Home / Bisnis / Model Pintu Emergency yang Banyak Digunakan

Model Pintu Emergency yang Banyak Digunakan

Pintu darurat atau pintu emergency harus dimiliki oleh sebuah gedung dengan tingkat kunjungan yang tinggi. Pintu besi emergency ini berfungsi untuk membantu mempercepat proses evakuasi pada saat gedung tersebut mengalami kondisi darurat.

Kondisi darurat ini bisa terjadi setiap saat dan tidak ada yang bisa memprediksi kapan datangnya. Sebut saja gempa bumi, kebakaran dan hal lain yang mengharuskan terjadinya evakuasi pada seluruh pengunjung gedung tersebut. Lantas seperti apa model pintu darurat yang baik dan harus digunakan?

Peraturan Tentang Pintu Darurat

Kewajiban setiap gedung atau fasilitas umum untuk menyediakan pintu besi emergency sendiri sudah diatur dalam Peraturan Menteri Republik Indonesia No. 36 Tahun 2005 pada pasal nomor 59. Didukung juga dengan Peraturan Menteri PUPR No. 14 Tahun 2017.

Dalam peraturan tersebut, disebutkan bahwa setiap gedung atau bangunan wajib memiliki pintu darurat sebagai akses evakuasi. Adapun model pintu darurat sendiri, juga memiliki aturan yang tertulis pada Peraturan Menteri PUPR No. 26/PRT/M/2008.

Peraturan tersebut menyebutkan kalau model pintu darurat sendiri harus mempunyai desain yang fleksible agar bisa dibuka dari dalam maupun luar.

Pintu pun harus tahan terhadap api pada saat terjadi kebakaran setidaknya selama 2 jam, dilengkapi dengan setidaknya tiga engsel pintu, tuas pembuka pintu serta penutup pintu otomatis.

Di samping itu, pada model pintu darurat yang umum digunakan harus tertera juga tanda bahwa pintu tersebut adalah pintu darurat. Pintu pun harus dicat dengan cat berwarna merah dan dilengkapi dengan kaca tahan api.

Model pintu darurat diharuskan bisa menutup secara otomatis adalah untuk menghindari penyebaran asap di jalur evakuasi pada saat terjadi kebakaran yang dapat menyebabkan banyak orang bisa menjadi lemas dan sulit bernafas untuk menyelamatkan diri.

Model pintu yang menggunakan material besi pun dinilai lebih kuat serta tahan lama. Maintenance dan perbaikannya pun terbilang lebih mudah. Pintu darurat yang digunakan untuk setiap bangunana haruslah yang sudah memiliki sertifikasi dengan teknologi yang sudah baik.

Untuk informasi mengenai model pintu besi emergency yang memenuhi persayaratan dan banyak digunakan kunjungi Selaras Lawang Sewu.

About Pher jaya

Check Also

Pelajari bahasa pemrograman baru untuk maju dalam kehidupan profesional Anda

Mempelajari bahasa pemrograman baru adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan …