Home / Uncategorized / Resep Keripik Pepaya yang Renyah Membuat Semua Ketagihan

Resep Keripik Pepaya yang Renyah Membuat Semua Ketagihan

Resep keripik pepaya. Buah pepaya dimakan dagingnya baik ketika muda maupun sudah masak. Daging pepaya muda biasanya dimasak sebagai sayuran, Lain hanya dengan daging buah pepaya yang sudah masak yang bisa dimakan secara langsung.

Selain daunnya pepaya dimanfaatkan daunnya sebagai sayuran dan pelunak daging. Daun pepaya muda biasanya dimanfaatkan sebagai lalapan dan dijadikan sebagai pembungkus buntil.

Bunga pepaya biasanya juga dimasak dengan cara dijadikan urap. Untuk getah pepaya dapat dimanfaatkan sebagai alternatif pelunak daging.

Resep Keripik Pepaya

Ada 2 cara dalam membuat keripik pepaya. Berikut ini adalah cara membuat keripik pepaya.

Cara Pertama

Berikut ini adalah resep keripik pepaya dengan media mesin vacuum frying kecil.

Bahan-bahan

  • 1 buah pepaya muda beratnya 5 kg
  • Minyak goreng sawit banyaknya 2 liter

Alat-alat

Cara Membuat Keripik Pepaya Muda

  1. Pertama-tama hal yang harus anda lakukan adalah mengupas kulit buah pepaya. Bersihkan biji-bijinya, kemudian dicuci menggunakan air yang mengalir.
  2. Buah pepaya yang sudah dicuci lalu potonglah dengan bentuk sesuai selera anda.
  3. Buah pepaya yang sudah dibentuk sesuai selera bisa langsung dimasukkan ke dalam freezer. Dinginkan selama kurang lebih 24 jam.
  4. Siapkan mesin vacuum frying. Lalu diisi dengan minyak goreng yang jumlahnya disesuaikan dengan kapasitas mesin.
  5. Keluarkan irisan buah pepaya dari freezer.
  6. Masukkanlah irisan buah pepaya tersebut ke dalam mesin penggorengan (vacuum frying). Gorenglah pada suhu 85 derajat celcius.
  7. Pepaya yang sudah kering dapat anda angkat dari penggorengan. Proses terakhir, anda tinggal memasukkannya pada mesin pemisah minyak.
  8. Keripik buah pepaya pun siap disajikan. Agar awet, simpanlag di tempat yang kedap udara seperti plastik yang bahannya dari alumunium foil.

 

Cara Kedua

Berikut ini merupakan resep keripik pepaya dengan digoreng manual.Cara ini umum dilakukan, karena mudah dan tidak membutuhkan keahlian khusus.

  1. Siapkan buah pepaya yang akan dibuat keripik.
  2. Kupas buah pepaya, buang bijinya dan iris setebal 5 mm.
  3. Setelah itu, celupkan irisan buah pepaya kedalam air panas (95-98 derajat celcius) selama 3 menit sambil diaduk perlahan. Untuk 1 Kg irisan pepaya membuatuhkan 2 liter air panas.
  4. Lalu keringkan hingga air tersisa 6-8%. Anda bisa menggunakan mesin pengering kerupuk agar proses pengeringannya lebih cepat
  5. Goreng dalam minyak panas 165 derajat Celcius hingga 13-17 detik. Untuk masa penggorengan yang tidak lama maka keripik akan meresap minyak, dan jika kelamaan maka akan gosong.
  6. Setelah selesai digoreng, tiriskan dan kemaslah dalam wadah agar tetap renyah.

 

Manfaat Buah Pepaya Bagi Tubuh

Buah pepaya memang mengandung banyak nutrisi. Dari nutrisi tersebut, buah pepaya mempunyai banyak sekali manfaat bagi tubuh. Diantara manfaat tersebut antara lain:

1. Memperlancar Sistem Pencernaan

Buah pepaya adalah salah satu dari banyak buah yang mengandung enzim papain. Enzim tersebut berguna untuk membantu pencernaan terutama dalam memecah protein. Buah pepaya juga mengandung banyak nutrisi lain, seperti vitamin A, karotenoid, lutein, asam amino, dan lain-lain yang mempengaruhi kinerja sel.

2. Sebagai Cadangan Energi

Selain memperlancar sistem pencernaan, buah pepaya juga mempunyai manfaat untuk memberikan cadangan energi bagi tubuh. Yaitu saat banyak melakukan aktivitas fisik, seperti kerja, kuli, olahraga, dan lain-lain agar tidak cepat lelah.

3. Mencegah Insomnia

Insomnia adalah salah satu gangguan tidur seseorang, dimana orang tersebut tidak mendapatkan tidur yang cukup. Buah pepaya merupakan buah yang dapat mencegah insomnia yang terjadi saat tidur, dan mendapatkan tidur yang nyenyak.

4. Memperbaiki Daya Tahan Tubuh

Saat sakit bisanya kuta mengonsumsi buah tak terkecuali jeruk. Namun pepaya adalah buah yang lebih kaya vitamin C dari pada jeruk, yaitu sekitar 33% lebih banyak. Selain itu khasiat buah pepaya juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Membuat Kulit Mulus.

Khasiat buah pepaya sangat baik bagi perempuan yang menyukai perawatan kulit alami. Buah pepaya mengandung vitamin E dimana vitamin tersebut sangat berpengaruh bagi kulit untuk mencegah flek-flek hitam di kulit.

About Pher jaya

Check Also

4 Kalimat Untuk Menanyakan Paham dalam Bahasa Inggris

Salah satu hal yang sering kali dilaksanakan didalam pembicaraan adalah menanyakan apakah lawan bicara mengerti …