Home / Uncategorized / Cara Ternak Ayam Bangkok Agar Sukses

Cara Ternak Ayam Bangkok Agar Sukses

dalam cara ternak ayam bangkok agar sukses dalam bentuk ukuran dan umur ayam ini tergolong laku. Memang harus di lihat dari indukan pejantan dan betina. Perlu Di Ingat dalam membeli ayam ini harus melihat dulu dari pejantan nya dan betina nya. Apabila anda menjadikan ayam ini menjadi ayam petarung super dan berharga mahal dan banyak di minati orang dan pemain lain.

dalam memilih ayam ini memang bukan asal sembarang ambil walaupun jenis pejantan dan betinanya sering juara tidak semesti anaknya bagus. Juga perlu di perhatihan dari sisik kaki dan telapak kaki jika anda masih kebingungan dengan bentuk sisik kaki yang bagus utuk ayam petarung baiknya anda berkonsultasi ke sesepuh pemain pemain ayam aduan.

dan apabila anda hanya memelihara ayam ini untuk perilharaan dan hias saja baik nya memilih ayam biasa saja yang tidak terlalu mahal cukup melihat dengan postur tubuh dan tidak cacat dan tentu nya.

ada baik nya peluang usaha ternak ayam bangkok sebaik nya membeli ayam dari waktu kecil masih seumur 1 minggu-2 minggu. Karena bisa anda latih dan tentu saja jinak terhandap anda tidak seperti cara beternak ayam kampung agar cepat besar.

bila anda anda tertarik budidaya ayam bangkok simak penjelasaan artikel anda.

Cara Ternak Ayam Bangkok

bibit yang bagu harus di lihat kriteria fisik sempurna bentuk badan yang bagus dan , benuk sisik kaki ayam yang bagus.:

  1. kepala ayam harus bermodel buah pinang.
  2. tulang leher ayam rapat dan tentu badan nya panjang.
  3. dada ayam bidang dan dahu ayam kuncup.
  4. sayap rapat ke badan dan panjang.
    5.pangkal ekor besar dan tebal dan kaku.
    6.leher ayam lurus dan tebal.
    7.paruh yang panjang dan tebal.
    8.lutut kaki menekuk , kaki bulat dan ekor nya pun lebat ke arah tanah.
    9.kepakan ayam yang kuat dan lebar.

dan memilih ayam bangkok betina ada ciri ciri khusus dan harus di perhatikan juga dan mendapatkan betina yang super dan bagus:

  1. kepala ayam terlihat seperti ular jika di lihat dari depan.
  2. maja terlihat kedalam dan bersih.
  3. saat ayamdi pegang agak terlihat bulat seperti memegang botol atau seperti batang pinang.
  4. kaki kering dan jari kaki ayam yanghalus dan panjang.
  5. tidak pernah sakit dari anakan.
  6. jika kalau ada taji nya lebih bagus.
  7. bulu pengikat.

Cara Mengawinkan Ayam Bangkok

berikut ini lah cara sederhana untuk menghawinkan dan indukan ayam dalam pengawinan ayam harus memiliki kandang yang cukup luas dan ukuran kurang lebih 5m x 5 m

dan langsung saja mengawinkan lansung kedua nya indukan dengan cara pegang betina nya lalu pegang kudua sayap ayam betina dan tungingkan bokong ayam aga dan arahkan ayam ke pejantan dan otomatis indukan pejantan ayam langsung mendekat dan mengawinkan indukan betina.

untuk melengkapi pakanan ayam selama masa bertlur baik nya berilah vitamin dan pakan dedak yang cukup agar selalu ada nutrisi dan bagus nya lgi di beri minyak ikan sebutir setiap hari serta gilingan kulit kerang yang di aduk ke dalam makanan ayam proses ini di lakukan hanya di masa bertelur saja.

dan jika anda ingin membeli vitamin dan supleman ayam sudah banyak tersedia di toko pakan ayam terdekat anda.

Mencari telur ayam bangkok yang bagus

  • untuk memilih telur ayam yang diperkirakan jantan perhatikan bentuk telur oval dan beda dengan antar telur lain nya jika telur berbentuk oval semua memungkinkan jenis kelamin ayam di telur pasti jantan dan simak di bawah ini :
  • telur ayam yang punya berbentuk oval agak memanjang dan bulat oval dan agak pendek , dan telur bulat dan oval agak terlihat lonjong dan memanjang bisa di pastikan adalah jantan.
  • dan telur memnpunyai bentuk bulat pendek di perkiraan itu telur betina.

Tips cara memilih anakan ayam bagus

jika anda ingin mencari anakan ayam bagus yang dan simak penjelasan berikut :
paha ayam agak gemuk
cenger kecil
kepala ayam agak bundar dan lonjong
ruas kaki lebih panjang
sisik kaki agak terlihat kering
ruas pada bulu kaki agak rapat
jalu agak lurus dan mendekati jari kelingking
dalam ayam bangkok tidak ada yang sempurna yang kita inginkan tetapi anda harus dapat salah satu kriteria jenis ayam di atas.

Pemberian Pakan Pada Anakan Bangkok

untuk pemerian pur baik nya memilih BR yang ukuran yang kecil dan harga nya lumayan mahal / KG dan bagus juga di tambahkan nasi laludi berikan kepada anakan ayam ada juga bisa anda campurkan :

  • Jagung Giling
  • Bekatung
  • Tepung IkanKonsetrat

dan berikan pakan secara bertahap dengan pur yang khusus anakan ayam harus juga sesuai umur ayam. Anda bisa membuat pakan tersebut menggunakan mesin pembuat pakan ayam.

Pemberian Minum Pada Anakan Ayam

dalam pemberian minum ayam harus di perhatikan kebersihan dan tempat dan wadah sebaik nya pemilihan minum ayam yang di gantung agar sesuai pengunaan dan tidak mudah masuk hewan lain nya atau bekas pakan nya sebaik nya anda berikan vitamin pada minum ayam berupa vitacik yang ada di toko peternakan terdekat anda

apabila saat musin penghujan daya tahan tubuh ayam menurun baik nya anda tmabhkan perasan jahe agar hangat dan tak lupa tambahkan lampu yang berukuran sedang agar anakan ayam menjadi hangat saat malam hari.

sekian dari saya tips cara ternak ayam bangkok agar sukses semoga anda dapat menerapkan cara di atas agar anda berhasil dalam beternak ayam bangkok.

About Pher jaya

Check Also

Dana Sawit Bisa untuk Mandatori Biodesel Solar Nonsubsidi

Pemerintah menyebut revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 61 Tahun 2015 perihal Penghimpunan dan Pemanfaatan Dana …