Home / Uncategorized / Panduan Lengkap Cara Ternak Burung Puyuh Pedaging

Panduan Lengkap Cara Ternak Burung Puyuh Pedaging

Cara ternak burung puyuh pedaging, Secara garis besar untuk pemula jika kalian menginginkan hasil yang maksimal. Untuk awalnya saya menyarankan kalian untuk ternak puyuh petelur. Puyuh pedaging adalah penghasilan tambahan setelah puyuh sudah tidak produktif lagi menghasilkan telur alias afkir.

Selain itu juga kalian bisa mempelajari dua jenis ternak yang berbeda sambil mempelajari segmen pasar anda. Barulah jika segmen pasar puyuh pedaging terbentuk dan permintaan secara kontinyu barulah kamu memfokuskan diri dan membedakan dua jenis usaha yaitu Petelur dan penggemukan pedaging

Puyuh merupakan hewan dari keluarga burung. Hanya saja dibandingkan burung yang lain, burung puyuh ini berbeda. Jika burung yang lain bisa terbang, maka burung puyuh tidak bisa terbang selayaknya jenis burung yang lain.

Burung puyuh bukan burung lomba, melainkan burung puyuh merupakan jenis burung yang bisa dimanfaatkan telur dan dagingnya untuk dimakan. Karena burung puyuh merupakan jenis burung untuk keperluan konsumsi, maka ternak puyuh pedaging sangat menguntungkan.

Pemasaran burung puyuh sama dengan cara budidaya ayam potong juga sangat mudah. Selain itu keuntungan yang bisa Anda dapatkan banyak sekali yaitu bisa menjual daging puyuh atau sekaligus dengan telurnya. Lantas, seperti apa cara ternak puyuh pedaging yang bisa dijalankan khususnya bagi pemula? Berikut informasinya untuk Anda!

Cara Ternak Burung Puyuh Pedaging

Perhatikan kondisi dan lokasi kandang puyuh pedaging

Bagi Anda yang berniat untuk ternak puyuh pedaging, baiknya Anda perhatikan dulu kandangnya sebelum Anda membeli bibitnya. Untuk model kandang puyuh pedaging baiknya menggunakan kandang model litter.

Model kandang ini tujuannya untuk lebih menghemat biaya pembuatan kandang. Untuk kandang model liter alasnya bisa menggunakan sekam padi atau serbuk gergaji. Kemudian di bagian lapisan dasarnya, alas dasar kandang bisa menggunakan kapur setebal 3 sampai dengan 5 cm.

Tujuannya untuk mencegah berkembangbiaknya bakteri atau virus didalamnya. Baru diatasnya bisa dilapisi dengan sekam padi atau serbuk gergaji. Lapisan alas tersebut harus diganti setiap 2 bulan sekali demi menghindari tingkat ammonia yang tinggi dimana akan menjadi penyebab timbulnya gangguan pernapasan pada puyuh.

Penggantian alas juga dimaksudkan agar menjadikan sirkulasi udara pada kandang terjaga dengan baik. Kandang untuk puyuh pedaging baiknya dibuat dalam bentuk sekat. Idealnya dengan ukuran panjang x lebar x tinggi sebesar 60 cm x 90 cm x 100 cm. Kandang ini dapat menampung sekitar 30 sampai dengan 40 ekor puyuh.

Dengan model kandang bersekat seperti ini, kandang tersebut dibuat tentu dengan tujuan. Salah satu tujuannya adalah untuk mengurangi pergerakan puyuh karena karakter puyuh dari kandang sangat agresif dan memudahkan ketika penangkapan dilakukan.

Bahkan dengan kandang sekat, jika harus ada puyuh pedaging yang diobati, pengobatannya akan lebih mudah. Karena penangkapan puyuh jauh lebih mudah dengan model kandang sekat, maka dengan kandang sekat tentu saja puyuh bisa lebih mudah dipanen ketika Anda dapati puyuh pedaging yang Anda ternak kondisinya besar dan gemuk.

Jadi untuk proses ternaknya tidak harus berpatokan pada umur atau usia. Puyuh pedaging bisa segera dipanen ketika Anda sudah yakin puyuh besar dan gemuk.

Cari Bibit Burung Puyuh Yang Kerkualitas

Untuk mendapatkan bibit puyuh pedaging, Anda bisa membeli anakan dari DOQ (Day ol quail) atau bisa Anda beli puyuh petelur yang sudah afkir dari peternak puyuh. Jika dalam membeli bibit Anda ingin membeli bibit dari DOQ maka baiknya Anda usahakan memilih bibit yang jantan.

Namun jika bibit puyuh pedaging yang Anda ingin pilih adalah bibit afkiran, maka Anda tinggal konsentrasi pada upaya dan proses penggemukannya saja agar bisa menetas lebih cepat dan bisa segera dipanen juga puyuh yang telah dalam kondisi dewasa dan gemuk.

Pakan untuk puyuh pedaging

Mengenai pakan puyuh pedaging, Anda bisa berikan pakan anak ayam pedaging, pakan ayam pedaging memiliki kandungan nutrisi yang sangat bagus sehingga akan sangat baik untuk pertumbuhan puyuh pedaging yang sedang Anda budidayakan.

Atau Anda bisa membuat racikan pakan sendiri. Jika Anda ingin membuat racikan pakan sendiri, bisa menggunakan mesin pembuat pakan ayam untuk mebuatnya. Anda harus perhatikan nutrisi yang dibutuhkan oleh puyuh pedaging utamanya kebutuhan atas protein, lemak dan kandungan karbohidratnya.

Mengenai pola pemberian pakan bagi puyuh pedaging, jumlah pemberiannya bisa Anda sesuaikan dengan tingkat kebutuhan makan puyuh perharinya. Jadi konversikan saja.

Potensi pemasaran

Saat ini memang usaha budidaya puyuh pedaging masih terkendala dengan potensi pasar. Hal tersebut karena di Indonesia masih sangat jarang orang yang memanfaatkan daging puyuh untuk dimasak dan diolah.

Hanya terlihat di beberapa kota saja yang menjual daging puyuh dan mengolah daging puyuh. Itupun kebanyakan hanya café, resto dan dagingnya hanya dijual di supermarket.

Untuk itu jika memang Anda ingin memulai usaha ternak burung puyuh, maka hal pertama yang Anda harus lakukan adalah mencari pasar atau penampung (pemasok) lebih dulu agar Anda tidak kebingungan menjual hasil panen nantinya.

Cari banyak kenalan yang berpotensi meminta pasokan daging kepada Anda sehingga ketika panen tiba, Anda tidak kebingungan menjual dagingnya.

Itulah beberapa panduan cara ternak burung puyuh pedaging yang bisa Anda terapkan. Selamat mencoba dan terapkan semua prosedur ternaknya secara baik untuk mendapatkan hasil panen yang sempurna. Terima kasih

About Pher jaya

Check Also

Dana Sawit Bisa untuk Mandatori Biodesel Solar Nonsubsidi

Pemerintah menyebut revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 61 Tahun 2015 perihal Penghimpunan dan Pemanfaatan Dana …