Home / Uncategorized / Peran Produk Olahan Sabut Kelapa yang Bermanfaat

Peran Produk Olahan Sabut Kelapa yang Bermanfaat

Nah pada artikel kali ini akan membahas mengenai peran produk olahan sabut kelapa. Banyaknya manfaat dan produk yang dihasilkan sabut kelapa, merupakan anugerah Tuhan yang sudah diberikan kepada kita. Khususnya untuk kita yang tinggal dan berada di daerah tropis ini.

Karena pohon kelapa sangat subur tumbuh di daerah ini. Dan bagi anda yang akan terjun ke dalam dunia bisnis cocofiber, artikel ini akan sangat membantu dan bermanfaat dalam membuat siteplan untuk bisnis anda.

Nah maka dari itu untuk kalian yang ingin mengetahui peran dari produk olahan sabut kelapa, mari kita simak artikel yang ada dibawah ini :

Berikut Ini Adalah Peran Produk Olahan Sabut Kelapa yang Bermanfaat

Berikut ini terdapat contoh produk yang sangat bermanfaat dari sabut kelapa. Produk produk ini juga sudah di hasilkan produsen dalam negeri, dari sebagian produknya akan di salurkan ke seluruh nusantara. Bahkan ada juga yang sudah di kirim ke luar negeri.

1. Jaring Serat Kelapa (Cocomesh) untuk Reklamasi Pada Lahan Bekas Tambang

Usaha tentu akan sangat menjanjikan dan mendapatkan keuntungan yang begitu tinggi, sehingga banyak pengusaha yang lebih memilih untuk melalukan eksploitasi sumber daya mineral baik batubara, emas, nikel maupun batubara. Tentunya dengan adanya fenomena tersebut akan menyediakan ketersediaan lahan dalam kegiatan pertanian.

Dengan kata lain, pada kegiatan penambangan akan dimulai dengan menebang pada bagian penutup tanah, mengupas tanah lapisan atas yang relatif lalu setelah itu menimbun kembali areal di bekas penambangan.

Hal tersebut berpotensi akan menimbulkan kerusakan lahan yang berdampak pada perubahan sifat, kemunculan lapisan bahan induk yang produktifitasnya rendah, timbulnya lahan masam dan garam garam yang dapat meracuni tanaman, kerusakan bentang alam, serta terjadinya erosi atau sedimentasi.

Kegiatan penambangan tersebut akan berdampak buruk kepada kelestarian ekologi dan sangat merugikan untuk kelangsungan hidup manusia.

Untuk bisa mengatasi masalah lahan bekas tambang, perlu dilakukan usaha reklamasi yang bertujuan untuk menata, memperbaiki kualitas di lingkungan dan ekosistem supaya dapat bekerja kembali sesuai dengan peruntukannya.

Strategi untuk kegiatan reklamasi lahan bekas tambang dengan cara melakukan rekonstruksi lahan serta manajemen top soil. Usaha reklamasi lahan harus selalu memperhatikan kontur pada tanah yang sudah terbentuk setelah kegiatan penambangan.

Guna mengurangi panjang di lereng, biasanya lereng penimbunan akan dibuat dengan cara di bentuk berteras teras dan bisa menggunakan jaring serat kelapa atau cocomesh. Cocomesh terbuat dari bahan serat kelapa alami sehingga bisa dengan mudah terurai dan menjadi humus, harganya yang murah, kuat dan tahan lama.

Kemampuan cocomesh untuk menyerap dan menyimpan air ini sangat bisa dalam memperkecil kemungkinan terjadinya erosi tanah timbunan. Saat ini anda bisa dengan mudah dalam menemukan dimana saja yang jual cocomesh .

2. Sabut Kelapa Sebagai Bahan Pupuk Organik

Peran Produk Olahan Sabut Kelapa

Sabut kelapa mempunyai unsur hara serta kandungan pada mineral yang cukup tinggi guna pertumbuhan tanaman, maka sabut kelapa akan sangat cocok jika dibuat menjadi pupuk organik.

Apalagi jika pupuk organik yang di buat dari bahan dasar sabut kelapa menyimpan 60% air lebih banyak di bandingkan dengan pupuk biasa. Jadi pupuk organik dari sabut kelapa akan sangat cocok di daerah yang curah hujannya rendah atau daerah yang sedang mengalami kekeringan.

Bahkan untuk daerah seperti pantai yang berpasir, penambahan cocopeat atau sabut kelapa pada pasir pantai, bisa digunakan sebagai media tanam yang hanya di taburkan begitu saja. Menarik bukan?

3. Sabut Kelapa sebagai Penetralisir Bau Semen pada Kolam yang Baru Saja Dibuat

Kolam ikan yang baru dibuat sering kali meninggalkan bau semen yang kurang sedap. Hal ini pastinya akan membuat budidaya ikan menjadi terhambat. Salah satu cara alami yang ampuh untuk menghilangkan bau semen pada kolam yang baru dibuat, yaitu dengan menggunakan sabut kelapa. Bagaimana caranya ya?

Caranya sangat mudah, cukup dengan cara menaburkan sabut kelapa atau bisa di campur dengan dedaunan yang mudah membusuk dan biarkan selama 1 hingga 2 minggu. Kemudian air akan berwarna kecoklatan atau sampai warna kehijauan, warna air yang berubah tersebut menandakan kolam telah siap untuk digunakan sebagai media pembudidayaan ikan.

Baca juga : Jual Cocomesh dengan Harga Murah 

Wah, ternyata sabut kelapa yang selama ini dikenal sebagai limbah perkebunan bisa diolah menjadi cocomesh, pupuk organik dan juga penetralisir bau semen pada kolam yang baru dibuat.

Ketiga produk olahan dari sabut kelapa tersebut tentunya pasti akan bermanfaat dalam pelestarian ekologi sekaligus bisa menambah penghasilan bagi petani kelapa.

About Pher jaya

Check Also

Manfaat Sabut Kelapa Sebagai Media Tanaman

Manfaat Sabut Kelapa Sebagai Media Tanaman

Manfaat sabut kelapa sebagai media tanaman, dapat memperbaiki drainase tanah pada tanaman sekaligus membantu mempertahankan …