Home / Uncategorized / Pembuatan Keset Sabut Kelapa Cantik Yang Bernilai Jual Menguntungkan

Pembuatan Keset Sabut Kelapa Cantik Yang Bernilai Jual Menguntungkan

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang bagaimana cara pembuatan keset sabut kelapa yang bernilai ekonomis. Bagaimana cara pembuatannya? apakah sulit ? simak terus artikel ini yaa!

Kelapa adalah salah satu jenis buah tropis yang sangat terkenal dengan kesegaran airnya dan buahnya yang nikmat. Air dari buah kelapa bisa digunakan untuk media penyegar, dan juga bisa menggantikan cairan tubuh yang sudah hilang akibat dari aktivitas sehari-hari.

Hampir seluruh bagian pohon kelapa bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan tertentu. Oleh karena itu kelapa termasuk ke dalam salah satu jenis pohon yang multifungsi. Pemanfaatan sabut kelapa saat ini masih kurang optimal, hal ini karena kurangnya pelatihan yang intensif bagi para pengrajin untuk meningkatkan nilai tambah produk yang telah dibuat dan kualitas sabut kelapa yang terbilang masih rendah.

Sabut kelapa yang ada di dalam perdagangan dunia, dikenal sebagai sabut kelapa yang bisa digunakan untuk berbagai bahan baku industri, seperti misalnya furniture rumah tangga, pelapis kendaraan, kasur, pengemas dan tali.

Kurangnya perangkat teknologi yang bisa mengakses komponen buah kelapa, dan kurangnya informasi. Membuat sebagian besar masyarakat khususnya petani kelapa beranggapan bahwa kelapa hanya yang hanya bisa digunakan hanya bagian air dan dagingnya saja.

Padahal sabut kelapa bisa diolah kembali menjadi berbagai olahan yang menarik dan bisa bernilai jual yang menguntungkan bagi para pengusaha yang mengolahnya. Salah satu olahan sabut kelapa yang akan kita bahas kali ini adalah keset sabut kelapa.

Selain sapu sabut kelapa, ternyata sabut kelapa juga bisa dijadikan sebagai keset. Biasanya keset dari sabut kelapa diletakkan di luar rumah.

Bagaimana Pembuatan Keset Sabut Kelapa?

Pembuatan Keset Sabut Kelapa

Bahan utama untuk membuat produk keset ini adalah cocofiber atau serat sabut kelapa. Cocofiber ini merupakan bahan utama untuk pembuatan berbagai produk kerajinan tangan.

Proses untuk membuat cocofiber juga terbilang tidaklah terlalu rumit. Nantinya sabut kelapa yang masih kasar dan menggumpal diolah untuk mendapatkan serat halus melalui dua cara yaitu teknik tradisional dan teknik moderen.

Untuk pembuatan keset sabut kelapa, semua dilakukan menggunakan proses manual atau dengan tenaga manusia. Kecuali pada saat proses memisahkan sabut dari serbuk, proses ini nantinya menggunakan mesin pengurai sabut kelapa.

Alat yang Dibutuhkan Untuk Pembuatan Keset Sabut Kelapa :

  • Rimbagan (tempat untuk menenun)
  • Palu / pemukul
  • Pisau
  • Gunting
  • Gobet (alat pemangkas alas)

Bahan yang Diperlukan:

  • Sabut kelapa
  • Tali yang terbuat dari sabut kelapa
  • Minyak kelapa

Proses Pembuatan Keset Sabut Kelapa Cantik

1. Proses Penguraian

Pada tahap pertama, proses yang harus dilakukan adalah penguraian sabut kelapa. Untuk melakukan proses ini, kita bisa menggunakan mesin pengurai sabut kelapa agar nantinya lebih mudah dan efisien. Namun sebelum memasukkan sabut kelapa ke dalam mesin, semprotkanlah air terlebih dahulu ke sabut kelapa.

Hal ini dilakukan agar nantinya sabut kelapa tidak terlalu kering dan proses penguraian pun akan menjadi lebih mudah. Amati proses penguraian ini sebanyak tiga kali, untuk dapat menghasilkan sabut kelapa dengan kualitas yang lebih baik.

2. Proses Pemintalan

Untuk proses ini, kita bisa menggunakan mesin pemintal sabut kelapa semi otomatis yang dibantu dengan menggunakan tenaga manusia sebagai pengontrolnya. Sabut yang sudah selesai diuraikan, kemudian akan dipintal menjadi tali dalam tiga ukuran, yaitu ukuran kecil (lungsin), ukuran sedang (anyaman), serta ukuran besar (babat).

3. Proses Kepang Braiding

Tahapan selanjutnya adalah proses kepang braiding. Untuk proses ini melibatkan penggabungan babat (sabut yang sudah dipintal dengan ukuran besar) yang sudah dipotong menjadi kecil-kecil dengan cara dilengkungkan menjadi sebuah keset.

4. Proses Pembingkaian

Tahapan pembingkaian atau framing ini merupakan proses terakhir yang dilakukan sebelum masuk ke dalam tahapan packing. Proses framing ini dilakukan pada setiap sisi kesetimbangan tenun, dengan cara menggunakan anyaman yang sudah dianyam sebagai kusen. Proses ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan jarum rajut dan mengikuti proses penghalusan.

5. Proses Packing/Pengepakan

Tahapan terakhir dari pembuatan keset sabut kelapa adalah proses pengepakan. Tentunya proses ini dilakukan setelah keset selesai dibingkai. Proses ini nantinya akan dibedakan berdasarkan besar kecilnya ukuran keset yang sudah dihasilkan.

Pengolahan sabut kelapa sebagai bahan kesetiaan merupakan salah satu alternatif yang dapat kita lakukan untuk mengurangi limbah dari sabut kelapa yang selama ini jarang dimanfaatkan sebagai hasil samping yang bermanfaat dari perkebunan kelapa.

Olahan Sabut Kelapa Lainnya Yang Sangat Bermanfaat!cocomesh jaring sabut kelapa

Cocomesh jaring sabut kelapa material dengan bentuk seperti jaring ini merupakan salah satu produk olahan sabut kelapa yang sangat bermanfaat untuk tanah. Fungsi dari material ini adalah untuk mengurangi terjadinya erosi. Biasanya cocomesh jaring sabut kelapa ini akan diletakkan di daerah lereng tanah miring atau di lahan bekas pertambangan.

Selain berfungsi untuk mengurangi erosi, cocomesh juga bisa berfungsi sebagai media tanam area gersang bekas pertambangan. Di negara Indonesia sendiri yang menjual produk cocomesh jaring sabut kelapa sudah ada cukup banyak, hal ini dikarenakan industri pertambangan dan tanah gersang di Indonesia masih cukup banyak.

Anda bisa menemukan produk olahan sabut kelapa cocomesh ini dengan mudah di online store, website, maupun di offline store.

Pengolahan sabut kelapa menjadi keset atau pun cocomesh merupakan salah satu bentuk alternatif yang dapat kita lakukan untuk mengurangi limbah dari sabut kelapa. Dengan perkembangan teknologi, serabut kelapa akan terbukti mampu untuk menghasilkan nilai ekonomis yang cukup besar.

itulah tadi cara pembuatan keset sabut kelapa yang mungkin bisa Anda coba untuk dijadikan usaha. Semoga bisa menambah wawasan Anda. Dan mohon maaf jika masih ada kekurangan di dalam artikel, terimakasih.

About Pher jaya

Check Also

Solusi Mudah Top Up Game dan Cara Membelinya Dengan Voucher UniPin

Sebagai gamers, pasti kamu punya beragam kebutuhan. Apalagi untuk urusan top up game kesayanganmu. Nah …