Home / kelinci / Makanan yang Baik Untuk Kelinci

Makanan yang Baik Untuk Kelinci

Makanan yang baik untuk kelinci – Kelinci adalah hewan peliharaan yang sering dikembangbiakkan. Untuk kelancaran kelinci, pemilik hewan peliharaan perlu memberikan pakan kelinci yang tepat. Seperti kebanyakan makhluk hidup, kelinci membutuhkan makanan untuk bertahan hidup dan tumbuh.

Ada beberapa makanan kelinci bergizi yang tersedia. Kelinci adalah hewan herbivora yang suka memakan tumbuhan. Namun, perlu Anda ketahui bahwa tidak semua tanaman bisa dimakan oleh kelinci.

Berikut ini adalah daftar makanan kelinci sehat dan bergizi yang Sedulur dapat dengan mudah mendapatkan untuk diberikan kepada kelinci peliharaan di rumah. Yuk, cek daftarnya di bawah ini!

Makanan yang Baik Untuk Kelinci

makanan yang baik untuk kelinci

1. Rumput

Makanan pertama kelinci adalah rumput. Ini juga merupakan jenis tanaman yang sangat mudah didapatkan untuk sedulur. Rumput merupakan salah satu jenis makanan kelinci yang tinggi serat dan baik untuk kebutuhan nutrisi kelinci. Apalagi jika kelinci sedang hamil atau menyusui.

Ada berbagai jenis rumput yang baik untuk dimakan kelinci. Yang pertama adalah rumput alfa, rumput timothy, rumput teki, rumput gajah, rumput kering atau jerami. Semua jenis rumput tersedia dari Sedulur, karena biasanya diperdagangkan sebagai makanan kelinci oleh beberapa pengecer makanan hewan.

Satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah memastikan gulma bebas pestisida. Karena setiap jenis tanaman yang mengandung pestisida adalah makanan yang tidak boleh dimakan kelinci. Pestisida mengandung racun yang berbahaya bagi tubuh.

2. Kankung

Jika Anda bertanya apa makanan favorit kelinci? Jawabannya adalah kangkung. Memberi kelinci sayur adalah pilihan yang tepat untuk menutupi asupan makanannya. Kale adalah makanan yang baik untuk kelinci. Namun, Sedulur tidak selalu memberikan kubis, oke? Berikan kelinci berbagai sayuran lain untuk dimakan untuk mempertahankan pola makan mereka.

3. Seledri

Jenis makanan kelinci lainnya adalah seledri. Sedulur bisa menambahkan seledri ke menu wajib kelinci kesayangan. Seledri merupakan tanaman yang kaya akan vitamin dan nutrisi, sehingga kelinci sedulur tetap sehat dan tumbuh dengan baik.

Sedulur menyukai seledri karena aromanya yang harum dan daunnya yang lembut dapat membuat makanan yang Anda santap menjadi lezat. Nah, berbeda dengan kelinci, dia lebih suka stik seledri karena teksturnya yang renyah dan mudah digigit oleh gigi kelinci.

4. Selada

Salah satu makanan kelinci yang cepat tumbuh adalah selada. Kandungan sayuran ini kaya akan mineral, vitamin dan berbagai nutrisi lainnya. Selada memiliki tekstur yang renyah dan aroma yang menyegarkan. Hal ini membuat kelinci sangat lapar saat memakan selada.

Tidak hanya kelinci, sedulur juga banyak yang menyukai sayur ini. Selada bisa menjadi lalapan yang sangat nikmat karena bisa melengkapi menu, terutama lauk dengan sambal dan ikan asin. Bahkan, salad menjadi sangat populer belakangan ini karena sering muncul di drama Korea sebagai pelengkap makanan.

5. Kubis

Ketika ditanya apa yang dimakan kelinci? Makanan utama kelinci tentu saja sayuran. Selain rumput, kangkung, seledri dan selada, Sedulur juga menawarkan kubis untuk kelinci. Baik kubis berwarna putih atau kubis berwarna ungu. Lagi-lagi karena teksturnya yang renyah membuat kelinci menyukai kubis.

Diketahui bahwa makanan favorit kelinci adalah sayuran yang renyah. Selain renyah, kubis dikenal dengan kandungan seratnya yang tinggi, sehingga dapat memberi makan kelinci. Belum lagi kelinci, manusia juga menyukai sayuran yang satu itu.

6. Brokoli

Brokoli adalah salah satu makanan kelinci terbaik. Kandungan brokoli kaya akan vitamin dan mineral, sehingga sangat baik untuk kesehatan kelinci. Selain itu, brokoli juga tinggi serat yang berfungsi untuk menjaga sistem pencernaan kelinci tetap waspada.

Namun, sayuran ini memiliki harga yang cukup mahal jika hanya digunakan sebagai pakan kelinci. Lebih ideal bila dikonsumsi sebagai asupan makanan sehari-hari. Sedulur tidak harus memberikan brokoli sebagai makanan utama, Sedulur bisa mencampur brokoli dengan sayuran lain untuk menutupi asupan makanan kelinci.

7. Tomat

Tomat adalah makanan yang baik untuk kelinci. Hal ini karena tomat sangat tinggi antioksidan yang dapat mencegah sistem kekebalan kelinci mudah sakit. Disarankan untuk memberi makan tomat pada kelinci yang masih kecil, karena baik untuk mengoptimalkan daya tahan tubuh kelinci.

BACA JUGA: mesin pencacah rumput multifungsi

8. Wortel

Ini adalah sayuran yang sangat identik dengan kelinci. Dalam film kartun, Sedulur pasti sudah sering melihat penggambaran kelinci yang selalu membawa wortel kemanapun mereka pergi. Sekali lagi, yang membuat kelinci menyukai wortel adalah karena rasanya yang renyah dan manis. Saudara-saudara pasti sangat mewaspadai jenis makanan ini.

9. Ubi jalar

Umbi-umbian merupakan makanan yang sangat dianjurkan untuk kelinci. Selain wortel, ubi jalar merupakan jenis umbi yang paling cocok untuk kelinci. Karena kandungan serat, vitamin dan mineral yang tinggi, kebutuhan nutrisi harian kelinci dapat terpenuhi secara optimal.

10. Jagung

Jagung merupakan salah satu makanan favorit kelinci. Kandungan gizi jagung yang tinggi sangat dibutuhkan oleh kelinci. Selain itu, tekstur jagungnya juga sangat unik, lembut sekaligus renyah. Inilah yang membuat kelinci begitu populer dengan jenis biji-bijian ini.

11. Kacang-kacangan atau biji-bijian

Selain jagung, Sedulur juga bisa memasok biji-bijian lainnya. Diketahui bahwa biji-bijian mengandung kandungan kalori yang tinggi dengan asupan makanan yang cukup untuk kelinci peliharaan. Tidak hanya sereal, tetapi juga berbagai jenis kacang yang cocok untuk kelinci. Misalnya kacang tanah, kacang hijau dan kedelai. Tekstur kacang yang renyah membuat kelinci sedulur menelan ludah sambil mengunyah.

12. Apel

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kelinci, Sedulur bisa memberikannya buah-buahan. Sama seperti sayuran, kandungan nutrisi, vitamin dan serat dalam buah sangat tinggi. Ini membuat buah-buahan ideal untuk makanan kelinci agar tumbuh dan sehat.

Salah satu buah yang disukai kelinci adalah apel. Kandungan gula alami dan tekstur apel yang renyah dan lembut membuat kelinci sangat menyukai buah ini. Namun, jika menurut Sedulur apel cukup mahal untuk pakan kelinci, sebaiknya jangan dijadikan makanan pokok. Kakak bisa mencampurnya dengan jenis makanan kelinci lainnya seperti kangkung, wortel, atau tomat.

13. Buah pepaya

Buah selanjutnya yang bisa dijadikan makanan kelinci adalah pepaya. Pepaya merupakan salah satu buah yang disukai kelinci. Kandungan serat dan air yang tinggi membuat buah pepaya bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan kelinci. Namun, Sedulur tidak boleh memberi kelinci pepaya secara berlebihan. Hal ini justru dapat menyebabkan diare dan gangguan pencernaan pada kelinci. Tentu saja Sedulur tidak mau bukan?

14. Pelet khusus kelinci

Jika Sedulur tidak sempat menyiapkan daftar makanan kelinci di atas, Sedulur bisa memberikan pelet khusus kelinci. Pakan ini sangat cocok ketika Sedulur tidak memiliki cukup waktu luang untuk memberi makan kelinci. Banyak pet store yang menjual pelet khusus kelinci dengan nutrisi lengkap yang disesuaikan dengan kebutuhan kelinci. Namun, konsumsi pelet tidak boleh berlebihan. Kakak tetap perlu menjaga pola makan kelinci yang seimbang melalui sayur atau buah.

Setelah mengetahui pakan mana yang dapat mempengaruhi pertumbuhan kelinci, Sedulur juga perlu mengetahui daftar pakan yang tidak boleh dikonsumsi kelinci. Adik-adik bisa melihat daftarnya di bawah ini.

BACA JUGA: peluang usaha abon ayam

Makanan yang Dilarang Untuk Kelinci

makanan yang baik untuk kelinci

  • Biji buah seperti inti apel, inti aprikot, persik, dan plum tidak boleh dimakan kelinci. Jadi jika Sedulur ingin memberi kelinci buah, pastikan bijinya sudah dibuang terlebih dahulu. Ini karena biji buahnya mengandung sianida, yang berbahaya bagi kelinci.
  • Daun kentang. Sementara kelinci bisa diberi makan kangkung, daun kentang berbeda. Daun ini telah diketahui menyebabkan keracunan pada kelinci, sehingga harus dihindari.
  • Selada gunung es Tidak semua jenis selada bisa dimakan oleh hewan ini. Selada gunung es mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan diare bahkan kematian pada kelinci.
  • Bawang. Kelinci juga tidak diperbolehkan makan bawang bombay seperti bawang merah, bawang putih dan bawang merah. Rempah-rempah ini dapat menyebabkan anemia hemolitik, atau hilangnya sel darah merah, pada kelinci.
  • Cokelat. Makanan manis ini juga tidak boleh dikonsumsi oleh kelinci. Ini karena cokelat mengandung theobromon dan kafein, yang berbahaya bagi kesehatan kelinci.
  • Kue. Selain cokelat, kue adalah makanan manis lain yang dilarang untuk kelinci. Makanan ini mengandung gula yang tinggi.

About Pher jaya