Home / Pendidikan / Cara Mendapatkan Skor TOEFL di Atas 500?

Cara Mendapatkan Skor TOEFL di Atas 500?

Strategi, tips dan trik untuk mendapatkan skor TOEFL di atas 500 adalah hal-hal yang orang ingin uji TOEFL. Sepertinya mendapatkan skor TOEFL di atas 500 adalah hal yang sulit. Meskipun itu sebenarnya sangat mudah.

Jika Anda sudah memiliki bahasa Inggris dasar. Maksud saya di sini adalah Anda terbiasa mendengarkan dan membaca sesuatu dalam bahasa Inggris, apakah itu mendengarkan musik, menonton berita, membaca koran, novel, komik, dll. Skor 500 bukanlah hal yang sulit.

Tidak percaya?

Oke, ini. TOEFL (ITP) terdiri dari tiga bagian, mendengarkan, struktur dan ekspresi writture, dan membaca. Apa yang terkait erat dengan kehidupan kita sehari-hari? Ya mendengarkan dan membaca.

Ayo operasi kami. Mendengarkan terdiri dari tiga bagian; Percakapan singkat, percakapan yang lebih lama, dan pembicaraan singkat. Topik-topik pembicaraan biasanya sekitar akademik, kehidupan kampus dan umum. Di bagian percakapan singkat kita akan mendengar percakapan singkat (dua baris) antara dua orang, pria dan wanita.

Pembicaraan dalam bentuk percakapan santai, bisa tentang kapan tugas berkumpul, jam berapa pertemuan dimulai, mengapa tidak datang ke pertemuan, hobi, dll.

Hal-hal yang biasanya kita dengar dalam kehidupan sehari-hari kan? Hanya dalam bahasa Inggris. Dalam percakapan yang lebih lama, kami masih disuguhi percakapan kasual antara dua orang, hanya sebagian lagi. Sedangkan dalam ceramah singkat, kami akan mendengarkan perguruan tinggi.

Semua telah mendengarkan kuliah pasti. Kuliah tidak hanya dari dosen, dari guru, dari orang tua (hahaha) dari SPG, atau dari agen asuransi (kebanyakan pria).

Jadi, semuanya adalah topik yang biasanya kita hadapi setiap hari, hanya saja kemasannya adalah bahasa Inggris.

Kunci untuk mendengarkan hanya dua menurut pendapat saya, yaitu, fokus (tahu arah percakapan, bagian mana yang penting) dan memahami bahasa Inggris, tentu saja.

Selanjutnya, membaca. Apakah Anda suka membaca novel atau komik dalam bahasa Inggris? berarti Anda sudah memiliki bahasa Inggris dasar.

Apakah Anda suka membaca koran, artikel, atau buku perguruan tinggi dalam bahasa Inggris? Kemudian membaca tidak akan menjadi masalah bagi Anda. Karena dalam membaca, Anda akan dihadapkan dengan artikel akademik juga umum.

Jika Anda pembaca rajin maka Anda dapat mencerna informasi dalam artikel dengan mudah meskipun ada beberapa bahkan banyak kosakata yang tidak Anda mengerti.

Bayangkan Anda membaca artikel tentang ekonomi di mana istilah ekonomi tidak mengerti, apa yang Anda tidak mengerti isinya?

Sedikit Anda memahami inti artikel. Seperti itu adalah pemahaman membaca di TOEFL.

Lalu, bagaimana dengan struktur? Ketika Anda suka membaca, sedikit banyak pola kalimat akan dicetak dalam pikiran Anda, dan dapat digunakan kembali ketika menghadapi struktur pemahaman, ya, menggunakan perasaan Anda.

Mengenakan perasaan yang telah diasah oleh buku-buku / artikel berbahasa Inggris yang Anda baca.

Tidak merasa bahwa belum diasah! Itu, hanya bohong. Dengan cara ini, menurut pengalaman saya, biasanya yang paling Anda tebak dengan benar 18-25 pertanyaan. Tapi jangan khawatir, sisanya bisa ditutup dengan skor mendengarkan dan membaca.

Jadi, selama Anda melatih kemampuan bahasa Inggris Anda dengan :

  1. Rutin mendengarkan musik dalam bahasa Inggris (bisa latihan tambahan dengan menuliiskan lirik lagu yang Anda dengarkan, melatih kosakata dan ketajaman pendengaran),
  2. Rutin  mendengarkan berita (dalam bahasa Inggris) di TV atau radio dan berusaha mengerti inti berita dan mengingat detail penting,
  3. Rutin membaca artikel berbahasa Inggris di koran/majalah,
  4. Rutin membaca buku (buku kuliah/novel/dll) yang berbahasa Inggris,

Maka, Anda tidak akan sulit mendapatkan skor TOEFL 500.

Belajar di kursus mungkin membantu Anda mempelajari strategi dan tipsnya, tapi bila Anda jarang bersentuhan dengan bahasa Inggris maka semua akan percuma.  Selain cara diatas, ada lagi cara lainnya yaitu berlatih soal dan belajar dari kesalahan Anda. Berlatih soal tidak cukup  hanya 5-10 set soal TOEFL, puluhan bahkan ratusan set soal harus Anda kerjakan untuk mengasah memori, kepekaan dan logika Anda.

About Pher jaya

Check Also

Seni Rupa Modern

Pengertian Seni Rupa Modern dan Sejarahnya

Seni ialah sebuah hasil kreasi yang dibikin oleh seorang dan dapat dicicipi oleh panca indera …