Home / Uncategorized / Tips Agar Kelapa Parut Tidak Cepat Basi

Tips Agar Kelapa Parut Tidak Cepat Basi

Tips agar kelapa parut tidak cepat basi – Kelapa parut merupakan sebuah bahan untuk dijadikan santan, sebelum menjadi santan terdapat tahapannya terlebih dahulu. Untuk mengolahnya sangat mudah yaitu pertama tama di ambil daging dari kelapanya kemudian di parut dan di peras untuk menghasilkan santan, terlihat mudah kan?

Biasanya kelapa ini digunakan untuk bahan pembuatan masakan yaitu sebagai kuahnya. Selain dijadikan santan kelapa parut juga bisa digunakan sebagai topping makanan tradisional, caranya yaitu di taburkan diatasnya dan akan menghasilan rasa gurih yang enak.

Di Indonesia kebutuhan akan kelapa selalu meningkat dari hari ke hari, jadi usaha kelapa ini sangat menarik untuk dilakukan.

Namun perlu diketahui kelapa mudah basi dan mudah bau, jadi perlu cara untuk menyimpannya. Untuk cara menyimpannya terdapat dua cara yaitu menggunakan kulkas dan tanpa kulkas. Simak penjelasan di bawah ini.

Tips Agar Kelapa Parut Tidak Cepat Basi

tips agar kelapa parut tidak cepat basi

Ada banyak cara untu menyimpan kelapa agar awet, salah satunya di simpan didalam kulkas. Beikut ini penjelasan cara menyimpn kelapa dikulkas.

1. DIMASUKKAN LANGSUNG

Cara yang pertama ini sangatlah mudah untuk dilakukan, kelapa yang sudah dicuci bersih kemudian dimasukan kedalam wadah. Untuk wadahnya bisa berupa toples maupun plastik juga bisa, selanjutnya dimasukkan ke dalam kulkas langsung, mudah kan?

2. BERI TAMBAHAN GARAM

Untuk cara yang ini sangat cocok untuk kelapa yang sudah jadi parutan. Maksud dari diberi tambahan garam yaitu parutan kelapa yang sudah menjadi satu kemudian beri sedikit garam lalu aduk hingga merata. Kemudian dimasukkan kulkas, dengn cara ini bisa menghindari kelapa parut yang mudah basi.

3. SANTAN BEKU

Hal ini berlaku untuk kelapa yang sudah menjadi santan, caranya sangat mudah yaitu jadikan satu santan ke wadah yang longgar kemudian ditutup dalam keadaan rapat. Jika sudah tertutup rapat maka santan siap dimasukkan ke dalam freezer kulkas untuk dijadikan santan beku. Dengan cara ini bisa mengawetkan santan hingga berminggu minggu.

Selain disimpan di kulkas ternyata kelapa juga mudah disimpan di tempat tertentu dengan berbagai cara. Berikut ini cara menyimpan kelapa tanpa menggunakan kulkas, sangat cocok bagi Anda yang belum mempunyai kulkas.

4. DISIMPAN DALAM KEADAAN SUDAH DI PARUT

Cara menyimpan kelapa parut agar tidak basi sangat mudah dilakukan. Prosesnya yaitu kelapa yang sudah diparut bisa disimpan ke dalam kulkas, jangan lupa tambahkan sedikit garam lalu dicampur dan dimasukkan ke dalam wadah. Dengan cara ini kelapa bisa awet kurang lebih 3 bulan.

5. DIRENDAM DALAM AIR

Mungkin cara ini terbilang cara yang sangat gampang dan mudah dilakukan. Biasanya berlaku untuk daging kelapa yang belum diolah. Cara nya yaitu siapkan wadah yang bersih lalu diisi air secukkupnya kemudian masukkan daging kelapa ke dalam wadah tersebut. Jangan lupa untuk selalu mengganti air supaya tidak mudah basi dan bau. Dengan cara ini bisa membuat kelapa awet lebih lama, tergantung dari Anda mengganti air nya.

6. DIKUKUS

Cara yang selanjutnya ini membutuhkan sebuah alat yaitu kompor. Anda perlu mengukus kelapa parut terlebih dahulu sebelum disimpan. Dengan di kukus ini kelapa parut lebih awet. Saat pengukusan gunakan api kecil dan kukus selama kurang lebih 10 menit. Biasanya kelapa parut kukus ini digunakan untuk pengusaha kuliner digunaan sebagai topping diatasnya.

7. SEGERA GUNAKAN

Kelapa akan lebih baik jika langsung digunakan, maka dari itu kelapa yang sudah dibelah langsung digunakan saja. Selain menanggung resio busuk kandungan kelapa yang langsung dipakai lebih banyak karena masih fresh.

Sangat mudah kan menyimpan kelapa supaya tidak cepat basi? Sekian sedikit ulasannya selamat mencoba semoga berhasil!

About Pher jaya

Check Also

Cara Membasmi Rumput Liar

Cara Membasmi Rumput Liar

Cara membasmi rumput liar – Cuka mengandung asam asetat, yang dapat membunuh gulma secara efektif …