Home / Uncategorized / Cara Membuat Nasi Uduk

Cara Membuat Nasi Uduk

Cara membuat nasi uduk. Nah di sini pasti anda sedang lagi mencari ide resep nasi uduk yang unik dan lezat? nah nasi uduk merupakan salah satu olahan nasi yang banyak ditemui di seluruh penjuru Tanah Air dan merupakan makanan favorit banyak orang. Berkat rasanya yang gurih, nasi ini cocok dipadukan dengan lauk apa pun. Nasi uduk sendiri berasal dari Betawi. Secara harafiah, penamaan olahan nasi ini selaras dengan cara membuat nasi uduk, yakni nasi yang diaduk dengan bahan lainnya.

Cara membuaut nasi uduk. Nasi uduk berbeda dengan nasi biasa baik dari rasa maupun cara pembuatannya. Jika nasi biasa hanya dimasak dengan menggunakan air, maka nasi uduk dimasak dengan menggunakan air santan kental dan beberapa rempah-rempah untuk menambah kelezatannya. Berkat rasanya yang gurih, banyak orang tertarik untuk mengetahui cara membuat nasi uduk.

Cara membuat nasi uduk. Nasi uduk sendiri merupakan salah satu santapan yang menggugah selera. Apalagi, jika nasi uduk ini disantap bersama ayam goreng lengkuas yang gurih, tempe dan tahu bumbu ketumbar serta sambal terasi yang pedas gurih. Tak hanya menggugah selera, menu ini juga bikin ketagihan. Olahan nasi satu ini biasanya mudah ditemukan di berbagai tempat, mulai dari warung tenda pinggir jalan sampai restoran.

Cara membuat nasi uduk.Lazimnya, nasi uduk menjadi salah satu pilihan yang cukup pas dan enak untuk sarapan. Keunggulan lain dari nasi uduk ialah mempunyai rasa yang gurih dan enak baik disajikan saat hangat maupun dingin. Meski menawarkan aneka kelezatan dalam satu suapan, cara membuat nasi uduk sebenarnya cukup gampang lho. Cara membuat nasi uduk ternyata tidak sesulit dan seribet yang dibayangkan. Kamu bahkan bisa mengolahnya hanya dengan rice cooker.

Cara membuat nasi uduk. Sebelum mengetahui cara membuat nasi uduk dengan rice cooker, ada baiknya kamu mengetahui trik dan tipsnya dalam mengolahnya agar menghasilkan nasi uduk yang gurih dan lezat

1.Nasi Uduk

Cara membuat nasi uduk

Tips cara membuat nasi uduk dengan rice cooker

Perhatikan takaran santan

Cara membuat nasi uduk. Gunakan santan dalam jumlah yang lebih banyak ketimbang nasi uduk yang dibuat dengan cara manual. Perhatikan pula santan yang digunakan. Santan kental akan menghasilkan nasi uduk yang gurih, tapi kurang mekar. Sementara itu, santan encer akan menghasilkan nasi uduk yang kurang gurih, tetapi mekar.

Bila nasi uduk disuguhkan hanya bersama telur suwir, lebih baik gunakan santan kental. Jika lauknya banyak, gunakan santan cair.

Jangan langsung buka penutup rice cooker, ketika nasi sudah matang

Cara membuat nasi uduk dengan rice cooker selanjutnya, jangan terburu-buru untuk membuka penutup rice cooker ketika nasi sudah matang. Tunggu sampai uapnya hilang. Barulah buka penutup rice cooker. Apabila tutup rice cooker terlalu cepat dibuka, maka uapnya akan keluar. Hasilnya, nasi akan cepat keringnya.

Cara membuat nasi uduk. Setelah nasi hilang uapnya, kamu bisa membuka tutup rice cooker. Aduklah nasi hingga gembur. Tutup lagi rice cooker dan biarkan selama 5-10 menit hingga nasi uduk benar-benar matang.

Pilihlah jenis beras yang baik dan pulen.

Cara membuat nasi uduk. Sebaiknya, cuci beras dan rendam selama kurang lebih 5-10 menit agar lebih cepat matang.Pastikan takaran beras dan santannya pas, yakni 1:2

Itulah tips cara membuat nasi uduk dengan rice cooker yang tepat. Selanjutnya yuk langsung praktek membuat nasi uduk sendiri di rumah dengan menggunakan rice cooker. Berikut ini Liputan6 ulas cara membuat nasi uduk dengan rice cooker yang enak dan praktis.

About Pher jaya

Check Also

Resep Sumpia Udang Kering Yang Enak  dan Lezat

Resep Sumpia Udang Kering Yang Enak  dan Lezat

  Apakah kalian mengetahui sumpia? Mungkin banyak diantara kita belum memahami betul apa itu sumpia …