Home / Arsitektur / Tips pasang pipa pemanas air tenaga surya

Tips pasang pipa pemanas air tenaga surya

Pemanas air surya atau pemanas air yang dibantu oleh energi matahari / surya tidak dapat dipisahkan dari pipa sehingga fungsinya mengalir air dipanaskan dan dipancarkan ke keran.

Biasanya ketika kami ingin membeli dan menginstal pemanas air tenaga surya, layanan ini juga akan membantu dalam instalasi pipa ini sehingga penting bagi Anda untuk mengetahui sistem instalasi pipa pemanas air energi surya.

Tips Menginstal Pemanas Air Energi Surya


Pemasangan pemanas air energi surya yang lebih baik dilakukan bersama dengan waktu membangun rumah atau bangunan atau ketika Anda ingin memasang pipa air bersih.

Berikut sistem pasang pipa yang benar:


1. Menetapkan lokasi kran air panas dan pemasangan unit pemanasnya
Lazimnya air panas diperlukan di dalam rumah dengan tempat-tempat seperti kamar mandi, wastafel, serta dapur. Di sinilah Anda seharusnya mencari tahu spot kran air panas tersebut. Selain itu, tentukan pula dimana nanti unit mesin air panas energi surya akan dipasangkan. Dari sana Anda bisa mengetahui berapa banyak jumlah pipa air yang diperlukan serta jalur instalasinya. Supaya hemat tarif, tentukan jalur dan jarak terpendek mesin air panas dengan kran.


2. Menetapkan kapasitas water heater
Umpamanya ini seharusnya disesuaikan dengan jumlah member keluarga di dalam rumah. Temperatur untuk keluarga kecil dengan 2-4 orang, maka bisa memasang solar water heater dengan kapasitas tangki 100 liter saja, atau untuk keluarga yang lebih besar seumpama 5-7 orang maka bisa memilih kapasitas 300 liter, dan seterusnya. Pemanas air energi surya sendiri lebih direkomendasikan sebab lebih hemat dalam tarif dibandingi pemanas air listrik.


3. Memilih material pipa pemanas energi matahari
Anda juga perlu memilih material pipa yang ingin dipakai dalam instalasi pipa solar water heater. Umpamanya air panas yang terlalu tinggi bisa merusak sebagian tipe material sehingga pemilihan haruslah yang ideal. Pipa yang dipilih ada pantasnya yang bendung panas, awet, serta bendung terhadap tekanan yang tinggi. Mengaitkan seperti pipa polypropylene dengan bahan anti korosi yang bendung terhadap sedimen/ pengikisan serta berjenis-jenis cairan bahan kimia.


4. Sesudah pipa pemanas air dengan unit pemanas air
Langkah terakhir yaitu mengaitkan pipa pemanas air dengan unit pemanas airnya atau solar water heater. Umpamanya ini dilakukan setelah solar heater terpasang di atap rumah/ gedung. itu mulai hubungkan lubang input ke pipa penyedia air bersih dan lubang output ke pipa instalasi air panas. Sebaiknya mengaplikasikan pipa air fleksibel yang dikaitkan ke berhenti kran.


kiat pasang pipa pemanas energi matahari atau surya (solar water heater). Pahami sehingga Anda bisa memilih jasa water heater dengan servis pemasangan yang baik.

Sumber : https://solahartku.com/

About Pher jaya

Check Also

manhole cover

Mengenal Fungsi dan Kegunaan Manhole Cover

Fungsi Manhole Cover – Pernahkan Anda mendengar tentang manhole cover besi cor? manhole cover saluran …