Home / Tips / Begini loh Cara Mengolah Sampah Organik yang Benar

Begini loh Cara Mengolah Sampah Organik yang Benar

Tahukah Anda bahwa sampah organik bisa diolah menjadi sesuatu yang bermanfaat karena kaya akan unsur hara, salah satunya adalah sebagai nutrisi bagi tanaman hidroponik. Lantas, bagaimana cara mengolah sampah organik dengan tepat?

Rupanya, agar menghasilkan manfaat maksimal, pengolahan ini tidak bisa dilakukan sembarangan lho! Ingin tahu cara yang tepat? Yuk simak artikel tentang pengolahan sampah organik berikut ini.

 

Cara Mengolah Sampah Organik

cara-mengolah-sampah-organik

Jenis Sampah Organik

Walaupun seluruhnya berasal dari makhluk hidup, sampah organik diklasifikasikan menjadi 2 jenis, sebagai berikut:

1. Sampah Organik Kering

Kategori sampah organik kering mencakup limbah yang memiliki kandungan air sedikit seperti daun kering, ranting pohon atau kayu.

2. Sampah Organik Basah

Berbanding terbalik dengan jenis sebelumnya, sampah organik basah adalah limbah yang memiliki kandungan air tinggi seperti kulit buah, sayuran busuk, makanan sisa dan sebagainya. Kategori ini membusuk dengan cepat sehingga perlu langsung diolah.

 

Cara Pengolahan Sampah Organik

Bau busuk yang sering datang dari limbah organik memang sangat mengganggu. Namun, apa boleh buat, beberapa jenisnya memang dihasilkan oleh konsumsi harian manusia. Maka dari itu, kalian harus tahu cara mengolah sampah organik untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Adanya penyuluhan sangat membantu persebaran informasi tentang cara mengolah sampah organik. Tapi, tidak dapat dipungkiri juga bahwa pengolahannya hanya terbatas pada beberapa metode saja dan sebagian masih membutuhkan alat profesional.

Padahal masih ada cara mengolah sampah organik di rumah yang mudah dan murah. Nah, bagaimana cara mengolah sampah organik? Yuk simak penjelasan berikut!

1. Memilah Sampah

Cara mengolah sampah organik dan anorganik paling efektif adalah memilah jenis limbahnya. Hal ini akan membantu kalian untuk mengategorikan barang mana yang bisa di-recycle dan harus dibuang.

Langkah pertama, Anda bisa mengumpulkan kedua sampah tersebut pada tempat berbeda. Disarankan untuk memisahkan sesuai dengan jenis dan kondisinya. Jika memang beberapa barang masih bisa dipakai, lebih baik langsung bersihkan tempatnya dan gunakan kembali.

Lalu, cara mengolah sampah organik selanjutnya, pastikan kalian memilah sisa sayuran atau buah yang bisa ditanam kembali (regrow) seperti kangkung, seledri, atau jeruk. Namun, jika mayoritas limbah dirasa sudah terlalu busuk, memisahkan di tempat berbeda adalah langkah terbaik.

2. Melakukan Langkah 3R

Sebagian dari Anda pasti sering bertanya bagaimana cara mengolah sampah organik agar menjadi bernilai jual. Jawaban dari pertanyaan ini adalah melakukan langkah 3R yaitu reduce, reuse, recycle.

Dimulai dengan mengurangi pembelian barang yang tidak dibutuhkan (reduce), Anda dapat meminimalisir bekas produk. Namun, jika sudah terlanjur memiliki banyak sampah, maka jalan keluarnya adalah menggunakan kembali dengan cara yang berbeda (reuse).

Selanjutnya, jangan lupa untuk mendaur ulang sampah yang memiliki kondisi bagus (recycle). Kegiatan yang mencakup proses ini yaitu membuat tas plastik bekas produk makanan, mendekorasi gelas pecah menjadi pajangan atau membuat kotak tisu dari box sepatu.

3. Mengolah Menjadi Pupuk Kompos

Cara mengolah sampah organik menjadi kompos bisa dilakukan dari rumah. Namun, perlu dipahami bahwa tidak semua limbah organik bisa diolah, beberapa jenis seperti insang ikan atau tulang ayam sebaiknya tidak dicampurkan karena akan menggagalkan prosesnya. Kalian bisa mengolahnya dengan manual ataupun menggunakan mesin.

Pada artikel ini, sudah merangkum metode mudahnya, sebagai berikut:

  1. Siapkan wadah, sarung tangan dan sampah organik yang akan diolah seperti daun kering, sisa makanan dan kotoran hewan dengan tambahan bahan seperti arang sekam, pupuk EM4, tanah, kapur pertanian serta air. Sebelumnya hancurkan daun kering dan juga sisa makanan lainnya yang akan digunakan. Kalian bisa menggunakan mesin pencacah kompos.
  2. Bagi sampah organik kering atau basah menjadi 2 karena sebagian akan dicampur dengan arang sekam dan kapur pertanian. Kurang lebih perbandingannya 60:40.
  3. Masukkan tanah secukupnya dan sampah organik tanpa arang sekam dan kapur pertanian di wadah yang sama.
  4. Siram permukaan tanah dengan air.
  5. Masukkan sisa sampah organik (dengan arang sekam dan kapur pertanian) ke wadah.
  6. Pastikan untuk meratakan sampah sehingga ketebalan sampah dan tanah setara.
  7. Siram dengan air yang bercampur pupuk EM4.
  8. Tambahkan tanah lalu tutup wadah.
  9. Biarkan sampah hingga kurang lebih 3 minggu.

 

Hasil Olahan Sampah Organik

Setelah mengetahui cara mengolah sampah organik, Anda juga harus tahu hasil olahannya sebagai berikut:

1. Pupuk Organik Cair (POC)

Hasil dari pengolahan sampah organik dibagi menjadi 3 yaitu biogas, kompos, atau pupuk organik cair (POC). Perlu diketahui bahwa langkah membuat pupuk organik cair cenderung lebih rumit daripada kompos.

Pengolahan limbah ini memiliki beberapa manfaat seperti meningkatkan pembentukan klorofil daun dan kemampuan fotosintesis tanaman serta mendorong munculnya bintil akar pada tanaman suku polong-polongan atau fabaceae. Selain itu, pupuk organik cair juga membantu penyerapan nitrogen dari udara.

2. Pupuk Kompos

Hasil penanganan sampah berikut terkenal dengan kemampuannya dalam meningkatkan kesuburan tanah. Hal ini disebabkan kandungan kompos bisa merangsang mikoriza yang bersimbiosis dengan akar, menekan populasi parasit serta mendetoksifikasi pestisida sehingga dapat menyuburkan tanaman.

3. Biogas

Kebutuhan bahan bakar dalam aktivitas sehari-sehari semakin melonjak sehingga dibutuhkan substitusi untuk mengatasinya. Percaya atau tidak, salah satu alternatifnya adalah biogas yang berasal dari sampah. Energi ini bisa menggantikan gas untuk memasak hingga menghasilkan listrik guna penerangan.

 

About Pher jaya

Check Also

mengolah-sampah-organik

Cara Mengolah Sampah Organik

Tahukah Anda bahwa sampah organik bisa diolah menjadi sesuatu yang bermanfaat karena kaya akan unsur …