Home / Kesehatan / Pengobatan dan Pencegahan Rambut Rontok

Pengobatan dan Pencegahan Rambut Rontok

Saat sebelum lakukan penyembuhan, dokter akan tentukan pemicu rambut rontok. Dokter akan bertanya berkenaan tanda-tanda yang ada, penyakit yang dialami awalnya, dan penyakit yang dialami bagian keluarga lain.

Kemudian, dokter akan lakukan pengecekan fisik, khususnya pengecekan rambut dan kulit kepala. Satu diantaranya dengan menarik rambut untuk menyaksikan berapa banyak rambut yang rontok. Bila dibutuhkan, dokter bisa lakukan pengecekan laboratorium dengan contoh darah, rambut, atau kulit kepala.

Pengatasan Rambut Rontok

Pengobatan dan Pencegahan Rambut Rontok

Sesudah dijumpai pemicunya, dokter kulit akan menyembuhkan rambut rontok sama sesuai pemicunya. Misalkan, pada rambut rontok karena pemakaian obat tertentu dan menggunakan promo shampoo, dokter akan memandang kembali faedah dan resiko obat itu. Jika memang perlu, dokter akan hentikan atau menukarnya dengan obat yang tidak mengakibatkan rambut rontok.

Untuk rambut rontok yang disebabkan karena penyakit autoimun, dokter akan memberinya obat kortikosteroid, baik pada wujud beri atau tablet yang diminum. Jika rambut rontok cuman terjadi sementara, misalkan karena kemoterapi, tidak ada penyembuhan khusus. Dokter cuman akan memberitahukan ke pasien jika rambutnya akan tumbuh kembali sesudah penyembuhan usai.

Jika berasa tidak nyaman dengan performa karena kebotakan, pasien rambut rontok bisa memakai rambut palsu atau wig, dan topi atau penutup kepala.

Untuk pemicu yang tidak bisa ditangani, yakni turunan, langkah-langkah penyembuhan yang bisa dilaksanakan dokter untuk menangani rambut rontok ialah:

Pemberian obat
Obat yang bisa diberi diantaranya:

Obat yang dipakai di kulit kepala
Minoxidil ada berbentuk cairan atau shampo yang dipakai langsung ke kulit kepala. Minoxidil akan menstimuli perkembangan rambut di tempat telah memperlihatkan penipisan atau kebotakan.
Obat yang diminum
Finasteride dan spironolactone ialah obat yang bekerja dengan menghalangi pembangunan hormon di kulit yang mengakibatkan rambut rontok. Finasteride diberi untuk pria. Sedang untuk wanita, diberi spironolactone.
Transplantasi rambut
Proses ini dilaksanakan dengan ambil kulit kepala yang memiliki kandungan benih rambut aktif untuk gantikan tempat kulit kepala yang rontok. Perkembangan rambut baru dari kulit kepala hasil transplantasi akan kelihatan beberapa waktu sesudah perlakuan. Proses transplantasi rambut menjadi opsi untuk orang yang alami kebotakan tetap.

Penangkalan Rambut Rontok
Rambut rontok yang karena turunan tidak dapat dihindari. Tetapi, usaha berikut dapat dilaksanakan untuk menahan rambut rontok yang memacu penipisan rambut:

1. Arif dalam memberi warna rambut

Jauhi mengganti warna rambut, karena perlakuan itu beresiko mengakibatkan rambut rontok. Tetapi bila Anda ingin memberi warna rambut, jauhi bleaching dan peralihan warna yang terlampau mencolok.

2. Tentukan produk perawatan rambut yang sama sesuai

Pakai produk perawatan rambut yang sama sesuai tipe rambut, misalkan shampo untuk rambut kering atau rambut berminyak.

3. Menyisir rambut secara pas

Sisir rambut secara halus dari ujung ke pangkal rambut, supaya minyak dari pangkal rambut menebar sampai ke ujung rambut, dan jauhi menyisir pada kondisi rambut basah.

4. Jauhi pengaturan rambut dengan menarik rambut

Style rambut tertentu, seperti ikat buntut kuda atau sanggul, akan menarik rambut hingga mengakibatkan kerontokan. Disamping itu, rutinitas menarik atau memutar rambut perlu dijauhi untuk menahan rambut rontok.

5. Jagalah rambut dari cahaya matahari

Jagalah rambut dari pancaran cahaya matahari langsung dengan memakai topi. Disamping itu, topi tipe khusus (topi pendingin atau cooling cap) bisa dipakai untuk kurangi rambut rontok karena kemoterapi.

About Pher jaya

Check Also

bed rumah sakit

Hal – Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Matras Bed Rumah Sakit

Apabila anda memiliki anggota keluarga atau kerabat yang sedang sakit dan membutuhkan tempat tidur yang …