Home / Bisnis / Cara Membuat Basreng Kering, Apa Saja Bahannya?

Cara Membuat Basreng Kering, Apa Saja Bahannya?

Cara membuat basreng kering menjadi salah satu tips cara membuat camilan basreng yang bisa di coba, selain mudah di dapat bahannya, cara membuat nya juga termasuk mudah.

Di Sunda Bandung Jawa Barat banyak sekali jajanan yang menggunakan nama singkatan dari bahan yang digunakan.

Misalnya cireng atau aci digoreng, cilok atau aci yang cara makannya dicolok. Ada lagi basreng ikan tenggiri, basreng ayam, dan basreng sapi disingkat menjadi nama basreng.

Untuk pelengkap bisa gunakan sambal cobek jadilah basreng cobek yang populer dan terkenal menjadi bahan camilan di Bandung.

Selain itu ada keripik basreng bumbu rujak pedas, balado, karamel, basreng maicih level 1-10, basreng karuhun, basreng kiloan, dll.

 

Apa Itu Keripik Basreng?

Kerupuk/Keripik Basreng adalah singkatan dari bakso goreng kering renyah crispy yang garing kriuk.
Basreng super pedas terbuat dari adonan baso ikan tenggiri atau tanpa ikan, bukan baso sapi, yang digoreng garing secara tradisional menggunakan kayu bakar dengan campuran ramuan bahan alami.
Sehingga menghasilkan keripik basreng yang renyah, gurih dan tahan lama tanpa menggunakan pengawet serta beraroma khas daun jeruk.
Rasa super pedas didapat dari ramuan cabai asli bukan cabai bubuk (chilli powder), sehingga menghasilkan rasa pedas yang alami, serta warna merah yang juga alami tanpa pewarna buatan atau pewarna makanan.
Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi basreng kering super pedas renyah crispy krenyes garing kriuk sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri dan untuk jualan ide usaha bisnis keripik basreng aneka rasa ekonomis harga murah meriah.

Resep Cara Membuat Basreng Kering

Bahan :

  • Bakso ikan tenggiri yang asli dan segar
  • Cabai, bawang merah, bawang putih, kencur, garam, daun jeruk dihaluskan
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat :

  1. Bakso ikan jangan langsung dipotong karena masih agak lembek. Biarkan bakso dalam suhu ruangan selama 2 hari baru dipotong sesuai dengan bentuk yang kita inginkan agar hasilnya baik.
  2. Goreng bakso dalam minyak goreng yang berkualitas denganminyak yang tidak terlalu panas agar dihasilkan basreng pedas yang renyah dan mekar.
  3. Setelah mekar, angkat basreng dan dalam kondisi masih panas langsung taburi dengan campuran bumbu yang sudah kita buat sebelumnya agar bumbu tersebut menempel pada basreng.
  4. Dinginkan dansimpan dalam wadah tertutup.

Keunggulan dari Basreng ini :

  1. Rasa renyah dan gurih yang tiada duanya karena berbahan dasar ikan tenggiri dengan proses penjemuran dan pengeringan yang canggih.
  2. Tidak berbau / tengik dan tahan lama karena dibuat dari bakso yang asli dari aneka olahan bakso yang bersih dan tanpa bahan pengawet.
  3. Tahan lama karena digoreng dengan minyak yang bagus.
  4. Rasa pedas alami karena berasal dari cabe segar bukan cabe bubuk.
  5. Warna merah alami bukan dari pewarna buatan karena didapat dari cabai alami.

 

Cara Memulai Usaha Dari Cara Membuat Basreng Kering

Usaha basreng sebenarnya bisa dimulai dengan langkah yang sangat mudah. Dimana usaha basreng bisa diawali dengan modal yang tidak terlalu besar. Basreng juga termasuk produk camilan yang begitu banyak diminati dimasyarakat. Basreng menjadi sebuah camilan ringan yang begitu mudah diproduksi, yangmana pengolahannya begitu simpel dan mudah. Dalam mengolah basrengjuga membutuhkan berbagai peralatan rumah tangga. Usaha basreng juga sangat sesuai dijalankan oleh siapa saja bagi Anda yang ingin memperoleh keuntungan yang cukup menjanjikan disetiap harinya.

 

Prospek Menjalankan Usaha Basreng

Usaha basreng juga bisa dikatakan sangat cemerlang sehingga sangat bagus untuk kedepannya. Memanfaatkan peluang usaha basreng juga menjadi sebuah pilihan usaha yang tepat karena begitu menjanjikan jika dijalankan. Usaha basreng juga banyak sekali diminati dimasyarakat. Hal ini disebabkan dengan melihat olahan basreng yang memiliki banyak penggemar dimasyarakat. Usaha basreng juga sangat tepat sekali untuk dikembangkan. Keberadaan camilan ringan basreng sebenarnya sudah ada sejak lama namun hingga saat ini usaha basreng tetap saja populer dimasyarakat. Usaha basreng juga tidak pernah sepi dari pelanggan sehingga membuat bisnis basreng begitu sangat menjanjikan.

 

Bahan Baku Dari Cara Membuat Basreng Kering

Jika Anda ingin memulai menjalankan usaha basreng juga perlu menyediakan bahan baku. Usaha basreng tidak bisa berjalan tanpa adanya bahan baku. Berbagai bahan baku yang digunakan dalam membuat basreng diantaranya bakso sapi, minyak goreng, bumby cabe rawit, bumbu keju, daun jeruk maupun penyedap rasa. Supaya nantinya bisa mendapatkan basreng dengan cita rasa yang lebih nikmat maka perlu memilih bahan baku yang tepat serta berkualitas. Sebenarnya untuk mendapatkan bahan baku untuk membuat basreng juga begitu sangat mudah. Bahan baku tersebut kini sudah bisa didapatkan melalui toko terdekat maupun di pasar tradisional.

 

Harga Jual Basreng

Ketika Anda ingin mematok harga jual basreng juga perlu menghitung biaya yang dikeluarkan sebelumnya yang dipakai untuk membeli beberapa bahan untuk membuat basreng itu sendiri. Basreng termasuk olahan makanan yang sering dijumpai di berbagai tempat dan memiliki harga yang cukup terjangkau. Sehingga jika ingin menentukan harga jual basreng maka Anda perlu menyesuaikannya dengan harga yang telah ada. Anda bisa mematok harga jual basreng Rp. 6.00 0 dalam satu bungkus. Dengan pematokan harga camilan basreng yang tidak terlalu tinggi juga dapat menarik minat dari konsumen yang lebih besar.

 

Lokasi Usaha Basreng

Saat Anda ingin memulai usaha basreng juga perlu mencari lokasi yang ramai supaya mudah dikenal oleh masyarakat luas, maka perlu menentukan sebuah lokasi untuk berjualan yang tepat. Penentuan tempat untuk berjualan tentu bisa mempermudah dalam memasarkan basreng di masyarakat. Penentuan tempat yang akan dipakai untuk berjualan makanan basreng juga harus dipastikan dengan benar supaya nantinya dapat mudah mendapatkan konsumen. Dalam memilih lokasi tempat untuk berjualan basreng, kami sarankan untuk memilih tempat yang memiliki tingkat keramaikan yang cukup tinggi sehingga nantinya bisa membuat target pemasaran basreng bisa berjalan dengan lancar. Beberapa tempat yang memiliki tingkat keramaian tinggi diantaranya berada di pinggir jalan, dekat kampus, dekat tempat rekreasi, sekolahan, pusat perbelanjaan, dekat kos -kosan dan beberapa tempat strategis yang lain.

 

Pemasaran Usaha  Dari Cara Membuat Basreng Kering

Agar keberadaan usaha basreng yang Anda jalankan mudah dijangkau dan dikenali masyarakat luas maka perlu dilakukan promosi. Dimana promosi juga bisa dilakukan dengan berbagai cara. Anda bisa membuat spanduk atau banner dengan menggunakan kata-kata yang unik yang disertai dengan gambar yang menarik dan di letakkan di depan Anda berjualan. Dengan begitu tentu bisa membuat usaha basrengyang dijalankan mudah menggait minat dari banyak orang. Supaya pemasaran usaha basreng bisa maksimal, maka Anda juga perlu memperhatikan kualitas dan cita rasa olahan camilan yang Anda produksi.

 

Analisa Usaha Basreng

Asumsi

  • Masa penggunaan pada : etalase/gerobak dalam jangka selama 4.5 tahun
  • Masa penggunaan pada : wadah dalam jangka selama 3.5 tahun
  • Masa penggunaan pada : baskom dalam jangka selama 3.5 tahun
  • Masa penggunaan pada : panci dalam jangka selama 3.5 tahun
  • Masa penggunaan pada : wajan dalam jangka selama 4 tahun
  • Masa penggunaan pada : peralatan penggoreng dalam jangka selama 3.5 tahun
  • Masa penggunaan pada : kompor dan tabung gas dalam jangka selama 3.5 tahun
  • Masa penggunaan pada : mesin pengaduk bumbu dalam jangka selama 4.5 tahun
  • Masa penggunaan pada : mesin hand sealer dalam jangka selama 4.5 tahun
  • Masa penggunaan pada : pisau dalam jangka selama 3 tahun
  • Masa penggunaan pada : piring dalam jangka selama 3.5 tahun
  • Masa penggunaan pada : sendok dalam jangka selama 3.5 tahun
  • Masa penggunaan pada : garpu dalam jangka selama 3.5 tahun
  • Masa penggunaan pada : meja dalam jangka selama 3.5 tahun
  • Masa penggunaan pada : nampan dalam jangka selama 3 tahun
  • Masa penggunaan pada : serbet dalam jangka selama 3 tahun
  • Masa penggunaan pada : peralatan tambahan lain dalam jangka selama 3 tahun

 

Investasi

Peralatan  Harga 
 Etalase/gerobak  Rp. 1,129,500
 Wadah  Rp. 97,500
 Baskom  Rp. 100,000
 Panci  Rp. 107,500
 Wajan  Rp. 125,500
 Peralatan penggoreng  Rp. 80,000
 Kompor dan tabung gas  Rp. 235,000
 Mesin pengaduk bumbu  Rp. 300,000
 Mesin hand sealer  Rp. 250,000
 Pisau  Rp. 50,000
 Piring  Rp. 116,500
 Sendok  Rp. 76,000
 Garpu  Rp. 67,000
 Meja  Rp. 112,000
 Kursi  Rp. 109,000
 Nampan  Rp. 65,400
 Serbet  Rp. 33,700
 Peralatan tambahan lain  Rp. 58,900
 Jumlah Investasi  Rp. 3,113,500

 

Biaya Operasional per Bulan
 Biaya Tetap  Nilai
 Penyusutan etalase/gerobak 1/54 x Rp. 1,129,500  Rp. 20,917
 Penyusutan wadah 1/42 x Rp. 97,500  Rp. 2,321
 Penyusutan baskom 1/42 x Rp. 100,000  Rp. 2,381
 Penyusutan panci 1/42 x Rp. 107,500  Rp. 2,560
 Penyusutan wajan 1/48 x Rp. 125,500  Rp. 2,615
 Penyusutan peralatan penggoreng 1/42 x Rp. 80,000  Rp. 1,905
 Penyusutan kompor dan tabung gas 1/42 x Rp. 235,000  Rp. 5,595
 Penyusutan mesin pengaduk bumbu 1/54 x Rp. 300,000  Rp. 5,556
 Penyusutan mesin hand sealer 1/54 x Rp. 250,000  Rp. 4,630
 Penyusutan pisau 1/36 x Rp. 50,000  Rp. 1,389
 Penyusutan piring 1/42 x Rp. 116,500  Rp. 2,774
 Penyusutan sendok 1/42 x Rp. 76,000  Rp. 1,810
 Penyusutan garpu 1/42 x Rp. 67,000  Rp. 1,595
 Penyusutan meja 1/48 x Rp. 112,000  Rp. 2,333
 Penyusutan kursi 1/48 x Rp. 109,000  Rp. 2,271
 Penyusutan nampan 1/36 x Rp. 65,400  Rp. 1,817
 Penyusutan serbet 1/36 x Rp. 33,700  Rp. 936
 Penyusutan peralatan tambahan lain 1/36 x Rp. 58,900  Rp. 1,636
 Gaji karyawan  Rp. 800,000
 Total Biaya Tetap  Rp. 865,039

 

Biaya Variabel
 Bakso sapi  Rp. 80,000  x 30  =  Rp. 2,400,000
 Minyak goreng  Rp. 25,000  x 30  =  Rp. 750,000
 Bumbu cabe rawit  Rp. 10,000  x 30  =  Rp. 300,000
 Bumbu keju  Rp. 10,000  x 30  =  Rp. 300,000
 Penyedap rasa  Rp. 5,000  x 30  =  Rp. 150,000
 Daun jeruk  Rp. 5,000  x 30  =  Rp. 150,000
 Biaya sewa tempat  Rp. 14,000  x 30  =  Rp. 420,000
 Biaya air dan listrik  Rp. 16,000  x 30  =  Rp. 480,000
 Total Biaya Variabel  Rp.  Rp. 4,950,000

 

Total Biaya Operasional
 Biaya tetap + biaya variabel =  Rp. 5,750,000

 

Pendapatan per Bulan
50  Bungkus  x  Rp. 6,000  =  Rp. 300,000
300,000  x 30  hr  =  Rp. 9,000,000

 

Keuntungan per Bulan
 Laba    =  Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
 Rp. 9,000,000  –    5,750,000  =  Rp. 3,250,000

 

Lama Balik Modal
Total Investasi / Keuntungan  =  Rp. 3,113,500  : 3,250,000  = 1  bln

About Pher jaya

Check Also

pabrik kain non-woven

Mengenal Jenis Kain Non-woven Dalam Industri Tekstil

Di berbagai penjuru wilayah saat ini sudah banyak ditemukan pabrik kain non-woven maupun woven. Masyarakat …