Home / es doger / Cara Membuat Es Doger Santan

Cara Membuat Es Doger Santan

Hallo, siapa yang tidak tahu minuman es doger? minuman segar yang sangat pas di lidah, apalagi di minum saat cuaca sedang panas menambah kesegarannya looh… nah bagi pecinta minuman ini, pas banget loh kita akan membahas cara membuat es doger santan dengan bahan bahan dan cara pembuatan yang mudah.

Apa Itu Es Doger?

Cara Membuat Es Doger Santan

Es doger? Siapa yang tak kenal dengan salah satu minuman khas indonesia yang cukup populer di kalangan masyarakat ini? Es ini merupakan jenis minuman yang sangat populer serta sangat di tunggu kehadirannya. Sungguh rasa yang ditawarkan dari es doger ini memang tampil enak dan begitu menggoda untuk minum.

Es doger adalah kepanjangan dari kata Es Dorong Gerobak. Saat itu es doger di sajikan hanya untuk melegakan tenggorokan karena memang sedikit sulit untuk mendapatkan minuman dingin.

Seiring berjalannya waktu, es doger semakin di kenal masyarakat luas. Es doger juga mulai disajikan sebagai salah satu hidangan es dalam berbagai acara.

Kesegaran yang ditawarkan dari es doger memang menjadi salah satu penikmat minuman bagi para penggemarnya. Minuman menyegarkan sebagai pelepas dahaga memang akan terasa lebih nikmat jika disajikan saat kehausan dan dikala cuaca sedang panas-panasnya.

Jika menginginkan pembuatan es doger dengan kualitas hasil es yang terbaik, maka disarankan untuk menggunakan buah kelapa dengan daging yang tebal, juga dengan ketan hitam dan tape singkong dengan pilihan yang segar. Selain itu kelapa parit yang digunakan juga tidak terlalu tua sehingga rasanya lebih gurih.

Baik itu dari kalangan masyarakat menengah ke bawah, hingga masyarakat menengah ke atas. Penggemarnya yang banyak memang memberi peluang usaha menjual es doger, menjadi pilihan usaha yang menguntungkan.

Usaha es doger juga menjadi suatu usaha yang cocok untuk lokasi yang ramai seperti di pinggir jalan, di mall, di pasar, di sekolah, di kampus, dan berbagai lokasi yang cukup ramai lainnya. Tapi tahukah kamu sejarah es doger, sampai inovasinya hari ini? kalau belum tau, mari simak informasi di bawah ini ya!

Sejarah Es doger

Sebenarnya tidak ada catatan sejarah mengenai ciri khas minuman dingin ini. menurut beberapa informasi yang di dapatkan, minuman yang di kenal dengan nama es doger ini berasal dari kota Cirebon.

Informasi ini sebenarnya tidak terlalu akurat. Pasalnya, warga Betawi juga pernah menggunakan minuman ini pada masa lalu. Warga Betawi biasanya menggunakan minuman ini untuk acara seperti khitanan.

Mengenai asalnya, jenis es ini layak untuk didiskusikan. Ada yang bilang dari daerah Bandung, Cirebon, atau asli dari Betawi. Yang pasti kemunculan ini memberikan angin segar bagi para penikmat minuman dingin.

Arti Nama Es Doger

Dahulu, es doger hanya es serut yang di jual pikulan. Namanya pun hanya es serut, tak ada yang sepesial dari nama itu. Tetapi karena adanya inisiatif untuk mulai menjual dengan menggunakan gerobak, selanjutnya nama es serut ini berubah menjadi es doger. yang mana es doger sendiri merupakan singkatan dari kata Dorong Gerobak.

Inovasi Terbentuknya Es Doger

Dengan berubahnya nama es serut menjadi es doger, maka berubah pula rupa es doger, Es doger yang tadinya hanya berisi tapai, susu, santan, ketan hitam, dan pacar cina, kini ditambahkan banyak bahan lainnya. Termasuk buah dan potongan roti tawar. Kemudian di atas yang beri serutan es dengan sirup merah dan susu.

Bahkan seiringnya waktu, es doger tersedia dalam kemasan. Kehadiran es doger sebagai minuman Ready To Drink  merupakan trobosa inovasi untuk kategori minuman es doger dalam kemasan. Produk keluaran PT Cocomas Indonesia ini, di jual dengan harga Rp 5.500/pack pada tahun 2017 lalu.

 

Cara Membuat Es Doger Santan

Bahan-bahan m embuat es doger santan :

  • 1 liter santan
  • 150 gram gula pasir
  • 100 gram pacar cina (rebus hingga matang0
  • sdt garam
  • 1 bungkus  tape singkong (potong potong hingga berbentuk dadu)
  • 2 sdm perisa es doger
  • 1 bungkus tape ketan
  • 4 sdm kental manis
  • 1 buah alpukat (kerok daging buahnya menggunakan sendok)
  • 2 helai roti tawar 

Cara membuat es doger santan :

  • Campurkan santan, gula dan garam ke dalam panci dan masak dengan api sedang hingga mendidih.
  • Pastikan masakan selalu diaduk agar santan tidak menggumpal atau pecah.
  • Setelah itu bersyukurlah perisa es doger ke dalam adonan secukupnya.
  • Jika sudah matang, pindahkan ke wadah dan diamkan hingga dingin.
  • Kemudian masukkan ke dalam  freezer  selama dua jam.
  • Jika santan sudah keras sempurna, keluarkan dari  freezer  dan serut ke dalam wadah kosong.
  • Roti tawar dipotong dadu atau potong ke beberapa bagian kecil.
  • Lalu tambahkan tape singkong, tape ketan, potongan roti tawar, kental manis , pacar cina, alpukat ke dalam wadah.
  • Es doger santan siap di sajikan!

 

Ciri Ciri Santan Kelapa Yang Masih Bagus

  •  Tidak bau tengik
  •  Rasanya gurih dan sedikit manis
  •  Tidak pecah/memisah ketika dimasak

 

Manfaat Santan Kelapa

Cara Membuat Es Doger Santan

1. Berat Menurunkan Badan

Santan mengandung trigliserida rantai menengah (MCT) yang dipercaya oleh para peneliti dapat menurunkan berat badan. MCT dapat memicu produksi energi melalui proses yang disebut  thermogenesis  atau produksi panas. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa MCT berperan dalam mengurangi berat badan dan ukuran pinggang. Trigliserida ini juga dapat menyeimbangkan mikrobiota usus yang tidak stabil. Mikrobiota usus yang tidak seimbang adalah pemicu obesitas .

Kemudian, sebuah studi tahun 2015 pada pria yang kelebihan berat badan juga menunjukkan bahwa setelah mengonsumsi makanan yang mengandung MCT saat sarapan, asupan makanan mereka berkurang kemudian hari. 

Sedangkan temuan dari studi 2018 menunjukkan bahwa MCT dapat meningkatkan sensitivitas insulin yang dipercayai banyak peneliti dapat mendorong penurunan berat badan. Insulin adalah hormone yang berperan penting dalam memahami glukosa dan mengontrol gula darah.

2. Menyehatkan Jantung

Penelitian telah dikaitkan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya akan lemak jenuh dapat menyebabkan  kolesterol tinggi  dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Santan adalah salah satu makanan yang dianggap tidak baik untuk kesehatan jantung, karena kandungan lemaknya yang tinggi.

Namun sebenarnya, sumber lemak jenuh yang berbeda dapat memengaruhi tubuh dengan cara yang berbeda. Selain itu, faktor genetik juga berperan dalam bagaimana seseorang memetabolisme lemak jenuh dan sejauh mana lemak tersebut berdampak pada kesehatan.

Sumber penelitian yang meneliti efek santan pada kadar kolesterol masih sedikit. Namun, banyak penelitian telah meneliti efek dari minyak kelapa.

Sebuah studi menemukan bahwa minyak kelapa tidak meningkatkan kolesterol jahat atau kolesterol  low-density lipoprotein  (LDL) secara signifikan, tetapi juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau kolesterol  high-density lipoprotein  (HDL). Namun, penting untuk dicatat bahwa penelitian tersebut berlangsung singkat, yaitu hanya selama 4 minggu dan kurang pemantauan.

Kolesterol “baik” atau HDL dapat melindungi jantung dan menghilangkan kolesterol “jahat” atau LDL dari darah. HDL membawa kolesterol LDL ke hati yang kemudian akan memecahnya dan menghilangkannya dari tubuh.

Minyak kelapa mungkin tidak meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, tetapi cairan yang berasal dari kelapa tersebut mengandung lemak dan kalori yang tinggi, sehingga kamu lebih disarankan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Perlu juga diingat bahwa minyak kelapa mengandung lebih banyak lemak dalam satu kali penyajian daripada santan, yang dapat memberikan efek signifikan pada kadar kolesterol.

3. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Kelapa mengandung lipid yang disebut asam laurat. Kandungan ini memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi, sehingga dipercaya dapat mendukung sistem kekebalan tubuh. Sebuah studi tentang efek antimikroba asam laurat dari kelapa juga menemukan manfaat santan untuk menghambat pertumbuhan bakteri tertentu. 

Dalam studi tersebut, para peneliti mengisolasi berbagai bakteri dan memaparkannya pada asam laurat dalam cawan petri. Hasilnya, mereka menemukan bahwa asam laurat efektif untuk menghambat pertumbuhan  bakteri seperti Staphylococcus aureus , S treptococcus pneumonia,  dan  Mycobacterium tuberculosis .

Sedangkan penelitian lain menemukan bahwa asam laurat memicu apoptosis, yaitu kematian sel pada payudara dan sel kanker endometrium. Temuan ini menunjukkan bahwa asam ini menghambat pertumbuhan sel kanker dengan cara mengaktifkan protein tertentu yang mengatur pertumbuhan sel.

 

Setelah anda mengetahui cara membuat es doger santan anda bisa langsung mempraktekkannya di rumah yaa…

jangan lupa berbagi di keluarga di rumah, semoga berhasil…

About Pher jaya