Home / Uncategorized / Kandungan Nutrisi Kacang Mete

Kandungan Nutrisi Kacang Mete

Kandungan nutrisi kacang mete – Secara umum, kacang mete termasuk kacang-kacangan yang kaya nutrisi yang baik untuk kesehatan. Kacang mete memang empuk dan lezat, namun mengandung energi, antioksidan, mineral dan vitamin yang penting untuk kesehatan.

Jambu mete adalah salah satu bahan yang paling populer sebagai bahan makanan dengan rasa yang enak di seluruh dunia. Jambu mete adalah ukuran rata-rata yang dihasilkan oleh pohon tropis dalam famili tumbuhan Anacardiaceae dengan nama ilmiah Anacardium occidentale.

Pohon jambu mete yang berasal dari hutan Amazon Brasil, yang sejak itu telah disebarkan ke seluruh dunia oleh para Portugis Portugis. Sekarang tanaman ini ditanam secara komersial di Brasil, Vietnam, India, dan banyak negara Afrika lainnya. Kacang mete adalah bagian dari buah pohon jambu monyet yang berupa buah jambu biji atau yang dikenal dengan kacang mete. Jambu mete atau jambu mete berwarna abu-abu yang juga terlihat seperti bel.

>>>BACA JUGA: cara menyimpan kelapa parut agar tidak basi

Biji buah ini yang berada di luar disebut kacang mete bercangkang keras. Kulit luarnya terbuat dari resin fenolik urushiol, yang merupakan iritan kulit kaustik yang kuat. Selama liburan, bagian luarnya dipanggang untuk memecah resin urushiol, dan kemudian isian jambu mete dimakan atau diekstraksi.

Kacang mete panjangnya sekitar 1 inci dan memiliki ujung runcing berbentuk kacang. Kacang mete memiliki dua bagian yang sama yang dapat dibelah seperti kacang. Memiiki warna putih putih kecoklatan dan bertekstur halus. Kacang mete memiliki tekstur mentega dengan aroma buah yang manis dan menyenangkan. Berikut ini adalah nilai gizi dan manfaat kacang mete untuk kesehatan:

Kandungan Nutrisi Kacang Mete

kandungan nutrisi kacang mete

1. Tinggi kalori

Kacang mete tinggi kalori. 100 g kacang menyediakan 553 kalori. Bahan lainnya termasuk serat larut, vitamin, mineral dan fitokimia bermanfaat yang membantu melindungi terhadap penyakit dan kanker.

2. Mencegah penyakit arteri

Kacang mete baik untuk jantung karena mengandung asam oleat tak jenuh tunggal dan asam palmitoleat. Asam lemak esensial ini membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) sekaligus meningkatkan kolesterol baik (HDL). Studi penelitian menunjukkan bahwa diet Mediterania, tinggi lemak tak jenuh tunggal, membantu mencegah penyakit arteri koroner dan stroke dengan mendukung lipid darah yang sehat.

3. Mengandung mineral penting

Kacang mete merupakan sumber yang sangat kaya akan mineral esensial. Kandungan mineralnya terutama terdiri dari mangan, kalium, tembaga, besi, magnesium, seng, dan selenium. Sejumlah kacang mete per hari akan mendapatkan cukup mineral ini. Selenium adalah mikronutrien esensial yang bekerja bersama dengan antioksidan seperti glutathione peroksidase, salah satu antioksidan paling kuat dalam tubuh. Tembaga adalah

kofaktor untuk banyak enzim penting lainnya, termasuk sitokrom c oksidase dan superoksida dismutase (mineral lain yang berfungsi sebagai kofaktor untuk enzim ini adalah mangan dan seng). Seng adalah kofaktor dalam banyak enzim yang terlibat dalam pertumbuhan dan perkembangan, mengatur kesuburan pria, membantu pembentukan dan pembentukan asam nukleat.

>>>BACA JUGA: alat pengupas mete

4. Mengandung banyak vitamin penting

Kacang mete juga kaya akan berbagai vitamin penting seperti asam pantotenat (vitamin B5), piridoksin (vitamin B-6), riboflavin dan tiamin (vitamin B-1). 100 g kacang mete menyediakan 0,147 mg piridoksin atau 32% dari dosis harian yang direkomendasikan. Pyridoxine dapat mengurangi risiko homocystinuria dan anemia sideroblastik. Niasin membantu mencegah dermatitis. Selain itu, vitamin ini sangat penting untuk metabolisme protein, lemak dan karbohidrat di tingkat sel. Lihat juga: Manfaat vitamin B – Makanan tinggi vitamin B

5. Mengandung antioksidan dan membantu mencegah degenerasi makula

Selanjutnya, kacang mete juga mengandung sejumlah kecil zea-xanthine, pigmen antioksidan penting flavonoid yang diserap secara selektif oleh makula lutea retina di mata . Hal ini juga diyakini memberikan antioksidan dan filter pelindung dari sinar UV dan membantu mencegah degenerasi makula terkait usia (ARMD) pada orang tua.

 

Pemilihan dan Penyimpanan Kacang Mete

kandungan nutrisi kacang mete

kacang mete tersedia di pasaran sepanjang tahun. Kacang mete yang tersedia secara komersial biasanya hanya dikupas dan mengandung resin fenolik, urushiol, yang merupakan iritasi kulit yang parah. Berbagai jenis jajanan kacang mete juga tersedia, yaitu asin, manis atau tumbuk, dll.

Belilah kacang mete kupas, yang berwarna krem ​​muda, ukuran seragam, dan terasa berat di tangan. Kacang mete yang Anda beli harus utuh/tidak pecah-pecah, bebas jamur dan noda, serta tidak berbau tengik. Simpan kacang mete yang sudah dikupas dalam wadah kedap udara dan di lemari es untuk mencegahnya menjadi tengik. Dalam kondisi ideal, kacang segar dapat disimpan selama 5-6 bulan.

 

Efek Samping Makan Kacang Mete

kandungan nutrisi kacang mete

Ada beberapa individu yang alergi terhadap kacang mete, yang merupakan kondisi hipersensitivitas umum, terutama pada anak-anak. Gejala reaksi alergi dapat berupa gatal-gatal pada kulit, dan kemudian membentuk manifestasi anafilaksis yang parah seperti kesulitan bernapas, sakit perut, muntah dan diare. Manifestasi alergi disebabkan oleh senyawa kimia asam anakardat (urushiol) yang ditemukan pada kacang mete, kerang dan kacang pohon. Reaksi silang juga terjadi dengan beberapa kacang-kacangan dan buah-buahan dari keluarga Anacardiaceae, seperti mangga, pistachio, dll.

 

Sekian ulasan pada kali ini tentang kandungan nutrisi kacang mete yang bisa Anda ambil. Semoga menambah wawasan Anda dan terimakasih!

About Pher jaya

Check Also

Contoh Bisnis UMKM Untuk Anda yang Ingin Memulai Bisnis

Contoh Bisnis UMKM– Usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM adalah usaha produktif yang dijalankan …