Home / Arsitektur / Mengenal Fungsi dan Kegunaan Manhole Cover

Mengenal Fungsi dan Kegunaan Manhole Cover

Fungsi Manhole Cover – Pernahkan Anda mendengar tentang manhole cover besi cor? manhole cover saluran air ialah salah satu komponen saluran air yang memiliki manfaat krusial. Komponen tutup lubang saluran air ini diciptakan dari bahan metal casting atau yang dikenal dengan sebutan dengan Cast Iron. Manhole cover saluran air mempunyai kegunaan utama sebagai tutup lubang pada saluran got. Manhole cover cast iron juga biasa dikenal dengan sebutan tutup bak control.

Satu komponen manhole cover biasanya tersusun menjadi dua bagian yaitu bagian cover dan frame. Manhole cover saluran air yang dibuat ada yang menggunakanmemakai engsel pada tutupnya dan ada yang tidak memakai engsel. Engsel pada manhole cover berfungsi untuk menghubungkan antara frame dan cover yang dibuat agar terhubung dan bisa dibuka tutup. Selain itu, dengan menggunakan engsel frame dan cover tidak akan gampang hilang atau dicuri orang.

manhole cover

Manhole besi cor memiliki sejumlah ukuran dan bisa diproduksi menurut permintaan pemesan. Dimensi ukuran yang dimiliki sering kali disesuaikan dengan dimensi yang dibutuhkan untuk menutup lubang. Lubang dengan ukuran yang besar pada saluran got maka semakin besar juga ukuran manhole tutup drainase yang diperlukan. Begitu pula sebaliknya, Ukuran lubang yang lebih kecil pada saluran drainase maka semakin kecil dimensi manhole cover yang dibutuhkan.

Tidak hanya dimensinya yang beraneka ragam, manhole cover juga memiliki bentuk yang berbeda-beda. Akan tetapi, sejauh ini manhole cover yang beredar di pasaran memiliki dua tipe bentuk yakni manhole cover bentuk segi empat dan bulat.

Untuk manhole besi cor bulat sendiri mempunyai sejumlah desain lagi. Manhole tutup drainase bulat dengan frame dan tutup sama-sama bulat. Dan ada juga manhole tutup drainase bulat dengan frame kotak akan tetapi tutup yang dimilikinya memiliki bentuk bulat. Sedangkan untuk manhole cover besi kotak cuma mempunyai satu jenis variasi saja yakni frame dan tutup sama-sama memiliki bentuk.

Waktu sekarang ini telah banyak sekali perusahaan-perusahaan yang menyajikan berbagai konsep manhole cover. Karena manhole cover biasanya diproduksi mengikuti request, jadi Anda dapat melakukan permintaan desain manhole cover yang dibutuhkan. Selain melakukan permintaan untuk desain manhole covernya, Anda juga bisa request motif, desain dan ukuran manhole cover.

Jika anda ingin memesan manhole cover, Anda dapat menambahkan tulisan dan gambar nama di manhole cover tersebut. Bukan cuma itu saja, Anda juga bisa melakukan request motif yang Anda inginkan seperti motif hewan, tulisan, dan lain sebagainya.

About Pher jaya

Check Also

Tips pasang pipa pemanas air tenaga surya

Pemanas air surya atau pemanas air yang dibantu oleh energi matahari / surya tidak dapat …