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk lokasi pelayanan meliputi office room, staircase, tangga darurat, lobby, dinding darurat, roof, parking area, balkon, pantry, pos keamanan, toilet, dan teras.

Tidak semua penyedia jasa cleaning service menyediakan jasa yang dapat mengcover keseluruhan jenis pekerjaan pembersihan. Maka dari itu, anda lebih baik memilih general cleaning yang profesional untuk mengcover semua jenis pekerjaan.

About Pher jaya

Check Also

cara membersihkan kasur yang terkena kencing kucing

Berbagai Cara Membersihkan Kasur yang Terkena Kencing Kucing

Kucing memanglah hewan yang lucu. Tidak heran jika kucing banyak dipelihara oleh orang-orang. Namun, memelihara …