Home / Bisnis / Apa Itu Crypto yang Kini Menjadi Trending Topik?

Apa Itu Crypto yang Kini Menjadi Trending Topik?

Cryptocurrency  kini  menjadi  perhatian  bagi  kalangan milenial. Di Indonesia  telah terjadi peningkatan hingga 6,5 juta orang menjadi investor. Crypto adalah mata uang digital yang berbasis pada kriptografi. Kriptografi sendiri adalah sebagai jaminan dan blockchain untuk mengamankan dan memverifikasi  transaksi. Hal ini untuk menghindari double spending. Double spending adalah   membelanjakan aset yang sama dua kali. Aset  kripto sendiri  dapat digunakan untuk transaksi  virtual. 

 

Transaksi Kripto

Kriptografi

Kriptografi   adalah salah satu metode digital yang  dapat digunakan untuk memproteksi  informasi melalui kode – kode tertentu, Hal inilah yang menyebabkan   penggunaan mata uang digital itu tidak dapat dimanipulasikan.

 

Blockchain 

Teknologi  blockchain adalah sebuah sistem yang mencatat  setiap  transaksi   mata  uang kripto ini. Dengan sistem ini maka mata uang  kripto akan digital, terenkripsi dan terdesentralisasi, Artinya tidak dapat dikontrol otoritas keuangan suatu negara. Hal ini menyebabkan  pengontrolan dan pengelolaan mata uang ini  dikendalikan sepenuhnya oleh  pengguna mata uang tersebut.

 

Bitcoin

Bitcoin adalah mata uang  dalam sistem cryptocurrency. Saat ini Bitcoin adalah pemegang mata uang  digital  dengan kapitalisasi atau valuasi pasar terbesar di dunia.

Tipe-tipe Cryptocurrency

crypto  adalah 5

Bitcoin, Ethereum, Binance Coin adalah beberapa dari banyak jenis crypto yang beredar luas. Namun,   berdasarkan tipenya terdapat dua tipe crypto.

Native Coin

Tipe ini adalah aset digital yang dibuat  secara  bersamaan dengan  proses terjadinya blockchain itu sendiri. Misal Bitcoin adalah native coin yang  beredar karena adanya blockchain Bitcoin. Sementara Ether adalah native coin yang ada karena blockchain Ethereum.

Native coin ini dapat dilakukan proses penambangan sebagaimana  komoditas logam. Menambang  dalam  crypto maksudnya adalah    memvalidasi, mengolah dan mengamankan transaksi  terdesentralisasi.  Native coin ini adalah rewards bagi penambang   yang telah berhasil melakukan proses tersebut.

Nilai suatu  coin akan mengikuti hukum ekonomi alias bergantung  pada tingkat ketersediaan dan permintaan yang ada. Bila  banyak yang menggunakannya daripada nilai yang tersedia di pasar, maka  nilainya akan naik dengan sendirinya. Hal ini berlaku dengan sebaliknya.

Token 

Token adalah   surat berharga yang  diterbitkan  dengan menumpang sebagai sebuah project di suatu  blockchain. Token dapat   menjadi digital dari surat berharga, security token atau sebagai utility token.

Kelebihan dan Kekurangan Crypto

Bagaimanapun karena crypto adalah  baru, maka tentu saja  terdapat kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan 

Universal

Artinya di seluruh dunia dapat mengetahui dan menggunakan uang ini. Tidak ada  syarat khusus  untuk memilikinya.

 

Transaksi

Sistem transaksinya pun cepat, hanya dalam hitungan  menit sampai  satu jam  semua transaksi disetujui.

Transparan

Transaksi yang dilakukan dapat tersaji dalam  bentuk angka, tetapi  Anda bisa mengetahui   jumlah  transaksi yang dilakukan oleh siapa. 

Tanggung Jawab

Pemilik uang Crypto bertanggung jawab terhadap kepemilikannya sendiri

Kekurangannya

Rawan Kejahatan

Diindikasikan Banyak orang yang tidak bertanggung jawab menggunakan uang digital ini untuk melakukan kejahatan ilegal,  Masalah utamanya adalah transaksi itu tidak dapat dilacak   sehingga pihak berwajib tidak dapat  mengetahui siapa yang melakukannya.

Password

Jika Anda  lupa dengan passwordnya,maka kemungkinan besar, Anda akan  kehilangan uang digital Anda. Jadi,  jangan pernah melupakan password  akun cryptocurrency Anda.

Ilegal

Masih banyak negara yang menganggap  uang crypto  adalah ilegal  sehingga belum diakui dan  tidak  dapat  digunakan untuk transaksi apapun. Di Indonesia   penggunaan uang Crypto   masalah dalam pengawasan yang ketat.

 

Artikel tentang  crypto adalah  mata uang digital  yang membahas pengetahuan dasar tentang  cryptocurrency semoga dapat membantu Anda   yang baru saja terjun sebagai investor krypto. Anda dapat melihat Website Pintu.co.id untuk  berinvestasi  pada cryptocurrency. Selamat berinvestasi.

 

About Pher jaya

Check Also

Tingkat Pelayanan di Tokopedia Untuk Penjual dan Pembeli

Tingkat Pelayanan di Tokopedia Untuk Penjual dan Pembeli

Pelayanan di Tokopedia – Tokopedia merupakan salah satu situs belanja online terbesar dan terlengkap saat …