Home / Mocha Latte / Cara Membuat Mocha Latte Dengan rasa yang enak dan lezat

Cara Membuat Mocha Latte Dengan rasa yang enak dan lezat

kopi mocha latte sering di jumpai di caffe, rasanya yang enak membuat semua orang suka dengan minuman ini, maka dari itu bahkan tak jarang orang orang membuatnya di rumah, nag cara membuat mocha latte ini membantu kamu yang ingin memin kopi mocha latte tanpa harus repot repot nongkrong di caffe, apalagi saat kondisi seperti ini.

 

Pengertian Mocha Latte

Cara Membuat Mocha Latte

Mocha adalah kependekan dari mocha latte atau caffe mocha. Menurut definisi mokamoka dibuat dengan perbandingan cokelat dan espresso yang seimbang. Susu kukus kemudian ditambahkan tetapi dalam jumlah yang lebih sedikit. Biasanya, rasionya adalah ⅖ coklat, ⅖ espresso, dan ⅕ susu.

 

Cara Membuat Kopi Mocca Latte

Latte atau Cafe Latte sering kali dianggap sebagai kopi milky yang lebih terasa susunya dibandingkan dengan Cappuccino. itu memang benar sih, tapi sebenarnya perbedaannya dengan Cappuccino lebih dalam daripada itu. Kunci menghasilkan Latte yang bener-bener mantap terletak pada saat proses steaming susunya (susu dihangatkan dengan uap air, seperti dikukus).

Proses steaming ini tujuannya untuk menghangatkan susu sesuai dengan suhu yang diinginkan dan untuk menghasilkan micro foam.

 

Cara Membuat Mocha Latte

Cara Membuat Mocha Latte

Bahan – Bahan :

  1. Tuangkan susu ke dalam Termos Stainless Steel tutup dengan kencang serta rapat
  2. Setelah itu kocok termos dengan cepat selama satu menit. lakukan kegiatan tersebut berulang sampai susu terlihat berbusa.
  3. Buka penutup termos yang masih berisi susu lalu masukkan ke dalam microwave. Tunggu sampai 30 detik. Susu akan berubah menjadi foam yang kita inginkan dengan sendirinya.
  4. Foam susu siap kita racik

Langkah – Langkah :

  • Siapkan dulu cangkir kopi favoritemu.
  • Tuangkan Espresso hangat dengan bantuan alat kopi yang kamu punya tadi.
  • Keluarkan foam susu dari microwave lalu tuangkan ke dalam cangkir . Usahakan jangan terlalu penuh agar tidak tumpah.
  • Ratakan foam susu dengan menggunakan sendok di tengah cangkir kopi.
  • Untuk bagian pemanisnya, kamu bisa menambahkan cocoa butter maupun cokelat bubuk sebagai garnishnya.
  • Caffe latte & cappuccino siap disajikan bersama senyumanmu.

Baca Juga : Macam-Macam Grinder Kopi dan Spesifikasi Grinder Kopi

 

Manfaat Mocha Latte

Studi terbaru mengklaim bahwa mocha latte mampu meningkatkan lamanya fokus Anda. Hal ini diungkapkan oleh sebuah studi baru dari Clarkson University in New York. Penelitian menemukan bahwa kombinasi kopi dan cokelat di dalam sebuah mocha merupakan perpaduan sempurna yang bisa membantu Anda tetap fokus.

Peneliti Clarkson University, Ali Boolani bekerja dengan University of Georgia untuk menguji efek akut dari mengonsumsi cokelat yang diseduh pada fokus seseorang, motivasi untuk menunjukkan bahwa kemampuan kognitif bekerja, dan merasa gelisah, berenergi dan kelelahan.

Boolani menjelaskan kekuatan mocha: “Cokelat meningkatkan aliran darah ke otak dan perhatian. Kafein sendiri dapat meningkatkan kegelisahan. Bagian dari proyek ini menemukan bahwa cokelat  mengurangi efek gelisah yang diproduksi oleh kafein.

Dalam sebuah studi terakhir hampir setahun lalu, partisipan minum cokelat yang diseduh, cokelat dengan kafein, kafein dengan cokelat atau  minuman panas dengan kafein atau cokelat. Setelah minum minuman tersebut, partisan diminta untuk melakukan atau menyusun tugas yang bisa dilihat bagaimana fungsi kognitif mereka dan memperkirakan mood.

Peneliti menemukan bahwa siapapun yang minum cokelat plain membuat lebih sedikit kesalahan berkaitan berkurangnya perhatian. Tapi kemudian setelah menambahkan kafein kedalam cokelat, efek kognitif meningkat dan efek kegelisahan dengan minum kopi pun berkurang.

“Hasil tes menunjukkan bahwa cokelat dan kafein adalah pilihan yang baik untuk pelajar dan orang lain yang membutuhkan untuk meningkatkan perhatian,” ujar Boolani.

Ini bukan berarti penelitian disponsori dengan  pabrik cokelat Amerika Hershey dan ini tidak mungkin mereka akan melaunching sebuah cokelat kopi kedepannya. Tapi nampaknya cokelat kopi benar-benar bisa menjadi juru selamat Anda.

 

Bagaimana cukup mudah bukan cara membuat mocha latte? selamat mencoba di rumah ya…tetapi jika anda bingung ingin mengelolah biji kopi sangat di sarankan menggunakan mesin grinder kopi karna penggunaaanya cukup mudah dan cepat loh…

About Pher jaya