Home / Uncategorized / Cocomesh Solusi Pencegahan Erosi yang Perlu Dilakukan!

Cocomesh Solusi Pencegahan Erosi yang Perlu Dilakukan!

Cocomesh adalah jaring yang terbuat dari untaian tali sabut kelapa. Sifatnya yang biodegradable dan kuat, membantu mempermudah tumbuhnya tanaman baru pada bidang Cocomesh yang diletakkan di tanah. Cocomesh juga berfungsi memperbaiki area tanah yang kelembabannya sudah hilang akibat aktivitas tertentu, cocomesh solusi pencegahan erosi dan penguatan tanah di lereng bukit. Cocomesh biasanya digunakan untuk area bekas lahan tambang.

Cocomesh Solusi Pencegahan Erosi yang Perlu Dilakukan!

cocomesh

Taukah anda bahwa lahan bekas galian tambang yang tersebar di daerah-daerah penghasil bahan tambang terlihat sangat mengerikan. Kerusakan yang diciptakan sangat berpotensi menyebabkan tanah longsor, erosi, pengikisan air tanah, bahkan banjir. Hal tersebut banyak terjadi di daerah seperti di pulau Belitong, Berau dan tempat-tempat lainnya. Contoh yang konkrit seperti di Kalimantan, sekarang sudah menjadi langganan banjir, disaat musim penghujan tiba.

Kerusakan alam yang sudah terjadi ini, tentunya membutuhkan penanganan yang serius dari semua pihak terutama pengelola tambang. Mereka harusnya mereklamasi lahan bekas galian tambang. Terdapat banyak langkah yang dapat dilakukan untuk mereklamasi lahan bekas galian tambang tersebut seperti menanam kembali lahan, atau merubah area lahan tersebut untuk usaha produktif seperti perikanan dll.

Langkah terbaik untuk mengurangi kerusakan tersebut yaitu dengan menanaminya kembali atau reboisasasi. Tetapi ada langkah penting yang harus dilakukan sebelum proses reboisasi, yaitu menanam lahan dengan cocomesh. Cocomesh yaitu jaring yang dibuat dari sabut kelapa. Biasanya dibuat seperti seukuran net bola volly atau bisa disesuaikan dengan kebutuhan lahan. Penggunaan cocomesh ini sudah terbukti efektif dalam mencegah longsor ataupun banjir. Dengan mematok ujung-ujungnya, cocomesh dapat dipasang dalam lahan bekas galian tambang. Pemasangannnya juga disesuaikan dengan struktur tanah. Bisa miring ataupun datar. Untuk pemasangannya sendiri biasanya dibuat dalam 2 lapisan.

Penggunaan cocomesh ini sudah terbukti efektif dalam mencegah banjir, tanah longsor, seperti yang sudah dilakukan. Keunggulan lain dari cocomesh ini yaitu, ketika cocomesh sudah dihamparkan, maka media tersebut, sangat mudah untuk menggemburkan tanah bekas galian tambang, sehingga bisa dikatakan sebagai media tanam yang bagus.

Penyebab Tanah Longsor

  1. Erosi Tanah
    Erosi tanah merupakan penyebab umum. Biasanya erosi akan mengikis kaki lereng hingga menjadi lebih curam yang disebabkan oleh aliran air hujan, sungai, badai, banjir, atau gelombang laut, dan sebagainya.
  2. Curah Hujan yang Tinggi
    Curah hujan yang tinggi juga menjadi penyebab terjadinya longsor susulan. Kemiringan batuan dan tanah juga akan melemah karena kejenuhan akibat hujan lebat. Setelah melalui masa kemarau yang panjang maka menyebabkan tanah menjadi kering sehingga menimbulkan retakan dan rongga tanah.

Dampak Negatif Tanah Longsor

Dampak negatif lain yang terjadi akibat dari kegiatan pertambangan yaitu degradasi lahan yang diawali dengan hilangnya vegetasi akibat kegiatan pembukaan lahan dan penggalian yang mengakibatkan meningkatnya erosi dan longsor yang terus menerus. Terjadinya sedimentasi, penurunan kualitas air, penurunan kuantitas airtanah, biota perairan, dan kesuburan tanah.

Pengolahan Pengolahan Cocomesh

cocomesh

Pengolahan sabut kelapa menjadi cocomesh sudah banyak dilakukan secara mandiri atau oleh produsen. Lalu mereka akan jual cocomesh tersebut. Secara mandiri, biasanya akan melibatkan puluhan ibu-ibu dan pengangguran di desa-desa yang memiliki perkebunan kelapa. Kemampuan berproduksi secara mandiri dan bersaing dengan industri manufaktur dengan kualitas yang ternyata hampir sama. Ukuran standar coocmesh 1 roll bisa mencapai : 2 x 20 m2, 2 x 25 m2, dst.

Kemampuan produksi ini akan terus meningkat dan jual cocomesh juga ikut meningkat apabila sabut kelapa digunakan secara masif untuk kegiatan reklamasi baik pada sektor pertambangan maupun di daerah pembangunan infrastruktur seperti pemotongan lereng bekas untuk pembangunan jalan, pemukiman, dan bendungan air.
Beberapa perusahaan tambang sudah berhasil melakukan reklamasi dan pencegahan longsor dengan menggunakan  cocomesh, antara lain; Chevron Geothermal (Garut), Freeport (Papua), Martabe Access Road (Sumatera Utara), dan Berau Batubara (Kalimantan Timur).

Sekian artikel dari tentang cocomesh solusi pencegahan erosi. Ternyata cocomesh sangat bermanfaat ya! Hal tersebut harus segera didorong supaya tidak sering terjadi longsor. Serta memberikan peluang bagi para pebisnis untuk lebih bersaing dalam jual cocomesh murah dan berkualitas. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

About Pher jaya

Check Also

Solusi Mudah Top Up Game dan Cara Membelinya Dengan Voucher UniPin

Sebagai gamers, pasti kamu punya beragam kebutuhan. Apalagi untuk urusan top up game kesayanganmu. Nah …