Home / Uncategorized / Ide Bisnis Cocomesh Sabut Kelapa Yang Menjanjikan!!

Ide Bisnis Cocomesh Sabut Kelapa Yang Menjanjikan!!

Ide Bisnis Cocomesh Sabut Kelapa Membangunnya haruslah dengan menggunakan konsep ide yang baik, salah satunya yaitu dengan ide bisnis cocomesh sabut kelapa yang sekarang ini semakin naik. Yuk persiapkan bisnismu!

Cocomesh Sabut Kelapa

Ide Bisnis Cocomesh Sabut Kelapa

Pengertian dari Cocomesh ialah jaring sabut kelapa dan menggunakan seratus persen bahan alami dan tanpa melalui proses kimiawi. Cocomesh dipakai sebagai media untuk bercocok tanam, proteksi tanah longsor dan pelindung tanah pada lahan yang miring.

Sabut kelapa bekas pertama kali dipakai untuk jok mobil, jok dan spring bed karena memiliki kemampuan yang tinggi untuk menyerap air dan bau, tidak berubah bentuk serta tidak berjamur.

Penggunaan cocomesh merupakan salah satu jalan keluar untuk menjaga kestabilan tanah pada lahan yang miring, mencegah terjadinya erosi tanah dan humus atau unsur hara pada tanah yang biasanya menjadi masalah pada lahan miring.

Setidaknya dalam kurun waktu 3 tahun, Cocomesh bisa terurai dengan tanah dan menjadi humus di daerah penanaman cocomesh. Cocomesh jaring sabut kelapa juga digunakan untuk reklamasi lahan pertambangan dan sudah terbukti dapat menghijaukan kawasan yang rusak karena aktivitas penambangan.

Ini adalah solusi yang lebih murah dan ramah terhadap lingkungan daripada dengan menggunakan konstruksi batu atau juga beton. Cocomesh bisa diaplikasikan untuk daerah seperti: Daerah Reklamasi Lereng atau Bukit, Taman serta Pantai Drainase Tepi Sungai.

Proses Pembuatan Cocomesh Sabut Kelapa

Bahan :

  • Sabut kelapa yang sudah tua atau kering

Alat – alat :

  • Mesin pengurai sabut kelapa
  • Mesin pemintalan sabut kelapa

Proses Pembuatan Cocomesh Sabut Kelapa :

  1. Persiapkan sabut kelapa yang sudah cukup tua atau kering
  2. Giling kulit kelapa hingga menjadi sabut-sabut dengan menggunakan mesin dekomposisi sabut
  3. Keringkan sabut kelapa yang sudah digiling hingga mengering
  4. Putar sabut hingga menjadi tali dengan menggunakan mesin pemintalan sabut
  5. Rajut tali hingga menjadi jaring cocomesh sabut kelapa
  6. Jaring sabut kelapa / cocomesh sudah siap untuk dipakai

Kegunaan Cocomesh Sabut Kelapa

Cocomesh mempunyai beberapa kegunaan berikut di antaranya:

  • Sebagai media penghijauan untuk lahan bekas tambang
  • Sangat cocok untuk daerah bekas pertambangan dan daerah reklamasi pantai
  • Mampu memperkuat material yang ada di atas tebing
  • Material untuk mencegah terjadinya erosi
  • Mampu memperkuat tanah
  • Membantu memperkuat rel lintasan kereta api
  • Bisa memperkuat tebing jalan atau jembatan

Keunggulan Cocomesh Sabut Kelapa

Cocomesh mempunyai beberapa keunggulan, yaitu sebagai berikut:

  1. Berasal dari bahan serat alami
  2. Bahan seratnya yang kuat, bisa bertahan cukup lama, tetapi tetap dapat terurai secara hayati
  3. Bisa menampung cadangan air
  4. Mampu bertahan hingga sekitar 4 tahun atau juga lebih
  5. Cocomesh juga dapat dipakai sebagai pupuk tanah
  6. Cocomesh ini tidak akan meninggalkan residu yang berbahaya bagi sekitarnya
  7. Memperbaiki daerah tanah yang telah kehilangan kelembaban akibat aktivitas tertentu
  8. Karena sifat bahannya yang elastis, Cocomesh sangat cocok untuk area atau daratan yang landai atau pun berbatu
  9. Memiliki ketahanan terhadap jamur
  10. Mudah jika akan dibersihkan

 

Tips Bisnis Cocomesh Jaring Sabut Kelapa

 

1. Kepercayaan Adalah Kunci Utama

Padahal, modal awal untuk membangun sebuah bisnis ialah kepercayaan diri. Jadi buatlah keputusan sebelum Anda memulai bisnis yang akan dijalankan. Jika Anda masih setengah hati dan mempunyai banyak keraguan dalam hati untuk memulai bisnis, akan sangat mudah bagi Anda untuk dilempar oleh kondisi. Jangan pernah biarkan usaha keras Anda yang sudah dirintis berhenti di tengah jalan begitu saja.

2. Rencana Bisnis yang Matang

Tips yang kedua ialah memiliki rencana bisnis yang matang. Tetapi, ingatlah untuk membuat rencana bisnis yang inovatif dan fleksibel supaya bisnis bisa berkembang dengan baik.

3. Berpikir Kreatif dan Inovatif

Kreatif merupakan kunci utama untuk memulai suatu bisnis. Perusahaan yang baik akan selalu bisa menghasilkan produk yang inovatif dan konsisten. Sama dengan Boss Boba, pastinya ada franchise baru di sini dengan konsep dan cita rasa minuman yang kekinian dan mengikuti perkembangan zaman.

4. Memahami Persaingan Bisnis

Bisnis ialah peluang yang kompetitif. Untuk memenangkan sebuah persaingan, yang terbaik ialah dengan mempelajari sifat dari persaingan Anda. Tidak apa-apa jika mengakui keunggulan dari pesaing, tetapi teruslah belajar dan lihat bagaimana mereka bisa sampai unggul. Dari pembelajaran ini Anda dapat membuat penilaian supaya produk yang sedang dikembangkan bisa jauh lebih baik.

5. Siap Menghadapi Rintangan

Membutuhkan keberanian yang besar untuk menjadi pebisnis yang sukses. Karena untuk mendapatkan hasil terbaik pastinya akan membutuhkan proses dengan berbagai kendala. Yang harus dilakukan ialah menganalisis dan bersiap untuk menghadapi yang terburuk, yang dapat terjadi kapan saja.

Ide Bisnis Cocomesh Sabut Kelapa

Ide Bisnis Cocomesh Sabut Kelapa

Hampir di semua bagian dari pohon kelapa dapat dimanfaatkan. Tak terkecuali sabut kelapa. Bahan ini sering kali diabaikan, padahal potensi ekonomi pada sabut kelapa lumayan tinggi untuk diolah menjadi berbagai kerajinan tangan yang memiliki nilai seni yang tinggi.

Selama ini sabut kelapa sering dipakai sebagai media hanya untuk mencuci piring atau alat masak. Banyak orang yang tidak menyadarinya, bahwa sebenarnya sabut kelapa ini mempunyai banyak sekali pesona. Pada saat sabut kelapa berada di tangan seseorang yang mempunyai kreativitas tingkat tinggi, bisa memberikan manfaat pada sabut kelapa hingga disulap menjadi berbagai kerajinan tangan yang unik.

Mempertanyakan peluang bisnis produk turunan dari pohon kelapa ternyata masih terbuka lebar. Tidak hanya ada di pasar lokal, tapi juga di pasar luar negeri. Hal tersebut tidak terlepas dari semua kelebihan produk yang dihasilkannya. Demikian juga, peluang terbesar, pasti saja, pada produk yang sudah jadi.

Memang untuk menghasilkan berbagai produk kelapa diperlukan teknologi yang terbilang tidak murah. Tetapi harga yang tinggi akan terbayar dengan lunas karena produk tersebut akan terjamin di pasaran.

Teknologi pada sabut kelapa, awalnya dipakai dalam pembuatan untuk jok mobil Mercedes. Karena bahan sabut kelapa bersifat alami, tidak berbau, lalu mempunyai daya serap air yang cukup tinggi, dapat menyerap bau pada permukaannya, tidak akan berjamur, tidak akan berubah bentuk dan mempunyai masa pakai yang lama.

Penggunaan sabut kelapa semakin marak dengan ditemukannya suatu teknologi untuk pengendalian erosi tanah berupa Cocomesh (coir net geotextille) atau sabut kelapa. Anyaman yang dibuat menjadi jaring yang berasal dari sabut kelapa.

Cocomesh sangat diperlukan karena pada biasanya diaplikasikan pada lereng, tebing, taman, drainase bahkan bagi garis pantai untuk melindungi garis pantai dari ancaman terjadinya abrasi pada air laut. Hal tersebut dapat menjadikan sabut kelapa saat ini banyak dipakai pada industri furnitur dalam pembuatan kasur, sofa bahkan karpet.

Selain sabun VCO dan VCO, pastinya membuat kasur, sofa dan karpet bisa dikatakan paling menggiurkan. Yusri yang mula dari awal hanya mempunyai 10 pegawai ini meyakini jika bisnis ini bisa membuka lapangan kerja yang luas. Jika itu hanya akan menjadi semacam pekerja harian lepas, itu masih cukup bagus.

Sembari dengan mengembangkan usahanya dengan membidik berbagai peluang pasar, pastinya Yusri juga masih akan dihadapkan oleh berbagai kendala dan tantangan. Ya itu bisnis, pasti akan ada suka dan dukanya juga.

Seperti saat ini. Kendala yang sedang dihadapi bisnisnya antara lain yaitu jatuhnya harga sabut kelapa karena krisis global. Tetapi secara keseluruhan, bisnis turunan dari kelapa ini masih bisa sangat menjanjikan. Walaupun harganya dapat dipengaruhi oleh pasar global.

Nah itulah gambaran untuk kalian semua yang ingin memulai bisnis cocomesh jaring sabut kelapa. Kalian harus berani untuk mencoba, selamat mencoba dan semoga Anda sukses.

About Pher jaya

Check Also

4 Kalimat Untuk Menanyakan Paham dalam Bahasa Inggris

Salah satu hal yang sering kali dilaksanakan didalam pembicaraan adalah menanyakan apakah lawan bicara mengerti …