Home / Uncategorized / 10 Olahan Nusantara Dari Daging

10 Olahan Nusantara Dari Daging

Olahan Nusantara Dari Daging

Nusantara terkenal akan makanan dari daging yang kaya akan rempah, berikut ini 10 olahan nusantara dari daging yang dirangkum dalam uraian berikut!

Pengertian

Daging merupakan bagian dengan memiliki tekstur lunak yang berasal dari hewan dan kemudian terbungkus oleh kulit serta menempel pada tulang yang biasanya dijadikan sebagai bahan makanan. Daging tersusun sebagian besar yang berasal dari jaringan otot, ditambah dengan lemak yang menempel padanya, urat, dan juga tulang rawan. Sebagai komoditas dagang, daging umumnya disematkan untuk menjadi bahan yang berasal dari hewan besar (mamalia serts reptil) saja. Daging semacam ini dipanggil juga dengan “daging merah”, dan diperjulbelikan ke dalam bentuk potongan-potongan, Sementara itu daging yang berasal dari ikan, amfibi, hewan laut serta unggas tidak tergolong ke dalam komoditas daging, karena bisa diperjualbelikan secara utuh. Daging non-komoditas disebut juga dengan “daging putih”.

10 Olahan Nusantara Dari Daging

1. Rendang

Siapa yang tidak mengenal makanan dengan nama rendang? Makanan khas yang berasal dari Sumatera Barat yang bertengger pada posisi teratas sajian kuliner paling lezat yang ada di dunia ini selalu menjadi makanan primadona. Bahkan, beberapa media internasional misalnya saja CNN, sudah mengakui kelezatan yang berasal dari rendang yang selalu disukai oleh wisatawan yang berasal dari berbagai negara.

Hampir dalam setiap rumah makan khas Padang, menu rendang merupakan menu favorit yang selalu menjadi pilihan para pengunjung. Menu lezat yang satu ini memakai bahan daging sapi yang dimasak dengan beraneka macam bumbu serta rempah–rempah yang ada di nusantara. Selain itu, masih diolah dengan menggunakan santan kelapa dalam waktu berjam–jam untuk memperoleh cita rasa yang gurih secara sempurna dan juga merata. Dengan metode pengolahan seperti ini, tidak heran apabila rendang dapat menjadi awet disimpan sampai dengan waktu berminggu–minggu.

2. Semur Daging Sapi

Apabila kalian menyukai masakan dengan memiliki cita rasa manis serta gurih, semur bisa dijadikan sebagai pilihan masakan yang berasal dari olahan daging sapi yang tepat. Sajian asli yang berasal dari Indonesia ini mempunyai kuah yang memiliki warna cokelat pekat.

Bumbu-bumbu yang dipakai antara lain kecap manis, bawang merah, bawang bombai, bawang putih, lada, pala, serta cengkeh. Aroma pala dan cengkeh yang wangi semakin menambah selera serta ciri khas semur yang sedap dan juga lezat. Daging akan diolah secara perlahan bersama dengan bumbu dan rempah–rempah sehingga mendapatkan hasil berupa masakan daging sapi yang empuk serta nikmat.

3. Semur Daging Kambing

Semur yang satu ini memakai bahan yang berasal dari daging kambing. Memiliki rasa yang sudah pasti tidak kalah nikmat dengan yang memakai bahan dasar daging sapi. Daging kambing dimasak dengan menggunakan beraneka macam bumbu misalnya seperti bawang merah, bawang putih, cengkeh, kayu manis, kecap manis, jahe serta merica.

Supaya dapat memperoleh semur daging kambing yang memiliki rasa nikmat dan empuk, maka kalian wajib mengetahui bagian daging kambing yang cocok untuk dijadikan sebagai semur. Pilihlah daging yang berasal dari kaki bagian depan atau sengkel (kaki belakang) karena sesuai untuk diolah dalam jangka waktu yang lama.

4. Sate Sapi Dan Kambing

Semur yang satu ini memakai bahan yang beasal dari daging kambing. Memiliki rasa yang sudah pasti tidak kalah nikmat dengan yang memakai daging sapi. Daging kambing dimasak dengan beraneka macam bumbu misalnya saja bawang merah, bawang putih, cengkeh, kayu manis, kecap manis, jahe serta merica.

Supaya dapat memperoleh semur daging kambing yang memiliki rasa nikmat dan juga empuk, maka kalian wajib mengetahui bagian daging kambing yang cocok untuk dijadikan sebagai semur. Kalian dapat memiliki daging dari kaki yang berasal  dari bagian depan maupun sengkel (kaki belakang) karena sesuai untuk dijadikan masakan dalam jangka waktu yang lama.

5. Daging Sei

Hidangan ini berasal dari Pulau Rote provinsi Nusa Tenggara Timur. Penduduk yang berasal dari Pulau Rote terbiasa melakukan pengolahan terhadap daging sapi untuk dijadikan sebagai Sei. Daging sapi dipotong dengan ukuran memanjang serta diberi tambahan garam. Selanjutnya, daging ini dapat digantung serta diasapkan hingga menjadi matang dengan menggunakan kayu khusus yakni kayu kosambi.

Keterbatasan kayu kosambi yang menjadikan proses pengolahan sei di daerah tempatnya berasal menjadi sering terhambat. Selain daging sapi, penduduk yang berasal dari sana juga memakai daging yang berasal dari babi untuk dijadikan sebagai Sei.

6. Gulai Kambing

Masakan yang satu ini sudah sangat populer akan kelezatannya di seluruh daerah Indonesia. Makanan khas dengan menggunakan bahan dasar dari daging kambing ini sering ditemui di berbagai acara penting. Pengolahannya lumayan rumit. Beraneka macam rempah-rempah yang dipakai menjadikan gulai kambing memiliki rasa yang sangat lezat. Gulai juga memakai santan untuk dijadikan sebagai bahan kuahnya sehingga mempunyai rasa lebih gurih.

7. Dendeng Balado/Dendeng Bakotok

Selain rendang, masakan olahan daging khas yang berasa dari provinsi Sumatera Barat lainnya adalah dendeng balado. Masakan ini berasal dari daging sapi segar pilihan yang selanjutnya dipotong–potong dengan ketebalan 1 cm dan bentuk kotak mirip seperti irisan tempe maupun tahu. Berikutnya, daging akan ditambahkan bumbu dan dijemur sampai menjadi kering. Apabila telah menjadi kering, daging selanjutnnya diogreng dan dicampur lagi bersama dengan bumbu cabai merah segar yang dihaluskan yang dapat menambah sensasi pedas dalam mulut.

Sementara itu, dendeng batokok diakukan perebusan terlebih dahulu dengan menggunakan aneka bumbu tanpa cabai merah dan selanjutnya diiris-iris. Nah, setelah itu terdapat cara unik dalam tahap mengolah berikutnya. Daging berikutnya dipukul–pukul di atas cobek kemudian digoreng. Baru selanjutnya diberi tambahan sambal cabai. Walaupun terdapat perbedaan dalam tingkat kepedasannya, akan tetapi kedua masakan dendeng yang berasal dari Sumatera Barat ini dapat merebut hati para penyuka kuliner. Cara penyajiannya, dapat secara langsung disantap akan tetapi lebih sering disajikan bersama dengan nasi putih yang masih hangat.

8. Kari Kambing

Selain ayam, daging kambing juga cocok diolah kemudian dijadikan sebagai kari kambing. Masakan ini memerlukan beraneka macam rempah-rempah misalnya seperti serai, daun jeruk, kayu manis, lengkuas, jahe, cengkeh, kemiri, dan lain sebagainya. Daging kambing wajib direbus terlebih dahulu dalam waktu 20 menit sampai menjadi setengah lunak. Selanjutnya dimasak lagi bersama dengan santan dan berbagai bumbu sampai matang.

9. Tongseng

Tongseng merupakan hidangan yang biasanya memakai bahan utama yang berasal dari daging kambing, walaupun terdapat juga yang memakai daging sapi. Hidangan ini dapat dengan mudah ditemukan di daerah Surakarta dan juga Yogyakarta. Bahan-bahan lain yang juga dipakai dalam pengolahan antara lain adalah kol dan tomat. Olahan yang satu ini mempunyai kombinasi rasa antara manis, gurih, serta asin. Tongseng tepat dijadikan sebagai pilihan kalian untuk dinikmati bersama dengan keluarga. Akan tetapi, setelah mengonsumsi tongseng, segera minum air jeruk lemon supaya dapat menetralkan kolesterol yang berada dalam darah supaya tekanan darah tidak menjadi naik secara drastis.

10. Rawon

Apabila kalian liburan ke daerah Jawa Timur misalnya kota Surabaya, maka kalian dapat dengan gampang menemui menu rawon pada beragam tempat, mulai dari kaki lima sampai ke restoran. Rawon merupakan hidangan dengan memiliki kuah dengan menggunakan bahan utama berupa daging sapi. Ciri khas rawon adalah kuah yang memilikii warna hitam pekat. Hal ini diakibatkan oleh pemakaian bumbu keluak. Selain keluak, beberapa bumbu lain juga dipakai misalnya saja jahe, lengkuas, serai, kemiri, bawang merah, serta daun salam. Rawon dimakan bersama dengan pelengkap antara lain yaitu tauge, telur asin, sambal terasi, serta kerupuk udang. Dinikmati bersama dengan nasi hangat, pasti lebih nikmat dan nendang rasanya.

itulah mengenai olahan nusantara dari daging

About Pher jaya

Check Also

Solusi Mudah Top Up Game dan Cara Membelinya Dengan Voucher UniPin

Sebagai gamers, pasti kamu punya beragam kebutuhan. Apalagi untuk urusan top up game kesayanganmu. Nah …