Home / Uncategorized / Cara Membuat Bumbu Kecap Sate Kambing Dengan Mudah

Cara Membuat Bumbu Kecap Sate Kambing Dengan Mudah

Cara membuat bumbu kecap. Resep Sate Kambing Bumbu Kecap ini seakan tak pernah kehilangan popularitasnya. Makanan khas Indonesia yang mempunyai citarasa nikmat dan lezat ini selalu memiliki penggemar dari berbagai penjuru Nusantara. Rasanya yang enak dan cara membuat yang tidak terlalu sulit ini membuat banyak orang suka dengan makanan sate ini.

Sate, Satai, atau dikenal juga di luar negeri dengan sebutan Satay merupakan resep masakan yang dibuat dari potongan daging berbentuk kotak dan menggunakan lidi untuk memudahkan pegangannya. Daging yang digunakan untuk membuat sate itu ada bermacam-macam, seperti daging ayam, daging sapi, daging kambing, daging domba, dan lain sebagainya. Ciri khas dari sate ini adalah cara memasaknya, yaitu dipanggang atau dibakar diatas bara api sambil diolesi bumbu.

 

Cara Menghilangkan Bau Daging Kambing

  1. Sebelum dimasak, daging kambing disiram dengan tetesan air jeruk nipis secara merata. Kalau tidak ada jeruk nipis, bisa menggunakan daun jeruk limau.
  2. Selain air jeruk nipis, bisa juga dengan menggunakan daun jambu klutuk. Caranya daun jambu klutuk itu ditumbuk, kemudian lumuri pada daging kambing sebelum dimasak.
  3. Seringkali kita mencuci daging kambing sebelum dimasak dengan maksud untuk menghilangkan bau prengusnya, padahal sebetulnya tidak akan berpengaruh. Justru sebaiknya Anda langsung mengolah daging kambing yang baru disembelih tanpa mencucinya terlebih dahulu. Bau amis atau prengus itu akan berkurang dengan sendirinya kalau dimasak dengan benar (sampai meresap, tanak, dan cukup waktu).

 

Cara Memotong Daging Kambing Untuk Sate

Sebelum memulai membuat sate kambing, ada baiknya Anda perlu memperhatikan beberapa tips memotong daging untuk sate. Kalau dilihat sekilas memotong daging memang terlihat sangat mudah, tapi kalau salah memotongnya, justru akan membuat hasil olahan daging itu sendiri menjadi alot atau keras, apalagi untuk olahan sate.

Berikut cara memotong daging untuk sate:

  • Potong daging memanjang searah dengan seratnya.
  • Potong dadu berlawanan dengan arah serat
  • Tusukkan potongan dadu dengan arah serat secara horizontal, supaya daging tidak mudah lepas dari tusuk sate

 

Cara Membuat Bumbu Kecap Sate Kambing

Bahan-bahan

  • 500 gr daging kambing
  • 10 siung bawang putih
  • 1 sdm ketumbar
  • 10 butir kemiri
  • 250 gr gula merah
  • 2 sdt garam
  • 4 butir bawang merah
  • Kecap
  • Cabai (sesuai selera)

Cara Membuat Sate Kambing Bumbu Kecap

  1. Langkah pertama adalah memotong daging kambingnya berbentuk dadu. Perhatikan cara memotong dagingnya sesuai dengan yang sudah kami beri tipsnya diatas supaya sate kambing yang dihasilkan mempunyai tekstur yang empuk dan enak.
  2. Haluskan bumbu-bumbu yang diperlukan seperti bawang putih, ketumbar, kemiri, gula merah, cabai dan garam.
  3. Kemudian rendam daging kambing dengan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan tadi.
  4. Tusuk daging kambing dengan menggunakan tusuk dari bambu, Anda juga bisa membuat tusuk sate sendiri dengan menggunakan mesin tusuk sate. Satu hal yang harus diperhatikan adalah dalam setiap tusukan usahakan jangan terlalu rapat karena akan mempengaruhi proses pembakaran.
  5. Bakar sate kambing sampai matang dengan sesekali diolesi kecap manis, tapi jangan terlalu banyak karena akan membuat dagingnya menjadi cepat gosong.
  6. Supaya tambah sedap, Anda bisa mengiris cabai dan bawang merah tipis-tipis lalu campur dengan kecap manis.
  7. Sajikan sate kambing dengan bumbu kecap tersebut.

 

Manfaat Makan Sate Kambing

cara membuat bumbu kecap sate kambing

1. Meningkatkan Massa Otot

Manfaat mengonsumsi daging kambing yang penting diketahui yakni sebagai salah satu asupan makanan untuk menambah massa otot. Hal ini karena daging kambing secara lebih banyak mengandung protein berkualitas.

Protein yang tinggi di dalam daging kambing cukup tepat untuk dikonsumsi. Sebab, asam amino tidak disertai banyak kalori saat dikonsumsi tubuh. Nah, bagi Anda yang sedang rutin berolahraga untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal, mengonsumsi daging kambing nampaknya penting untuk dipertimbangkan.

2. Meningkatkan Pembakaran Lemak

Manfaat mengonsumsi daging kambing berikutnya yakni mampu meningkatkan proses pembakaran lemak pada tubuh. Lemak secara tidak langsung kemudian akan diubah menjadi energi di dalam tubuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin B yang banyak terdapat di dalam daging kambing. Maka dari itu, asupan daging kambing rasanya tepat pula untuk mendapatkan berat badan secara ideal.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Kanker

Tahukah Anda bahwa mengonsumsi daging kambing mampu mencegah risiko penyakit kanker. Hal ini diperoleh dengan mudah karena daging kambing memiliki kandungan tinggi vitamin B12, selenium, kolin, dan sebagainya. Berbagai kandungan tersebut dibutuhkan tubuh untuk melawan berbagai pemicu risiko kanker di dalam tubuh. Selain itu, vitamin B12 juga tepat untuk mencegah stres berlebihan, Depresi, hingga gangguan kecemasan.

4. Baik untuk Kesehatan Jantung

Mengonsumsi daging kambing juga rupanya baik bagi kesehatan jantung. Pada dasarnya, daging kambing justru memiliki kadar kolesterol yang jauh lebih rendah daripada jenis daging lainnya. Bahkan, mengonsumsi daging kambing secara rutin cukup dianjurkan. Konsumsi daging kambing sebanyak dua kali dalam satu bulan untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat daging kambing yang berikutnya yakni sebagai asupan yang mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan zat besi yang berperan aktif untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Zat besi tersebut yang nantinya akan melawan berbagai bakteri, kuman, hingga virus untuk dilumpuhkan. Itu mengapa, mengonsumsi daging kambing dalam porsi yang cukup akan membuat Anda terhindar dari berbagai penyakit.

6. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi yang tinggi pada daging kambing juga berperan aktif untuk menambah suplai darah di dalam tubuh. Hal ini membuat, siapa saja yang mengonsumsi daging kambing akan terhindar dari penyakit anemia atau kekurangan darah.

About Pher jaya

Check Also

Contoh Bisnis UMKM Untuk Anda yang Ingin Memulai Bisnis

Contoh Bisnis UMKM– Usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM adalah usaha produktif yang dijalankan …