Home / Bisnis / Masalah dengan Apotek Online

Masalah dengan Apotek Online


Kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi kita semua. Kita tidak akan dapat mencapai banyak hal yang penting bagi kita jika kita tidak dalam keadaan sehat. Jika kita sudah terlanjur terserang penyakit, kita memerlukan dua hal yaitu perhatian medis dari dokter dan obat-obatan. Klinik, pusat kesehatan, dan rumah sakit semuanya menawarkan berbagai layanan medis, termasuk layanan dokter. Namun, obat-obatan seringkali tidak tersedia di kota kita.

Meski sudah berkunjung ke beberapa apotek di kota, banyak pelanggan mengaku masih belum mendapatkan obat yang diresepkan oleh dokter mereka. Ini jelas masalah yang serius.
Untungnya, sejumlah besar apotek sekarang menyediakan pemesanan online. Mereka menyediakan nomor bebas pulsa di mana Anda dapat menelepon dengan pertanyaan dan mencari tahu apakah apotek menyediakan obat-obatan yang Anda butuhkan tanpa harus mengunjungi lokasi apotek secara langsung . Kita bahkan bisa meminta apotek di luar kota yang menyediakan pengiriman dengan jasa kurir.

Dengan kata lain, maraknya apotek yang menggunakan sistem online ini memungkinkan kita untuk mendapatkan obat meskipun kita tinggal di lokasi terpencil. Mekanisme pengawasa adalah inti dari masalah sistem apotek online saat ini. Oleh karena itu, bagaimana apotek online ini dapat memastikan bahwa resep yang mereka dapatkan adalah asli dan bagaimana mereka dapat memastikan bahwa resep tersebut tidak digunakan kembali di apotek lain?

Masalah inilah yang membuat sebagian besar apotek online tidak menawarkan pembelian obat keras. Biasanya mereka hanya menjual obat yang masuk kategori bebas dan bebas terbatas. Masalah ini harus segera ditangani, karena masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan juga membutuhkan obat yang hanya bisa dibeli dengan menggunakan resep dokter.

Ada beberapa dokter yang mencoba mengembangkan sistem resep digital sebagai pengganti resep yang mereka miliki saat ini, namun itu berarti resep dokter asli masih bisa digunakan untuk mendapatkan obat keras tersebut dari apotek online lainnya.

Akan sangat ideal jika semua apotek online ini diintegrasikan ke dalam satu sistem. Semua apotek online terdekat harus terdaftar dan dipantau dalam sistem yang sama, sama halnya dengan apotek offline yang juga harus terdaftar. Dengan sistem yang terintegrasi maka dimungkinkan untuk melayani penjualan obat keras karena pengawasannya akan lebih mudah. Setiap pembeli hanya akan memiliki satu akun yang dapat digunakan di seluruh apotek online di Indonesia.

Sistem terintegrasi seperti ini juga memungkinkan pengawasan untuk mencegah berkembangnya apotek online palsu. Saat ini banyak toko obat yang tidak memiliki izin apotek, tetapi memiliki citra bisnisnya sebagai apotek di situs websitenya. Hal seperti ini tidak akan mungkin terjadi jika semua apotek online harus mendapatkan izin dan tergabung dalam satu sistem.

Pengembangan sistem, di sisi lain, bukan tanpa tantangan. Ada kalanya kita harus menunggu sistem berkembang selama beberapa tahun. Dengan demikian kita harus terus menunggu selesainya sistem yang memiliki kontrol lebih baik. Namun setidaknya sejak adanya apotek online 24 jam, masyarakat bisa mendapatkan obatnya dengan lebih mudah.

About Pher jaya

Check Also

aplikasi-penulis-artikel

Inilah Manfaat Jika Menggunakan Jasa Penulisan Artikel

Saat ini, ada banyak manfaat jasa penulisan artikel yang dapat kalian rasakan. Teknologi digital semakin …