Home / Uncategorized / Usaha Bakso Daging Frozen Untuk Pengusaha Pemula

Usaha Bakso Daging Frozen Untuk Pengusaha Pemula

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang Usaha Bakso Daging Frozen. Untuk lebih jelasnya, bisa baca artikel dibawah ini,

Usaha bakso daging frozen adalah salah satu ide bisnis di tengah kondisi stay at home saat ini. Misalnya, jika ingin menjual bakso daging frozen, maka dengan menyesuaikan harga jual bakso murah, Anda bisa membuat bakso daging frozen dan menjual bakso daging frozen online dengan harga yang bersaing dengan pesaing Anda.

Jika Anda ingin terjun kedalam usaha ini, Anda bisa memproduksi bakso daging sendiri. Selain mendapat keuntungan dari usaha ini, Anda juga mendapat keuntungan karena Anda membuat bakso dagingnya sendiri sehingga Anda tidak perlu membeli.

Untuk memproduksi bakso daging sendiri ini, Anda perlu mesin gilingan daging untuk menggiling dagingnya kemudian diolah menjadi bakso dan dijadikan bakso daging frozen.

Usaha Bakso Daging Frozen Untuk Pengusaha Pemula

usaha bakso daging frozen

  • Menggunakan Bahan yang Segar

Penggunaan bahan mentah yang segar merupakan kunci utama supaya makanan yang akan dibuat bakso daging frozen nantinya dapat awet dan tahan lama. Karena ada beberapa bakso daging frozen akan diolah terlebih dahulu baik dengan digoreng ataupun direbus, oleh karena itu jika Anda memakai bahan yang tidak segar bisa menyebabkan bakso daging frozen menjadi cepat basi.

  • Menggunakan Bahan Tambahan

Meskipun harga jual bakso murah, sebaiknya untuk pembuatan bakso daging frozen Anda buat sendiri supaya bisa menjamin mutu dari bahan tambahan seperti tepung dan telur. Pemilihan bahan tambahan ini sangat menentukan kualitas bakso daging frozen.

Yang harus diperhatikan yaitu masa kadaluarsa dari bahan tambahan dan mutunya. Karena bakso daging frozen disimpan lama, maka penggunaan bahan tambahan yang sudah kadaluarsa bisa menjadi racun.

  • Jangan Terlalu Lama Dimasak

Bakso daging frozen yang akan dijual sebaiknya direbus atau digoreng sebentar saja, supaya membunuh bakteri dalam makanan. Sehingga, diusahakan supaya tidak memasak terlalu lama. Selain itu, jika dimasak terlalu lama teksturnya menjadi tidak bagus dan akan hancur saat dikemas nanti.

  • Jangan Dikemas Dalam Kondisi Panas

Apabila sudah selesai dimasak, sebaiknya makanan dibiarkan dulu dalam suhu ruangan, supaya makanan betul-betul sudah dingin baru bisa dikemas. Apabila makanan dikemas masih panas bisa menyebabkan makanan berair dan cepat basi.

  • Makanan Dikemas dengan Benar

Untuk menjual bakso daging frozen, maka proses pengemasan harus dilakukan dengan tepat. Setelah jadi, makanan dimasukkan kedalam wadah kedap udara, dan untuk memastikan wadah yang digunakan betul-betul kedap udara bisa dilapisi lagi dengan plastic wrap disekeliling wadah dan jika sudah siap dijual maka letakkan makanan dalam plastik untuk kemudian di vakum dan dimasukkan ke dalam freezer.

Cara Mengolah Bakso Daging Frozen

usaha bakso daging frozen

  • Cairkan Terlebih Dulu

Bakso daging frozen membutuhkan waktu yang lama untuk mencairkannya, sebelum dimasak sebaiknya dicairkan terlebih dahulu. Salah satu tips yang bisa dicoba yaitu dengan memindahkan bakso daging frozen dari freezer ke rak kulkas.

  • Rendam Air Dingin

Untuk bakso daging frozen bisa dicairkan dengan cara yang satu ini, karena selain tidak memakan banyak waktu cara merendam dengan air ini lebih mudah dilakukan.  Caranya yaitu dengan membungkus bakso daging frozen dengan plastik dan usahakan tidak ada lubang atau celah pada plastik tersebut. Setelah itu, rendam dalam wadah berisi air dingin dan tunggu sampai cair.

  • Gunakan Microwave

Cara ini sebaiknya dilakukan untuk bakso daging frozen yang sudah digoreng atau direbus seperti misalnya bakso. Jangan digunakan untuk memasak frozen food seperti daging giling, karena bisa menimbulkan resiko yang serius seperti daging yang dimasak menggunakan microwave tidak matang secara sempurna dan masih ada bakteri didalam makanan.

About Pher jaya

Check Also

Resep Sumpia Udang Kering Yang Enak  dan Lezat

Resep Sumpia Udang Kering Yang Enak  dan Lezat

  Apakah kalian mengetahui sumpia? Mungkin banyak diantara kita belum memahami betul apa itu sumpia …