Home / Elektronik / Cara Pasang Antena TV Digital Outdoor Edisi 2022

Cara Pasang Antena TV Digital Outdoor Edisi 2022

Wawasan dasar mengenai cara pasang antena TV digital outdoor yang sahih terlalu vital bagi pengguna yang masih pemula. Sangat mungkin beroleh mutu frekuwensi UHF terkuat, stabil bersama dengan jumlah saluran lengkap.

Pesawat televisi merupakan keliru satu peralatan elektronik yang tentu digunakan oleh lebih dari satu besar penduduk Indonesia. Menghadirkan suatu hiburan perdeo didalam bermacam aliran untuk semua anggota keluarga di tempat tinggal.

Tak hanya tersebut, format siaran di dalam industri pertelevisian sudah mengenakan frekuensi digital yang lebih berkualitas. Menambahkan detail rona jernih tanpa noise bersama resolusi gambar minimal setara High Definition.

Untuk memperoleh tontonan jernih, frekuwensi kuat dan jumlah saluran lengkap membutuhkan sedikit bisnis. Dimana, anda wajib jelas cara pasang antena TV digital outdoor bersama baik dan sahih sehingga hasilnya maksimal.

Alasan Memilih Antena Outdoor

Hadirnya siaran digital yang menggantikan analog membawa dampak antusiasme penduduk meningkat secara berarti. Disisi lain, pangsa pasar berkaitan penjualan TV LED dan antena UHF juga mendapatkan pengaruh positif.

Terhadap prinsipnya, pesawat televisi sebatas bertugas menampilkan konten berupa gambar dan melodi saja. Sedangkan penangkapan frekuensi UHF berkenaan bersama komponen antena sebagai penerima frekuwensi berasal dari pemancar.

Kudu anda ketahui bahwa antena UHF digital terbagi jadi dua kategori yaitu indoor dan outdoor. Pemilihan model ini akan berpengaruh besar pada kuaitas siaran TV dan jumlah channel yang diperoleh.

Lebih dari satu besar orang lebih memilih antena digital model outdoor bersama dengan alasan sebagai berikut:

 

  • Sangat cocok bagi pengguna yang tinggal di perkotaan maupun pedesaan.
  • Mampu menerima sinyal dengan baik meskipun lokasi pemancar jaraknya cukup jauh.
  • Intensitas sinyal yang diterima jauh lebih kuat dan stabil daripada¬†antena tipe indoor.
  • Jumlah saluran yang bisa kamu tangkap relatif banyak dan lengkap.

Antena UHF outdoor ini merupakan perangkat terbaik bagi mereka yang ingin memperoleh sinyal kuat dengan jumlah channel lengkap. Namun, proses pemasangan membutuhkan sedikit usaha dan tidak sesimpel tipe indoor.

 

Cara Pasang Antena TV Digital Outdoor

Kami telah merangkum sebuah panduan yang memudahkan pemula untuk cara pasang antena TV Outdoor. Supaya tidak terjadi kesalahan sedikitpun karena mempengaruhi hasil penangkapan sinyal UHF.

Berikut tahapan pemasangan antena TV digital outdoor dengan benar:

1. Siapkan Peralatan
Pada dasarnya, semua antena UHF bisa menangkap frekuensi DVB-T2 meskipun tanpa embe – embel digital. Namun, tipe outdoor terbaru di rancang khusus mempunyai kepekaan tinggi dengan aluminium lebih baik.

Siapkan semua peralatan yang dibutuhkan untuk proses pemasangan Antena UHF agar berjalan lancar dan cepat.

Antena UHF tipe outdoor
Kabel antena coaxial atau kabel parabola.
Tiang penyangga berupa besi atau bambu.
Booster TV digital hanya bersifat optional.
2. Rakit Antena TV Digital
Mungkin, kamu baru saja membeli salah satu antena terbaru dengan model tertentu baik versi biasa maupun remote. Akan tetapi bentuk Yagi yang memanjang seperti sirip ikan mempunyai kepekaan paling tinggi.

Rakit antena UHF outdoor mengikuti gambar yang tertera pada brosur dan pasang driver sesuai posisi tepat. Sambungkan kabel ke port antena sambil memutar baut agar terkunci dengan baik, pastikan tidak longgar.

3. Pasang Tiang Antena
Cari lokasi terbaik menurut kondisi geaografis rumah kamu yang memudahkan dalam memutar dan mengakses tiang. Bisa menggunakan media bambu atau besi yang lebih kuat dengan daya tahan paling baik.

Tempelkan antena UHF outdoor yang berisi kabel ke ujung atas tiang lalu berdirikan sampai tegak lurus. Pada proses ini, silahkan meminta bantuan orang lain lalu tancapkan tiang ke media yang tersedia sebelumnya.

4. Hubungkan Ke Televisi
Ketika tiang telah terpasang, tarik kabel antena menuju lokasi pesawat TV baik tipe tabung maupun LED. Sambungkan ke port yang tersedia di belakang bodi televisi kamu dan pastikan listrik tidak dalam keadaan menyala.

Usahakan tidak menggunakan booster TV bagian atas maupun bawah terlebih dahulu, karena frekuensi digital tidak membutuhkan alat tersebut.

5. Scan dan Nonton Siaran
Apabila kabel antena telah tersambung, hidupkan pesawat TV melalui tombol power pada remote kontrol. Lanjutkan tekan menu sampai jendela baru terbuka dan masuk ke pencarian otomatis untuk memindai saluran digital.

Pastikan arah antena sudah tepat menghadap ke pemancar terdekat agar hasil penangkapan sinyal maksimal. Selanjutnya, silahkan menonton siaran TV digital yang berkualitas dengan gambar super jernih.

About Pher jaya