Home / Uncategorized / Tips Membuat Arum Manis yang Tidak Mudah Lengket

Tips Membuat Arum Manis yang Tidak Mudah Lengket

Zaman yang semakin modern ini, banyak para penjual ataupun produsen arum manis yang membuatnya dengan berbagai macam. Ada yang membuatnya secara manual, menggunakan alat tradisional bahkan ada juga yang sudah menggunakan mesin pembuat arum manis yang modern. Akan tetapi, karena perkembangan zaman ini membuat banyak pedagang arum manis memproduksinya menggunakan mesin pembuat arum manis modern. Karena dengan menggunakan mesin modern tersebut lebih praktis daripada menggunakan cara lainnya. Juga dapat untuk meminimalisir arum manis yang meleleh dan juga lengket. Selain penggunaan mesinnya, ternyata juga ada tipsnya loh. Simaklah artikel ini yang akan membahas tips membuat arum manis yang tidak mudah lengket.

Arum Manis

Tips Membuat Aum Manis

Pada perkembangan zaman yang semakin modern ini juga dapat membuat varian arum manis mulai berkembang. Entah itu dari rasa, warna, bentuk dan juga kemasannya. Rasa dari arum manis sekarang tidak hanya rasa manis saja, tetpi ada rasa masam, buah-buahan, dan rasa kopi juga ada. Untuk wara, dulu arum manis hanya berwarna putih saja. Tetapi kini pembuatan arum manis bisa ditambah dengan pewarna makanan alami sehingga dapat membuat arum manis berwarna. Contoh warnanya ada warna merah, biru, ungu, kuning dan juga beberapa warna pelangi. Sekarang ada juga penjual arum manis yang menjual produknya dengan berbagai warna pelangi, sehingga biasa dinamakan arum manis rainbow.

Sedangkan untuk bentuk dari arum manis, biasanya akan bentuk seperti bunga, kartun, dan beberapa tokoh animasi yang banyak disukai oleh anak-anak. Jika kamu menginginkan arum manis dengan bentuk yang berbeda, kamu bisa langsung request kepada pedagang arum manis yang bisa membuat berbagai bentuk tersebut. Dan terkahir, untuk kemasannya, arum manis biasanya dibentuk menggunakan plastik yang kemudain di tali rapat. Akan tetapi kini ada juga yang menjual arum manis dengan kemasan cup, standing pouch dan kemasan menarik lainnya. Hal tersebut dilakukan agar arum manis produksi mereka bisa menarik daya tarik para konsumen.

Tips Membuat Arum Manis

Tips Membuat Arum Manis

 

Arum manis atau bisa juga disebut cotton candy dan di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan gula kapas dan juga rambut nenek. Makanan ini termasuk dalam jenis jajanan universal, karena semua negara mengenalnya dalam bentuk yang berbeda. Terbuat dari bahan  baku gula pasir, sehingga hal tersebut yang dapat mendominasi rasa dari jajanan ini. Makanan ini adalah jenis jajanan yang berbahan baku dari gula pasir. Jajanan manis ini tak lekang oleh waktu dan tidak pernah kehilangan peminatnya. Konsumen dari arum manis ini mulai kalangan anak kecil, remaja hingga orang tua. Mempunyai daya tarik, mulai dari rasa, warna bentuk hingga kemasan dari arum manis, hal tersebut membuat siapa saja tak mamapu untuk menghindarinya. Dan mereka juga akan rugi jika melewatkan jajanan ini.

Arum manis memiliki cita rasa yang manis dan juga gurih. Tampilan dari jajanan manis ini yaitu seperti untaian kapas ataupun juga seperti helain rambut yang mengumpal menjadi satu. Jajanan yang terkenal dengan rasa manisnya ini tentu saja sudah tidak asing lagi di telinga semua kalangan masyarakat Indonesia. Para pedagang arum manis ini bisa dijumai di pingir jalan, event pasar malam, mall, tempat rekreasi, ataupun tempat yang banyak di kunjungi orang-orang terutama anak kecil.

Memiliki berbagai macam varian, sehingga dalam proses pembuatan arum manis ini juga berbeda-beda. Tetapi karena sekarang sudah ditemukan mesin pembuata arum manis yang modern, hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan lagi. Karena dnegan menggunakan mesin ini maka akan efektif waktu, praktis, ekonomis dan juga tidak banyak memakan tempat. Nah jika kamu ingin membuat arum manis ataupun berjualan arum manis, lebih baik gunakanlah mesin arum manis modern.

Resep Tips Membuat Arum Manis yang Tidak Mudah Lengket

Tips Mmebuat Arum Manis

Alat Dan Bahan:

  • Mesin pembuat arum manis
  • Stik lolipop, stick yang terbuat dari bambu atau juga bisa mengguanakan cone stick
  • 6 sendok gula pasir yang setiap 1 porsi arum manis akan berisi 3 sendok gula pasir
  • Pewarna makanan merah rose atau sesuai dengan selera

Cara Membuat Arum Manis:

  1. Siapkan sebuah wadah, kemudian campurkan gula pasir dan juga pewarna makanan merah rose secukupnya. Setelah itu aduk hingg semua bahan tersebut tercampur secara merata atau sampai semua gula pasinya berwarna merah muda atau pink.
  2. Apabila gula pasir dan pewarna makanan tadi telah tercampur rata. Masukkan 3 sendok makan gula pasir tersebut ke dalam mesin pembuat arum manis.
  3. Kemudian nyalakan mesinnya dan tunggu beberapa saat hingga keluar serabut gula yang seperti kapas dari dalam mesin pembuat arum manis tersebut.
  4. Gulung serabut gula yang sudah keluar tadi dengan menggunakan cone stik atau stick yang terbuat dari bambu atau juga bisa menggunakan stick lolipop. Lalu putar sticknya dengan hati-hati samapi serabut gulanya habis.
  5. Jika bentuk atau porsi arum manis masih kurang seperti yang kamu inginkan, kamu bisa kembali memasukkan 3 sendok gula pasir. Atau hingga ukuran arum manis yang kamu buat bisa seperti ukuran arum manis yang kamu inginkan.  Dan lakukan langkah-langkah membuat arum manis seperti sebelumnya.
  6. Jika arum manis kapas yang kamu inginkan telah terbentuk, kamu bisa langsung memakannya. Namun jika kamu ingin memakannya nanti, kamu bisa bungkusnya menggunakan plastik yang ditali erat, cup yang ditutup rapat ataupun standing cup. Supaya meminimalisir udara yang masuk yang dapat membuat kelembaban udara pada arum manis naik sehingga arum manis akan meleleh, lengket, mengeras bahkan mengecil.
  7. Arum manis yang kmau buat kapas siap dimakan atau dijual.

Kelembaban Udara Dapat Menjadi Penyebab Arum Manis Lengket

Permen kapas lebih dikenal dengan sebutan arum manis itu dapat meleleh dan bisa dikarenakan oleh kelembaban udara. Serat gula yang dapat menyerap kelembaban udara hasilnya adalah tetesan sirup. Beberapa tempat, yang mempunyai kelembaban udara tinggi misalnya seperti di dekat sungai atau danau, di pantai, sebelum atau sesudah hujan/badai petir, di musim dingin atau di musim gugur. Jika kamu membuat arum manis dengan kondisi alam yang seperti itu, maka produk arum manis yang kamu buat akan meleleh dengan sangat cepat. Hal itu dikarenakan kelembaban udara yang tinggi, sehingga arum manis akan sangat lengket dan tidak bisa dililitkan di atas kerucut kertas cone stick atau tidak bisa dikemas. 

Kini banyak pengusaha arum manis yang melakukan hal benar, yaitu mereka mengemas arum manis dengan menggunakan kantong plastik. Dengan kondisi seperti ini, maka produk arum manis dapat disimpan lebih lama dan ini dibenarkan dari sudut pandang sistem manajemen keamanan pangan. Akan tetapi, kamu tidak akan percaya, karena terdapat banyak negara yang dimana para penjual arum manis tidak memerlukan pengemasan produknya. Salah satu negara tersebut adalah Mongolia. Letak negara ini yang berada di tengah benua, hal tersebut tentu saja membuat udara di sana sangat kering sehingga tidak perlu perlindungan tambahan untuk mencegah arum manis lengket dan meleleh.

Dari pembahasan mengenai arum manis dan sedikit tips membuat arum manis agar tidak mudah meleleh bagaimana tanggapanmu? Apakah kamu akan memakan arum manis yang dikemas atau yang tidak dikemas. Walaupun begitu, jika berakhir dengan arum manis dimakan, maka akan sama saja kan?? Bagi para pedagang yang menjualnya dengan kemasa, hal tersebut akan lebih aman. Karena bisa meminimalisir debu yang masuk ke dalam arum manis dan juga akan lebih menarik perhatian konsumen.

About Pher jaya

Check Also

Solusi Mudah Top Up Game dan Cara Membelinya Dengan Voucher UniPin

Sebagai gamers, pasti kamu punya beragam kebutuhan. Apalagi untuk urusan top up game kesayanganmu. Nah …