Home / Elektronik / Jenis, Bahan Bakar dan Kegunaan Oven

Jenis, Bahan Bakar dan Kegunaan Oven

Sebagian besar ibu rumah tangga tentu ingin berkreasi membuat kue. Apalagi saat ini dengan perkembangan sosial media memudahkan kita menemukan resep kue. Kita dapat membuatnya dirumah selain untuk konsumsi pribadi juga bisa sebagai ide awal memulai usaha.

Jika anda memiliki minat di bidang kuliner. Usaha pembuatan kue bisa menjadi salah satu pilihan. Ada banyak acara yang memang membutuhkan kue, seperti arisan, pernikahan, dan pengajian.

Namun sebelum anda menjalankan bisnis tersebut, ada baiknya membaca artikel kami dibawah ini mengenai jenis oven, bahan bakar dan kegunaan macam macam oven:

 

1. Oven Konvensional

Istilah oven konvensional digunakan untuk jenis yang menyatu dengan set kompor yang memiliki tungku. Harga oven ini memang relative mahal sehingga biasanya ditemui di rumah tangga menengah ke atas. Kelebihan oven jenis ini adalah pintu yang lebih rapat sehingga mampu menahan panas agar tidak keluar. Kapasitas oven ini juga cukup besar sehingga mampu memanggang kue lebih banyak. Hanya terkadang panas yang mengalir tidak rata, jika kita tidak rajin akan ada sebagian kue yang gosong.

 

 

2. Oven Konveksi

Oven konveksi memiliki karakteristik seperti oven konvensional. Hanya yang membedakannya adalah memiliki kipas. Fungsi dari kipas tersebut adalah membuat udara panas yang berada dalam oven dapat bergerak di sekitar ruangan. Hal ini menyebabkan panas dapat tersebar tidak berpusat di satu titik. Kelebihan ini yang membuat oven jenis ini tidak mengalami hot spot atau panas yang tidak merata.

Saat anda membuat kue dengan oven ini, maka akan menghemat waktu 10-20 % dibandingkan menggunakan oven konvensional. Kue yang dihasilkan akan lebih renyah dan garing. Resiko terjadinya kue gosong juga dapat diminimalisir karena udara panas yang menyebar. Saat ini juga sudah banyak produk oven konvensional yang dilengkapi fitur kipas seperti oven konveksi.

 

 

3. Oven Tangkring

Oven tangkring merupakan istilah untuk oven yang terbuat dari besi atau aluminium. Dimana cara penggunaannya adalah dengan diletakkan diatas kompor.

Jenis oven ini memang memiliki harga yang tidak terlalu mahal. Jika anda ingin memulai usaha kue tidak ada salahnya membeli oven ini. Tidak ada penunjuk panas dalam oven ini. Anda diharuskan sering melihat kue anda saat di panggang. Jika anda mau menambahkan thermometer akan lebih membantu memantau suhu.

Di pasaran terdapat dua jenis oven tangkring yakni yang lurus di bagian atasnya dan memiliki cekungan. Tingkat keberhasilan dalam membuat kue dengan oven ini adalah pada pengaturan api. Usahakan menggunakan api sedang agar tidak mudah gosong.

Rekomendasi untuk anda : jual oven gas

 

 

 

4. Oven Listrik

Oven listrik merupakan oven yang menggunakan listrik sebagai bahan bakarnya. Ukuran yang biasa digunakan di dalam rumah tangga biasanya kurang dari 20 L. Oven listrik dengan kapasitas ini tidaklah membutuhkan tempat yang terlalu besar. Apalagi saat ini kebanyakan rumah baru dibangun dengan luas tanah yang minim. Sehingga diperlukan peralatan dapur yang minimalis agar tidak membutuhkan tempat yang lapang.

Secara penggunaan jenis oven ini juga relatif mudah. Teknologi yang terdapat didalamnya sudah ada tombol pengatur untuk memasaknya. Sehingga anda tidak perlu repot-repot untuk selalu mengawasi kue yang anda buat. Anda bisa mengerjakan aktivitas lainnya.

 

Oven listrik saat ini juga banyak menggunakan stainless steel sehingga lebih awet.

Saat anda ingin membeli oven listrik maka ada baiknya anda perhatikan dayanya. Sesuaikan dengan kondisi listrik dirumah anda.

 

Jangan sampai ketika sudah dibeli ternyata listrik rumah anda tidak mendukung, menjadikan oven listrik tersebut tidak dapat digunakan. Selain itu perlu diperhatikan pemanasnya, usahakan oven tersebut menggunakan pemanas atas dan bawah.

Di antara jenis oven lainnya memang oven listrik lebih praktis. Untuk anda seorang pemula maka hanya perlu menekan tombol otomatis. Lantas ia akan bekerja sesuai instruksi yang kita berikan. Saat membuat kue dengan api ini kita dapat juga melakukan kegiatan lainnya.

 

Namun harga oven ini memang lebih mahal dibanding oven lainnya. Hanya jika dibandingkan dengan kemudahan penggunaannya tentu sangat sebanding.

Untuk pemula oven ini juga sangat membantu, apalagi untuk ibu-ibu rumah tangga yang masih memiliki anak kecil. Selain itu resiko kue menjadi gosong dapat diminimalisir dengan pengaturan yang baik.

About Pher jaya