Home / Kuliner / Cara Membuat Sempolan Tanpa Daging

Cara Membuat Sempolan Tanpa Daging

Halo sohib-sohib semua… Pada artikel kali ini saya akan membagikan informasi kepada sohib semua cara membuat sempolan tanpa daging. Yup, sempol tanpa pakai daging, mau tahu cara membuatnya? Jika iya, sohib sekalian wajib untuk menyimak artikel ini sampai habis !.

Tapi sebelum itu, saya ingin mengulik dan mendalami sedikit hal yang masih berkaitan dengan sempol, siapa tau di pembahasan kali ini ada informasi yang bisa berguna serta bermanfaat untuk sohib sekalian.

Langsung saja tanpa perlu lagi ada kata beserta dengan basa-basi lagi, kita langsung masuk ke pembahasan hal yang berkaitan dengan sempol.

Sempol

cara membuat sempolan tanpa daging

Sempol adalah makanan jalanan yang enak dan lezat. Banyak orang, tidak hanya anak-anak tetapi juga orang dewasa, menyukainya karena rasanya yang enak,  selain itu juga sangat murah dan terjangkau juga menjadi alasan.

Meski harganya terjangkau, tapi rasanya yang nikmat luar biasa lho, karena banyak orang yang ketagihan dengan sajian ini, sempol ini kemudian bisa menjadi booming. Sehingga kita bisa melihat para pedagang sempol bertebaran di pinggir jalan di daerah manapun.

Namun saat ini banyak orang yang memilih untuk menjual sempol, dan peluang bisnis sempol ini masih sangat diminati hingga saat ini sebagai peluang bisnis. Namun, hal ini tentu membutuhkan usaha khusus untuk menjual semolina produk Anda kepada orang-orang.

Selain itu, untuk memakan sempol ini kita bisa membuatnya sendiri di rumah tanpa menggunakan daging. Kedengarannya menarik, bukan? Tentu saja, dengan membuat sempol tanpa daging, kita bisa membuat sempol lebih mudah.

Cara Membuat Sempolan Tanpa Daging

cara membuat sempolan tanpa daging

Nah, jika sobat semua bingung bagaimana cara membuat sempol tanpa daging, maka sohib semua harus menyimak pembahasan selanjutnya. Nanti saya akan share bahan dan tahapan pembuatannya.

Langsung saja tanpa perlu lagi ada kata beserta dengan banyak basa-basi lagi, berikut pembahasan dari cara membuat sempolan tanpa daging.

Bahan-bahan:

10 sdm tepung tapioka merk apapun
4 sdm tepung terigu merk apa saja
1 potong kacang polong
air panas secukupnya

Bahan untuk bumbu halus:

5 siung bawang putih
1/2 sdt merica bubuk (merk apa saja)
1/2 sdt bubuk (merk apa saja)
Garam secukupnya)

Bahan pelapis:

1 telur
Sedikit garam

Cara membuat tahapan:

  1. Pertama, sohib sekalian bisa menyiapkan wadah dan melanjutkan dengan menambahkan tepung tapioka, tepung, bawang, dan bumbu yang telah dihancurkan sebelumnya. Kemudian aduk hingga semuanya merata.
  2. Setelah tercampur, sohib terus tambahkan garam dan kaldu bubuk sampai rasanya dan rasanya enak.
    Selanjutnya sobat bisa menambahkan air panas sedikit demi sedikit, dan ketika adonan di aduk dengan sendok atau alat sejenis akan terlihat seperti adonan.
  3. Dan jika sudah tidak panas, sohib bisa membentuk adonan dengan tangan dengan cara dipadatkan.
  4. Kemudian ambil sepotong adonan dan tempelkan pada tusuk sate yang sudah disiapkan.
  5. Setelah semua adonan selesai dan semuanya menempel di tusuk sate, lanjutkan memasak panci dan tambahkan air sampai penuh dan didihkan air.
  6. Jika air sudah mendidih, masukkan adonan ke dalam panci dan tunggu hingga adonan mengembang yang menandakan bahwa adonan sudah matang.
  7. Kemudian, ketika adonan sempol sohib sudah matang, keluarkan dan saring untuk mengalirkan semua air.
    Selanjutnya anda siapkan pelapis, lalu lanjutkan dengan menambahkan campuran sempol yang sudah dimasak ke dalam pelapis tersebut hingga semuanya merata.
  8. Setelah semuanya merata, goreng adonan sempol ke dalam minyak panas hingga setengah matang, lalu angkat dan terus celupkan kembali telur, lalu goreng hingga matang atau berwarna kuning keemasan.
  9. Jika muncul warna kuning keemasan, sempol bisa mengangkatnya lalu membuangnya terlebih dahulu. Dan sempol siap dihidangkan.

Hal unik Sempol

Tahukah sobat, jika sempol ini unik, sekarang saya ingin membahas beberapa hal yang khusus untuk semua sempol ini.

Mudah ditemukan

Hal unik pertama yang akan saya bahas adalah sangat mudahnya menemukan hidangan sempol. Anda dapat menemukan hidangan atau hidangan sempol ini di berbagai tempat di mana orang banyak berkumpul.

Anda juga bisa menemukan penjual masakan sempol ini di dekat sekolah, kampus, pabrik atau tempat umum lainnya. Pada dasarnya, target penjualan atau pasar utama dari banyak pedagang kaki lima biasanya adalah kalangan remaja.

Banyak pilihan

Biasanya dicampur dengan ayam cincang dari adonan jajanan sempol. Namun, saat ini ada banyak orang yang mengubah hidangan ringan semolina ini dan membuat versi.

Tahu, wortel, udang, ikan, dll. Ada hidangan sempol yang bisa Anda gunakan. Ada juga yang menambahkan mi ke camilan sempolnya.

Ada juga penjual masakan sempol ini yang mengganti daging ayam cincang dengan kaldu ayam yang memang didesain untuk mengawetkan masakan sempolanya dengan rasa ayam, namun dengan harga yang terjangkau.

Ada juga penyajian snack sempol ini dari segi penyajiannya. Ada yang disajikan dengan saus kacang, saus sambal, saus tomat, saus keju, dan ada juga yang menggunakan mayonaise dalam penyajiannya.

Akhiran

Itulah tadi pembahasan dari artikel yang berkaitan serta berhubungan dengan cara membuat sempol tanpa daging yang mungkin bisa bermanfaat untuk sohib-sohib sekalian.

Dan juga kalian jangan lupa untuk mengunjungi artikel lainnya yang ada di website ini ya !, karena artikel yang terdapat disana tidak kalah unik dan menarik untuk disimak, sampai jumpa and see u guys at another article !.

About Pher jaya

Check Also

Jual Mixer Spiral, Mesin Pengaduk Adonan Kue Andalan

Mixer Sinmag 15 Liter, Mesin Pengaduk Adonan Kue Andalan

Mixer merupakan alat yang digunakan untuk mengaduk adonan. Mesin ini banyak digunakan oleh ibu rumah …