Home / Kuliner / Cara Buat VCO Sendiri Dirumah Sederhana dan Terjamin Kualitasnya

Cara Buat VCO Sendiri Dirumah Sederhana dan Terjamin Kualitasnya

Cara buat vco sendiri dirumah (Virgin Coconut Oil) berbeda dengan cara membuat minyak kelapa murni. Minyak kelapa punya banyak sekali manfaat, mulai dari kesehatan sampai kecantikan. Meski minyak ini mudah didapatkan, namun tidak ada salahnya untuk mencoba mengolahnya sendiri.

Popularitas minyak kelapa memang meningkat dalam beberapa tahun belakangan ini. Mulai dari produsen kuliner hingga kosmetik seperti berlomba-lomba memakai bahan alami ini ke dalam produk mereka.

Disamping itu, minyak kelapa mengandung asam lemak yang dipercaya dapat memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer. Apalagi cara buat vco sendiri dirumah sebetulnya tidak terlalu sulit. Simak langkah mudahnya dibawah ini..

Cara Buat VCO Sendiri Dirumah

  1. Belah Kelapa
    Cara buat vco sendiri dirumah yang pertama yaitu belah kelapa menggunakan pisau tajam. Anda bisa pakai kelapa tua yang cokelat, bukan kelapa muda warna hijau.
  2. Kikis Daging Kelapa
    Kikis daging dari cangkangnya menggunakan pengikis kelapa, pisau, atau sendok logam yang kokoh. Mengikis daging kelapa memang cukup rumit, sehingga Anda harus melakukannya dengan hati-hati dan cermat.
  3. Potong Daging Kelapa
    Anda dapat memotong daging buah kelapa kecil-kecil atau suwir daging kelapa memakai alat pengerik.
  4. Haluskan
    Masukkan potongan daging kelapa ke dalam food processor atau blender. Nyalakan food processor dengan kecepatan sedang dan haluskan sampai tercampur merata. Jika perlu, tambahkan sedikit air agar membantunya membaur.
  5. Saring Santan
    Letakkan filter kopi atau kain katun tipis di atas toples yang mulutnya lebar. Tuang atau sendokkan sedikit adonan kelapa ke atas kain. Bungkus kain di sekitar adonan kelapa lalu peras santan sampai mengalir kedalam toples.
  6. Peras kuat-kuat, supaya memastikan Anda mendapatkan setiap tetesnya. Ulangi proses ini hingga semua campuran kelapa habis menjadi santan.
  7. Dinginkan
    Diamkan dalam stoples setidaknya selama 24 jam. Saat mengeras, antara santan dan minyak akan terpisah dan lapisan dadih akan muncul di bagian paling atas stoples. Jika diperlukan, dinginkan santan didalam kulkas agar dadih mengeras lebih cepat.
  8. Ambil Dadih
    Sesudah santan dan minyak terpisah, Anda dapat mengambil dadih dengan sendok dan buang dadih tersebut. Tinggal sisakan minyak kelapa murni yang ada di toples. VCO siap digunakan!

Manfaat Minyak Kelapa :

  1. Mengurangi Stres
    Minyak kelapa murni punya sifat antioksidan yang dapat mengurangi stres akibat olahraga, flu kronis serta mengobati beberapa jenis depresi.
  2. Membuat Rambut Berkilau
    Anda juga bisa mencoba mengoleskan minyak kelapa ke rambut untuk meningkatkan kilau dan melindunginya dari kerusakan. Nutrisi pada minyak kelapa akan menembus kulit kepala lebih baik daripada minyak mineral lainnya.
  3. Menutrisi Kulit
    Anda bisa mengoleskannya ke kulit untuk membantu menjaga kelembapan kulit dan juga punya efek anti-inflamasi, sehingga bisa melindungi kulit dari peradangan.
  4. Mengatasi Candida
    Minyak kelapa juga aktif melawan Candida albicans yaitu, jamur penyebab infeksi. Sebab sifat anti-inflamasi yang terkandung pada minyak kelapa.
  5. Mencegah Penyakit Liver
    Permasalah hati pada tikus dalam sebuah uji coba yang diderita mereka yang mengonsumsi minyak kelapa, tampak membaik setelah 4 minggu dibandingkan mereka yang tidak minum. Sehingga disimpulkan minyak ini dapat membantu melindungi fungsi hati.
  6. Kesehatan Gigi
    Oil pulling yakni pengobatan oral tradisional memakai cara mengoleskan minyak di sekitar rongga mulut. Mirip dengan obat kumur modern yang efektif untuk mencegah gigi berlubang, memperbaiki radang gusi, dan memengaruhi keseimbangan bakteri mulut.

Cara Menyimpan Minyak Kelapa

Sekarang Anda sudah tahu tentang cara buat vco sendiri dirumah beserta manfaatnya, lantas berapa lama minyak tersebut akan bertahan? Perlu diingat bahwa minyak kelapa murni buatan sendiri memiliki umur simpan yang relatif pendek.

Beberapa merk organik yang dibeli di toko masih menggunakan jenis pengawet tertentu agar produk bertahan lebih lama. Karena versi buatan sendiri diekstrak perlahan dalam jumlah kecil secara alami, penting untuk menyimpannya dengan benar supaya tidak cepat bau.

Disarankan agar menyimpannya pada wadah kaca tertutup dan letakkan dalam lemari es. Ambil jumlah yang dibutuhkan setiap kali akan digunakan dan tunggu hingga mencapai suhu kamar sebelum diaplikasikan. Baca juga : Termudah! Cara Buat Minyak Kelapa Murni Dengan Segudang Manfaat.

Meski baik untuk tubuh, selalu gunakan minyak kelapa dengan takaran secukupnya dan yang tidak berlebihan. Itulah ulasan mengenai cara buat vco sendiri dirumah beserta manfaatnya. Cukup mudah kan? Semoga bermanfaat, selamat mencoba!

About Pher jaya

Check Also

cara menulis artikel

Cara Menulis Artikel Blog dengan Mudah dan Cepat

Cara Menulis Artikel – Menulis artikel yang keren & berkualitas tentu saja sebagai gantinya perihal …