Home / Uncategorized / Cara Membuat Brambang Goreng Renyah dan Awet

Cara Membuat Brambang Goreng Renyah dan Awet

Cara membuat brambang goreng renyah dan awet. Brambang berasal dari bahasa jawa yang berarti bawang merah. Bawang merah sering dijadikan bawang goreng. Bawang goreng menjadi pelengkap makanan yang disukai banyak orang.

Rasa bawang goreng gurih dan teksturnya renyah, tetapi untuk membuat teksturnya renyah dan awet saat disimpan kamu perlu menambahkan bahan tertentu seperti cuka, soda kue, tepung, atau tidak menambahkan bahan bahan tersebut juga bisa.

Membuat bawang goreng sangat mudah, kamu perlu mempersiapkan bahan bahan yang terpenting saja seperti bawang merah. Bawang merah merupakan rempah utama yang digunakan pada setiap masakan, entah itu masakan nusantara ataupun mancanegara.

nah, berikut ini adalah cara membuat bawang goreng atau brambang goreng agar teksturnya tetap reyah dan awet saat disimpan.

Cara Membuat Brambang Goreng Renyah dan Awet

1. Brambang Goreng (Bawang Merah Goreng)

Cara Membuat Brambang Goreng Renyah dan Awet

Bawang goreng adalah bumbu masakan yang berasal dari bawang merah lalu diiris tipis kemudian digoreng hingga garing dan renyah. Bawang merah sendiri adalah jenis umbi-umbian yang biasa digunakan untuk bumbu masakan atau sebagai obat dari berbagai penyakit. Warna merah pada kulitnya yang menjadi nama dari bawang merh tersebut. Besarnya sekitar satu ukuran jempol orang dewasa bahkan ada yang sampai seukurankepalan tangan bayi. Bentuknya menggembung padat di bagian tengah dan mengerucut pada bagian ujung. Dalamnya memiliki lapisan seperti kerak bumi. Jika sudah diolah menjadi bawang goreng maka teksturnya berubah menjadi seperti daun yang kering akibat terpapar sinar matahari. Warnanya coklat keemasan dan rasanya sangat gurih.

2. Cara Membuat Brambang Goreng

Agar brambang goreng (bawang goreng) tetap renyah saat dimakan dan awet saat disimpan, kamu dapat menambahkan bahan lain seperti cuka atau tepung. Disini menjelaskan cara membuatnya pakai cuka dan tanpa tepung sama sekali. Mari simak penjelasan berikut ini.

Bahan dan alat yang digunakan :

  • Bawang merah
  • Cuka
  • Garam
  • Daun jeruk
  • Air
  • Minyak goreng
  • Spatula
  • Wajan
  • Wadah atau baskom
  • Kompor dan gas

Cara Membuat Brambang Goreng :

  1. Siapkan bawang merah dan kupas kulitnya.
  2. Kemudian cuci sambil sesekali digosok.
  3. Setelah dicuci potong tipis-tipis pakai serutan agar lebih cepat.
  4. Sesudah dipotong, rendam pakai air biasa dan masukkan cuka sedikit saja.
  5. Tak lupa beri garam secukupnya agar rasanya gurih dan asin.
  6. Setelah itu tiriskan dan keringkan bawang yang sudah direndam.
  7. Tuangkan minyak diatas wajan dan panaskan menggunakan api kecil.
  8. Goreng bawang dan tamabkan daun jeruk agar wangi
  9. Sesekali aduk bawang yang sedang digoreng agar matangnya merata.
  10. Setelah sekiranya matang angkat dan tiriskan.
  11. Dinginkan bila ingin dimasukkan kedalam wadah.

3. Cara Agar Brambang Goreng Tetap Renyah dan Awet Saat Disimpan

Berikut ini cara agar brambang goreng yang sudah kamu buat tetap renyah dan awet saat kamu simpan ataupun saat kamu makan :

1. Simpan Diwadah Tertutup dan Kering

Menggunakan wadah atau tempat yang tertutup dan kering dapat membuat bawang goreng yang sudah kamu buat jadi lebih renyah dan awet. Tempat yang dimaksud seperti toples kaca maupun plastik, tempat yang tidak terpapar sinar matahari langsung atau tempat yang lembab seperti tempat mencuci piring. Jika kamu menyimpan ditempat tempat tersebut, bawang goreng yang sudah kamu buat menjadi layu dan berbau asam, kadang bisa sampai tumbuh jamur. Untuk itu simpanlah bawang goreng ditempat yang terang atau tempat yang menjangkau mata sperti meja makan, lemari makanan dan tempat tempat yang sejuk.

2. Disimpan Dilemari pendingin (Kulkas)  

Menyimpan makanan ditempat yang dingin dapat menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri. Kulkas adalah tempat yang sering digunakan untuk menyimpan makanan seperti bawang goreng. Bawang goreng akan lebih renyah saat dimakan ketika dimasukkan kedalam kulkas, karena bawang akan sedikit membeku dan terasa kering. Kulkas juga biasa digunakan untuk menyimpan makanan sisa atau makanan yang tidak habis dan akan dimakan nanti. Suhu dingin yang dimiliki kulkas sangat penting untuk menghambat terjadina kontaminasi dari bakteri maupun jamur makanan.

Nah itu tadi penjelasan mengenai cara membuat brambang goreng agar awet dan renyah saat dimakan. Selain membuat bawang goreng kamu juga dapat membaca cara menggoreng kacang biar empuk dan renyah disini. Semoga penelasan diatas membantu kamu untuk membuat dan menyimpan bawang goreng dengan benar. Terimakasih.

 

 

 

 

About Pher jaya

Check Also

Solusi Mudah Top Up Game dan Cara Membelinya Dengan Voucher UniPin

Sebagai gamers, pasti kamu punya beragam kebutuhan. Apalagi untuk urusan top up game kesayanganmu. Nah …