Home / Uncategorized / Cara Mengolah Sampah Rumah Tangga

Cara Mengolah Sampah Rumah Tangga

Kurangnya pendidikan tentang cara menangani limbah juga berarti bahwa orang membakar lebih banyak limbah rumah tangga yang berbahaya. Dari Hallosehat.com, sampah yang dibakar akan menghasilkan bahan kimia yang dapat dilepaskan ke udara dan menyebabkan pencemaran lingkungan. Karbon monoksida dan formaldehida (formalin) ini adalah dua produk yang berkontribusi paling besar dalam pembakaran yang menyebabkan sebagian besar penyakit pernapasan. Nah kali ini kami akan memberikan cara mengolah sampah rumah tangga yang benar dan juga cek mesin pencacah kompos untuk mempermudah membuat kompos kalian

cara mengolah sampah rumah tangga yang benar

Cara Mengolah Sampah Rumah Tangga

Pengelolaan sampah dapat membantu melindungi lingkungan kita

Sampah organik berasal dari makanan yang kita konsumsi, seperti kulit sayur dan buah, kulit telur, tulang ikan, tulang ayam dan sebagainya. Sementara sampah anorganik sudah menjadi sampah seperti plastik, karton, kertas bahkan barang elektronik.

Oke bagaimana saya harus memprosesnya sekarang?

1. Pisahkan sampah organik dan anorganik

Yang pertama berikan 2 tempat sampah untuk sampah bahan organik dan sampah bahan anorganik. Selain itu, pisahkan sampah kering agar nantinya dapat didaur ulang tanpa terlihat kotor atau bau.

2. Ganti alas tempat sampah menjadi koran atau kardus

Pasti dari kalian banyak yang bertanya tanya bagaimana sih cara mengganti plastik yang sudah biasa digunakan di kehidupan sebagai alas sampah, atau bagaimana cara mengolah sampah rumah tangga yang benar? Jika sampah dipilah dengan benar, kita tidak lagi membutuhkan tikar plastik. Kita bisa membuang koran, kardus atau bahkan tanpa pembalut langsung ke tempat sampah.

3. Ubah sampah organik menjadi kompos

Cara paling ramah lingkungan untuk mengolah sampah organik rumah tangga adalah dengan mengolahnya menjadi kompos kebun. Jika Anda tidak suka berkebun, Anda masih bisa menyumbangkan kompos ke organisasi yang bergerak di bidang perkebunan, nanti limbah ini akan lebih bermanfaat.

4. Daur ulang sampah anorganik kering

Anda dapat menggunakan D.I.Y. Selain itu, Anda juga bisa memilah sampah plastik tertutup seperti botol plastik daur ulang dan sampah plastik terbuka yang diparut menjadi biji plastik. Sampah itu nantinya akan diberikan ke bank sampah terdekat.

5. Berikan sisa minyak goreng bekas ke pusat pengolahan minyak

Jangan pernah menuangkan minyak ke saluran pembuangan dapur. Minyak minyak sisa yang berasal dari minyak yang dibuang ke wastafel ini dapat menyumbat pipa dan, lebih buruk lagi, mencemari saluran air di seluruh kota. Minyak goreng bekas ini dapat disumbangkan dengan cara didinginkan terlebih dahulu dan dimasukkan ke dalam wadah agar biodiesel menjadi lebih bersih. Coba salah satu instansi yang mengolah minyak goreng bekas di belijelantah.com.

6. Penanganan limbah berbahaya

Jangan membuang benda atau barang berbahaya yang mengandung bahan kimia, seperti baterai atau tinta printer, ke tempat sampah biasa. Pisahkan jenis sampah ini dan bawa langsung ke pusat daur ulang agar bisa dibuang dengan benar.

7. Minimalkan penggunaan plastik atau sampah lainnya

Hal termudah yang sebenarnya bisa kita lakukan adalah mengurangi produksi sampah sebanyak mungkin. Misalnya, ketika Anda pergi ke pasar membawa tas belanja sendiri dan ketika Anda pergi membawa peralatan makan atau minum sendiri agar plastik tidak terbuang percuma. Karena sedikitnya sampah berdampak besar bagi lingkungan kita.

Belajar mengolah sampah rumah tangga tidak hanya baik untuk lingkungan, tetapi juga dapat mengasah kreativitas kita dan meningkatkan kesadaran akan barang yang kita beli. Mari kita berubah bersama dan mengejar mimpi bumi yang hijau dan bebas sampah.

 

Sekian artikel kami semoga bermanfaat untuk kita semua dan jika ada salah mohon maaf dan cek juga web rumah mesin untuk mesin mesin berkualitas tinggi lainnya

About Pher jaya

Check Also

Manfaat Sabut Kelapa Sebagai Media Tanaman

Manfaat Sabut Kelapa Sebagai Media Tanaman

Manfaat sabut kelapa sebagai media tanaman, dapat memperbaiki drainase tanah pada tanaman sekaligus membantu mempertahankan …