Home / Techno / Apa Itu Low Voltage? Simak Penjelasannya Disini

Apa Itu Low Voltage? Simak Penjelasannya Disini

Banyak pemilik rumah yang mengira jika listrik dengan tegangan tinggi bisa merusak perlengkapan rumah tangga. Nyatanya tegangan rendah atau disebut dengan low voltage juga bisa menyebabkan masalah untuk perlengkapan listrik, bahkan bisa juga menyebabkan kebakaran.  Low voltage sendiri merupakan konsep dasar yang mengarah pada tingkat daya listrik yang rendah dibandingkan biasanya. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperbaiki masalah tersebut agar mencegah sesuatu yang bisa membahayakan nantinya.

Apa arti dari low voltage?

Low voltage atau bisa juga disebut sebagai tegangan listrik rendah mempunyai penurunan yang tak terduga di dalam rangkaian listrik. Biasanya, penyebabnya terjadinya tegangan listrik menurun adalah kerusakan saklar, impedansi alami dari konduktor, resistansi tinggi, kabel cabang yang ada di rangkaian listrik tersebut. Timbulnya kebakaran pada kondisi tegangan listrik menurun terjadi karena masalah tidak diselesaikan tepat waktu, adanya ampere yang tinggi dengan isolasi yang tidak memadai. Low voltage juga bisa menyebabkan komponen meleleh dan menyebabkan kerusakan alat.

Bagaimana mencegah terjadinya low voltage di rumah?

Untuk mencegah terjadinya kerusakan perlengkapan karena adanya kondisi low voltage, seharusnya permasalahan tersebut harus segera diselesaikan. Ada beberapa hal yang bisa anda coba sebagai tindakan pencegahan sebagai berikut.

Menggunakan jaringan listrik berkualitas

Menggunakan jaringan tenaga listrik yang sesuai standar dan berkualitas menjadi cara yang bisa anda coba untuk mencegah terjadinya tegangan rendah di dalam bangunan, gedung, atau rumah. Hal tersebut memberikan pengaruh karena sistem listrik di dalam bangunan atau rumah masih dalam kondisi bagus, namun akan tetap mendapatkan masalah jika jaringan utama listriknya mempunyai tegangan rendah.

Mengatasi fluktuasi tegangan

Ada beberapa banguanan atau rumah yang mempunyai tegangan maksimal namun justru berfluktuasi dari daya tinggi ke rendah. Jika tiba-tiba lampu rumah menjadi berkedip-kedip mungkin tegangan di bangunan tersebut mengalami terjadinya fluktuasi dari daya tinggi ke rendah. Biasanya fluktuasi tegangan tidak menjadi masalah besar karena banyak distributor listrik seperti Galleoncy sudah menerapkan berbagai tindakan pengamanan. Misalnya pihak atau jasa instalasi listrik sudah memastikan jika instalasi tugas berat tidak terhubung ke jaringan low voltage.

About Pher jaya

Check Also

Jangan Coba Install Aplikasi Edit Foto ini Jika Tidak Ingin Data Kamu Dicuri

Tindak kejatan di dunia maya semakin meningkat. Begitu pula dengan cara-cara yang digunakan oleh para …